Analisis Kontribusi Wisata Pantai Popoh Kabupaten Tulungagung Terhadap Perekonomian Masyarakat Dan Pendapatan Asli Daerah (PAD)

Prasetyo, Iwan (2015) Analisis Kontribusi Wisata Pantai Popoh Kabupaten Tulungagung Terhadap Perekonomian Masyarakat Dan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemanfaatan kawasan Pantai Popoh di Kabupaten Tulungagung Jawa Timur dapat memberikan dampak positif dan negatif terhadap sumberdaya alam maupun bagi pendapatan masyarakat, salah satunya adalah dengan memanfaatkan kawasan pantai untuk dijadikan kegiatan wisata. Wisata Pantai di Kabupaten Tulungagung merupakan sektor strategis yang dapat menambah devisa negara maupun daerah sebagai elemen pemerataan pembangunan dari aspek kewilayahan, aspek ekonomi dan aspek sosial. Metode Penelitian ini adalah Metode pendekatan kualitatif fenomenologik, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil Penelitian: 1) Potensi yang dimiliki obyek wisata pantai popoh kabupaten Tulungagung merupakan potensi wisata bahari yang memiliki daya tarik bagi pengunjung. 2) Pengembangan obyek wisata pantai popoh kabupaten Tulungagung telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Tulungagung. Aspek pengembangan wisata pantai Popoh ini adalah dengan upaya ;Meningkatkan sarana infrastruktur jalan menuju pantai popoh sehingga dapat menjamin kelancaran perjalanan dan keamanan pengunjung, Meningkatkan kemampuan sumber daya mansuai yang mengelola wisata pantai Popoh yaitu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga kabupaten Tulungagung dan Dinas Kelautan dan Perikanan kabupaten Tulungagung, 3) Kontribusi obyek wisata pantai popoh kabupaten Tulungagung selain sebagai salah satu Sumber Pendapatan Daerah (PAD) juga berdampak terhadap perekonomian masyarakat disekitarnya antara lain ; a. Membuka peluang kerja yang cukup besar bagi masyarakat dan mampu menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang cukup banyak, b.Membuka peluang usaha diberbagai bidang mempunyai kaitasn erat dalam menunjang kegiatan wisata pantai Popoh seperti usaha jasa transportasi, usaha jasa penginapan, usaha kuliner dan usaha lainnya yang mempunyai potensi untuk mendukung kegiatan wisata pantai Popoh.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2015/501/051505809
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 27 Aug 2015 10:56
Last Modified: 20 Oct 2021 07:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134370
[thumbnail of 3_fik_laporan_sekripsi.pdf]
Preview
Text
3_fik_laporan_sekripsi.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 2_fix_daftar_isi.pdf]
Preview
Text
2_fix_daftar_isi.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item