NovitaK, DwiWulan (2015) Faktor Perilaku Konsumen Terhadap Minat Berkunjung Ke Wisata Bahari Lamongan (Wbl) Paciran Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pariwisata tidak akan berkembang apabila orang lain enggan berkunjung atau tidak ada minat untuk berkunjung karena buta mengenai informasi pariwisata tersebut. Oleh sebab itu, perlu adanya berbagai promosi yang tidak lepas dari penggunaan iklan di dalamnya yang berperan penting dalam menyampaikan informasi. Penggunaan iklan juga dilakukan untuk menginformasikan megenai berbagai kegiatan promosi. Promosi dilakukan sebagai usaha untuk memperbesar daya tarik objek wisata serta menginformasikan objek-objek dan atraksi wisata yang ada.Dengan seringnya melakukan promosi maka diharapkan akan merangsang kunjungan wisatawan, diawali dengan komunikasi persuasi untuk membangkitkan perhatian dan pada akhirnya berlanjut menjadi minat berkunjung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pengunjung Wisata Bahari Lamongan (WBL) dan mengetahui faktor perilaku konsumen terhadap minat berkunjung secara simultan, parsial maupun dominan. Populasi pada penelitian ini yaitu pengunjung (WBL), sumber data yaitu data primer dan data skunder dengan pengumpulan data meliputi wawancara, kuisioner, observasi dan dokumentasi, kemudian dianalisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan variabel independen (faktor lingkungan, faktor individu dan faktor psikologis) dan variabel dependen (minat berkunjung). Hasil uji validitas didapatkan variabel faktor lingkungan (X1), faktor individu (X2), faktor psikologis (X3), dan minat berkunjung (Y) menunjukkan bahwa nilai korelasi (r) > dari Ftabel (0,235) dengan nilai signifikansi yang lebih kecil dari alpha 0,05 sehingga tidak ada item instrumen yang harus dikeluarkan dari pengujian. Hasil uji reliabilitas dari variabel faktor lingkungan (X1), faktor individu (X2), faktor psikologis (X3), dan minat berkunjung (Y) menunjukkan nilai koefisien cronbach alpha lebih besar lebih dari 0.6,dapat disimpulkan bahwa variabel X1, X2, X3, dan Y dikatakan reliable. Hasil uji statistik diawali dengan uji normalitas disimpulkan grafik normal P-P Plot menyebar di sekitar garis diagonal, serta penyebarannya mengikuti arah garis diagonalnya, maka model regresi layak dipakai, hasi uji multikolonieritas diperoleh nilai tolerance mendekati angka 1, sehingga dapat dikatakan penelitian bebas dari multikolinearitas, uji homokedastisitas terlihat titik-titik menyebar secara acak tidak membentuk sebuah pola tertentu yang jelas, serta tersebar baik di atas maupun dibawah angka 0 pada sumbu Y,berarti tidak terjadi heterokedastisitas pada model regresi dan hasil uji autokorelasi diperoleh nilai statistik Uji Durbin-Watson sebesar 2.021(mendekati 2). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat autokorelasi antara variabel bebas faktor lingkungan (X1),faktor individu (X2), faktor psikologis (X3) dengan variabel minat berkunjung (Y). Hasil analisis regresi linier berganda didapatkan persamaan Y = 4,993 + 0,271X1 – 0,025X2 + 0,651X3. Hasil Uji F (simultan ) diperoleh nilai Fhitung 15,826 > nilai Ftabel 2,77 dengan tingkat kepercayaan 90% (α=0,1), dari pengujian hipotesis didapatkan H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga ada pengaruh yang signifikan antara faktor lingkungan (X1),faktor individu (X2), faktor psikologis (X3) dengan variabel minat berkunjung (Y), Uji R (koefisien determinasi) didapatkan nilai adjusted R2 sebesar 0,379 atau 37,9%, sehingga angka tersebut menunjukkan kemampuan variabel bebas (faktor lingkungan, faktor individu, faktor psikologis) memiliki pengaruh terhadap peningkatan maupun penurunan minat berkunjung sebesar 37,9% dan sisanya sebesar 62,1% dipengaruhi oleh variabel lain, hasil uji t (parsial) diketahui bahwa faktor yang berpengaruh nyata dan signifikan terhadap minat berkunjung ke Wisata Bahari Lamongan (WBL) yaitu faktor lingkungan dan faktor psikologis,sedangkan yang tidak berpengaruh signifikan yaitu faktor individu dan variabel yang berpengaruh dominan terhadap minat berkunjung yaitu faktor psikologis (X3) karena memiliki nilai koefisien regresi sebesar (0,651) dan nilai t hitung sebesar (4,100) lebih tinggi dari variabel yang lain. Saran yang dapat diberikan pada penelitian ini, Bagi peneliti, penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi untuk penelitian lanjutan khususnya wisata bahari. Terkait dengan pengembangan wisata di pesisir kabupaten Lamongan, Bagi pengelola Wisata Bahari Lamongan (WBL) supaya lebih meningkatkan terobosan baru wahana yang lebih kreatif supaya pengunjung tidak bosan dengan wahana yang sudah tesedia sekarang, selain itu pihak WBL juga harus memikirkan fasilitas apa saja yang perlu diambah lagi agar pengunjung lebih nyaman menikmati semua komponen yang ada di dalam Wisata Bahari Lamongan dan lebih menjaga lagi kebersihan di dalam atau di luar area Wisata, bila perlu menambah tenaga kebersihan untuk selalu mengawasi area wisata, hal ini sangat diperlukan untuk menjaga pengunjung agar mereka menjadikan Wisata Bahari Lamongan (WBL) sebagai lokasi pilihan pertama yang dikunjungi untuk berwisata, Bagi pemerintah Kabupaten Lamongan, diharapkan memberikan dukungan untuk lebih mengembangkan potensi-potensi wisata di daerah pesisir Lamongan dan meningkatkan kunjungan wistawan tetap tinggi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPR/2015/54/051500721 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 05 Feb 2015 11:10 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 08:25 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134412 |
Preview |
Text
LAPORAN_SKRIPSI_PDF.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |