Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Olahan Produk Perikanan Di “Sari Laut” Di Kota Blitar Propinsi Jawa Timur

Nugroho, EkoHadi (2015) Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Olahan Produk Perikanan Di “Sari Laut” Di Kota Blitar Propinsi Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sektor perikanan memegang peranan penting dalam perekonomian nasional terutama dalam penyediaan lapangan kerja (padat karya), sumber pendapatan bagi nelayan, sumber protein hewani dan sumber devisa bagi negara.Salah satu usaha untuk meningkatkan nilai dan mengoptimalkan pemanfaatan produksi hasil tangkapan laut adalah dengan pengembangan produk bernilai tambah, baik olahan tradisional maupun modern. Nilai produk perikanan dapat ditingkatkan melalui berbagai cara antara lain kebersihannya / higienisnya, pengemasannya, proses pembuatannya / pengolahannya, dan sebagainya. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis : (1) Profil Rumah makan “SARI LAUT”, (2) Olahan yang paling digemari oleh konsumen dirumah makan “SARI LAUT”, (3) Faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen terhadap rumah makan “SARI LAUT”, Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember tahun 2014 di Kota Blitar Propinsi Jawa Timur. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah non-probability sampling melalui metode convenience sampling yaitu ketika konsumen yang dijadikan sampel sedang makan di lokasi penelitian yang bersedia di wawancara dengan panduan kuisioner. Ada screening di awal kuisioner dimana konsumen yang dijadikan responden adalah konsumen yang sudah pernah berkunjung sebelumnya ke Rumah Makan Sari Laut minimal satu kali dalam tiga bulan terakhir. Responden dalam penelitian ini merupakan pelanggan yang datang sendiri maupun bersama dengan orang lain atau keluarga yang sedang bersantap di rumah makan dengan golongan umur antara 20 - 50 tahun yang dinilai dapat memberikan jawaban secara objektif. Apabila responden datang ke restoran bersama dengan keluarga maka kuisioner yang dibagikan hanya kepada salah satu anggota keluarga saja seperti ayah/suami sebagai kepala keluarga atau kepada anggota keluarga yang lebih tua.Hal ini dilakukan agar menghindari kesamaan jawaban dari responden dan didapatkan 36 responden. Analisa data deskriptif kuantitatif (analisa statistik) adalah analisa data yang dilakukan dengan mengumpulkan, mengolah, menyajikan, menganalisa, dan menginterpretasikan data yang berwujud angka-angka. Analisa data deskriptif kuantitatif dalam penelitian ini dilakukan terhadap : kualitas produk (X1), pelayanan (X2), nilai pelanggan (X3), Lokasi (X4) dari beberapa variabel tersebut akan menghasilkan kepuasan konsumen (Y). Hasil penelitian menyatakan bahwa Nilai statistik uji t X1 (kualitas produk) terhadap kepuasan konsumen (Y) diketahui bahwa |thitung| lebih kecil daripada ttabel (0.287 < 2.028). Selain itu, nilai signifikansi lebih besar daripada α = 0,05 (0.776 > 0.05) dengan taraf kepercayaan 22.4%. Pengujian ini menunjukkan bahwa H1 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa X1 (kualitas produk) tidak memberikan pengaruh yang signifikan / tidak valid terhadap variabel Y (kepuasan konsumen). Nilai statistik uji t X2 (Pelayanan) terhadap kepuasan konsumen (Y) diketahui bahwa |thitung| lebih besar daripada ttabel (2.708 > 2.028). Selain itu, nilai signifikansi lebih kecil daripada α = 0,05 (0.011 < 0.05) dengan taraf kepercayaan 98.9%. Pengujian ini menunjukkan bahwa H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa X2 (Pelayanan) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y (kepuasan konsumen). Nilai statistik uji t X3 (Nilai pelanggan) terhadap kepuasan konsumen (Y) diketahui bahwa |thitung| lebih kecil daripada ttabel (1.743 < 2.028). Selain itu, nilai signifikansi lebih besar daripada α = 0,05 (0.091 > 0.05) dengan taraf kepercayaan 90.9%. Meskipun |thitung| tersebut lebih kecil daripada ttabel tetapi nilai taraf kepercayaan masih lebih dari 90% maka artinya pengujian ini menunjukkan bahwa H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa X3 (Nilai pelanggan) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y (kepuasan konsumen). Nilai statistik uji t X4 (Lokasi) terhadap kepuasan konsumen (Y) diketahui bahwa |thitung| lebih besar daripada ttabel (5.430 > 2.028). Selain itu, nilai signifikansi lebih kecil daripada α = 0,05 (0.000 < 0.05) dengan taraf kepercayaan 100%. Pengujian ini menunjukkan bahwa H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa X4 (lokasi) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y (Kepuasan konsumen). Dari penelitian ini dapat disarankan sebagai berikut: (1) Saran untuk pemilik rumah makan yaitu agar menambah menu olahan yang disajikan karena menu saat ini masih terbatas, dengan ditambahnya menu baru maka semakin bervariasi dan konsumen tidak akan bosen karena banyak pilihan menu. (2) Untuk peneliti selanjutnya dipersilahkan untuk menambahkan variabel-variabel yang mungkin bisa lebih menunjang kemajuan rumah makan serta bahan penelitian yang lebih bagus dan bermanfaat. (3) Masyarakat kota Blitar khususnya agar lebih memahami mengenai produk perikanan bahwa mengkonsumsi sea food itu baik bagi tubuh dan mengandung gizi yang sangat tinggi, maka dari itu disarankan untuk gemar makan ikan sejak dini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2015/511/ 051505819
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 24 Aug 2015 13:39
Last Modified: 24 Aug 2015 13:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134381
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item