Sijabat, Indriaty (2015) Strategi Pengembangan Usaha Pembesaran Ikan Sidat (Anguilla Bicolor) Pada Pt. 7 Sirip Emas Desa Sumberpucung Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Salah satu jenis ikan yang berpeluang untuk dikembangkan dalam perikanan budidaya adalah ikan sidat. Di Indonesia terdapat 7 spesies ikan sidat dari 16 ikan sidat yang terdapat di dunia. Banyaknya jenis ikan sidat ini membuka peluang untuk dikembangkan lebih intensif mulai dari budidaya sampai ke pemasaran. Adapun budidaya ikan sidat di Indonesia belum mengalami perkembangan karena sedikitnya minat masyarakat mengkonsumsi serta membudidayakannya. Padahal ikan sidat memiliki nilai ekonomis yang tinggi dipasar Internasional. Budidaya ikan sidat di Indonesia dapat berkembang manakala ditunjang dengan penelitian tentang strategi pengembangan usaha pembesaran ikan sidat dalam upaya meningkatkan pengalaman dan keterampilan para teknisi. Tujuan dari Penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui dan menganalisis faktual usaha dari aspek teknis, aspek pemasaran, aspek manajemen dan aspek finansiil pada usaha pembesaran ikan sidat PT. 7 Sirip Emas; 2) untuk mengetahui dan menganalisis faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi usaha pembesaran ikan sidat PT. 7 Sirip Emas; 3) untuk mengetahui dan menganalisis strategi pengembangan usaha pembesaran ikan sidat PT. 7 Sirip Emas. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juni 2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan jenis metode pengambilan datanya menggunakan studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, kuesioner, dokumentasi dan studi pustaka. Pengambilan data menggunakan data primer dan data sekunder. Metode analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitiatif. Deskriptif kualitatif meliputi, aspek teknis, aspek pemasaran, aspek manajemen dan analisis SWOT. Sedangkan deskriptif kuantitafif meliputi, aspek finansiil jangka pendek dan jangka panjang. Profil PT. 7 Sirip Emas berdiri pada awal tahun 2014. Pemilik usaha membangun usaha sendiri di Desa Sumberpucung dengan luas lahan 5 Ha, yang didalamnya terdapat 33 buah kolam fiber bundar masing-masing 5 buah kolam berukuran kecil, 10 buah kolam berukuran sedang dan 18 kolam berukuran besar. Aspek teknis dalam usaha pembesaran ikan sidat PT. 7 Sirip Emas ini meliputi, persiapan kolam, pemupukan, pengisian air, penebaran glass eel, kepadatan, pemberian pakan, pemanenan, pengemasan dan perawatan. Adapun aspek pemasaran pada usaha pembesaran ikan sidat PT. 7 Sirip Emas meliputi, produk (product), yaitu ikan sidat ukuran konsumsi berusia 7 bulan, harga (price), ikan sidat yang diekspor seharga Rp 275.000/kg, tempat (place), lokasi pemasaran dilakukan di PT. 7 Sirip Emas saja, promosi (promotion), promosi tidak dilakukan oleh pemilik usaha melalui media cetak atau pun media sosial, tetapi usaha pembesaran terdaftar pada Dinas Perikanan, saluran pemasaran, yaitu PT. 7 Sirip Emas termasuk dalam saluran pemasaran langsung dimana produsen langsung menjual ikan sidat kepada konsumen. Aspek manajemen usaha pembesaran ikan sidat PT. 7 Sirip Emas yaitu Perencanaan (planning), meliputi perencanaan benih ikan sidat dimana perencanaan ini sudah dilakukan 6 dengan baik dan juga perencanaan pakan alami ikan sidat. Pengorganisasian (organizing) terdiri dari 8 tenaga kerja dan rekan-rekan yang membantu dalam usaha pembesaran ikan sidat PT. 7 Sirip Emas. Pergerakan (actuating) yaitu, memberitahu dengan sopan apabila ada pekerjaan yang tidak dilakukan dengan baik dan meningkatkan produktivitas tenaga kerja dengan cara memberikan THR kepada tenaga kerja. Pengawasan (controling), meliputi pengawasan terhadap