Analisa Tingkat Sensitivitas Lingkungan Pesisir Kabupaten Karangasem Bali terhadap Potensi Tumpahan Minyak (Oil Spill

Noviani, EkaWahyu (2015) Analisa Tingkat Sensitivitas Lingkungan Pesisir Kabupaten Karangasem Bali terhadap Potensi Tumpahan Minyak (Oil Spill. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kawasan perairan di sepanjang wilayah pesisir Kabupaten Karangasem diidentifikasi mempunyai nilai konservasi yang tinggi.Kabupaten ini berada di bagian timur pulau Bali.Kekayaan sumberdaya pesisir dan laut Kabupaten Karangasem merupakan aset penting bagi pembangunan daerah, yang pemanfaatannya didominasi oleh aktivitas ekowisata bahari dan lalu lintas laut yang sangat bergantung kepada jasa lingkungan serta aktivitas perikanan tangkap maupun budidaya). Kawasan ini juga merupakan jalur pelayaran baik nasional maupun internasional, adanya kegiatan eksplorasi dan eksploitasi, produksi minyak (pendistribusian minyak, penempatan kilang penampungan minyak/oil storage, aktivitas pengeboran) serta adanya kegiatan dari pelabuhan, seperti: Docking kapal, penyaluran BBM dari kapal tanker ke tangki Depo BBM, pembuangan air ballast kapal, dan sebagainya. Dari berbagai aktivitas tersebut, maka dapat menjadikan potensi terhadap bahaya pada kemungkinan terjadinya tumpahan minyak (oil spill). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetehui tingkat sensitivitas lingkungan di pesisir Kabupaten Karangasem Bali dan menganalisis ekosistem pesisir yang terkena dampak potensi tumpahan minyak (oil spill).Seluruh rangkaian pengolahan dilakukan dengan menyusun Indeks Sensitivitas Lingkungan (Environmental Sensitivity Index) menggunakan perangkat lunak GIS yang mengandung tiga kategori informasi, diantaranya yaitu klasifikasi garis pantai, sumber daya hayati, dan sumber daya yang digunakan oleh manusia. Hasil tingkat sensitivitas lingkungan di pesisir Kabupaten Karangasem Bali pada tiap Kecamatan berbeda, diantaranya yaitu untuk kecamatan Manggis, Abang, dan Kubu memiliki tingkat sensitivitas yang rendah.Sedangkan Kecamatan Karangasem memiliki tingkat sensitivitas yang sangat rendah terhadap terjadinya potensi tumpahan minyak (oil spill).Hal tersebut dikarenakan kondisi perairan Kabupaten karangasem merupakan laut terbuka yang berbatasan langsung dengan Selat Lombok. Kondisi arus dan Gelombang yang tinggi akan membersihakan minyak secara singkat dan dari morfologi pantai yang bertebing serta memiliki sedimen jenis batu dan kerikil biasanya tidak stabil dan mampu meniriskan air yang terperangkap dengan cepat.Ekosistem pesisir yang terkena dampak potensi tumpahan minyak (oil spill) di sekitar pesisir Kabupaten Karangasem Bali diantaranya yaitu :Kawasan konservasi terumbu karang, Area sebaran padang lamun, Area penyelaman (dive spot) dan snorkling, Pariwisata Bahari, Mangrove, Budidaya Rumput Laut dan Kerang Mutiara, Kawasan Bersejarah (Historical site), Kawasan Perikanan Tangkap (Rumpon), Tambak, dan Biota laut : ikan, bivalvia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2015/532/051505840
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 28 Aug 2015 10:28
Last Modified: 20 Oct 2021 08:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134404
[thumbnail of LAP._SKRIPSI_-_EKA_WAHYU_NOVIANI.pdf]
Preview
Text
LAP._SKRIPSI_-_EKA_WAHYU_NOVIANI.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item