kegiatan teknis usaha. Kemudian aspek finansiil dari usaha pembesaran ikan sidat PT. 7 Sirip Emas terbagi menjadi dua yaitu aspek finansiil jangka pendek dan aspek finansiil jangka panjang, aspek finansiil jangka pendek meliputi permodalan, modal yang digunakan oleh PT. 7 Sirip Emas yaitu sebesar Rp 535.665.000, Biaya Total sebesar Rp 584.095.000, Penerimaan sebesar Rp 1.031.250.000, RC ratio 1,76, Keuntungan sebesar Rp 447.155.000, Rentabilitas 83,47%, BEP (Break Event Point) sales sebesar Rp 514.218.750 dan BEP (Break Event Point) unit 1410 kg. Adapun aspek finansiil jangka panjang meliputi penambahan investasi (re-invest) 10 tahun ke depan dengan nilai kenaikan 1% yaitu sebesar Rp 522.869.600, NPV (Net Present Value) sebesar Rp 12.957.526.704, Net B/C (Net Benefit Cost ratio) 6,93, IRR (Internal Rate of Return) 299 % dan PP (payback period) 0,37 tahun. Faktor internal yang mempengaruhi usaha pembesaran ikan sidat yaitu kekuatan dan kelemahan. Adapun kekuatan dari usaha pembesaran ikan sidat PT. 7 Sirip Emas meliputi, lokasi usaha yang strategis, pelanggan tetap, usaha milik sendiri dan usaha layak dijalankan dari aspek finansiil. Sedangkan kelemahannya meliputi, kurangnya pakan alami ikan sidat dan kurangnya promosi. Faktor eksternal yang mempengaruhi usaha pembesaran ikan sidat yaitu peluang dan ancaman. Adapun peluang dari usaha pembesaran ikan sidat PT. 7 Sirip Emas meliputi, sumberdaya alam dan lingkungan yang mendukung, permintaan ikan sidat yang terus meningkat, sarana dan prasarana yang mendukung dan adanya bantuan dan kerjasama dengan Dinas Perikanan Kota Malang. Sedangkan ancaman meliputi, adanya penyakit yang menyerang ikan sidat, harga benih ikan sidat yang tidak menentu dan pengetahuan masyarakat yang masih rendah akan manfaat ikan sidat. Berdasarkan hasil dari analisis SWOT usaha pembesaran ikan sidat PT. 7 Sirip Emas terletak di kuadran I yaitu menggunakan strategi agresif atau SO (Strength Opportunities), cara yang bisa dilakukan dengan cara mengoptimalkan kekuatan dan memanfaatkan peluang yang ada. Strategi pengembangan yang harus dilakukan meliputi mengoptimalkan sumberdaya alam yang sudah ada, menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan tetap, penyedia benih, pemerintah, menambah pelanggan dan menambah jumlah produksi pakan alami. Saran agar usaha pembesaran ikan sidat PT. 7 Sirip Emas semakin berkembang yaitu 1) bagi pemilik usaha, memperluas daerah pemasaran dengan cara menambah pelanggan tetap, sehingga bisa meningkatkan penjualan ikan sidat PT. 7 Sirip Emas ke negara-negara lainnya, menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan tetap, penyedia benih ikan sidat dan Pemerintah, melakukan promosi agar permintaan ikan sidat pada PT. 7 Sirip Emas meningkat, menjaga sanitasi tempat usaha agar ikan sidat yang diekspor berkualitas, mencari solusi untuk mengatasi penyakit yang menyerang ikan sidat dengan mencari informasi tentang cara mengatasi penyakit ikan sidat kepada Dinas Perikanan atau ke Perguruan Tinggi serta memanfaatkan kolam-kolam yang masih kosong agar hasil pembesaran ikan sidat bertambah sehingga dapat memenuhi kebutuhan konsumen dari negara lain yang membutuhkan. 2) bagi Pemerintah, yaitu meningkatkan teknologi yang bertujuan untuk mempermudah dalam pengelompokan species ikan sidat yang masih berukuran glass eel.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPR/2015/558/051506123 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 02 Sep 2015 13:08 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 11:19 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134432 |
Preview |
Text
LAPORAN_SKRIPSI_INDRI_S.pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |