Pengaruh Penambahan Isolat Protein Kedelai Terhadap Kualitas Kamaboko Ikan Mujair (Tilapia Mossambica)

Ocnealian, NilamAngraeni (2014) Pengaruh Penambahan Isolat Protein Kedelai Terhadap Kualitas Kamaboko Ikan Mujair (Tilapia Mossambica). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kamaboko merupakan salah satu produk olahan ikan yang terkenal di Jepang sebagai produk gel ikan homogen yang terbuat dari daging ikan lumat sebagai bahan utamanya. Daging hasil gilingan dipanaskan dengan melakukan perebusan, pengukusan, pemangangan, atau digoreng dalam minyak. Standar kamaboko kukus yang baik memiliki kadar protein yaitu sebesar 12%. Hasil penelitian pendahuluan didapatkan kamaboko kukus berbahan dasar ikan mujair hanya memiliki kadar protein yaitu sebesar 8%. Sehingga perlu dilakukan suatu upaya untuk meningkatkan kadar protein yang dihasilkan dengan cara penambahan isolate protein kedelai. Diharapkan dengan penambahan isolate protein kedelai ini dapat meningkatkan kualitas kamaboko ikan mujair. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan isolat protein kedelai terhadap kualitas kamaboko ikan mujair dan untuk mendapatkan konsentrasi penambahan isolat protein kedelai yang menghasilkan kualitas kamaboko ikan mujair terbaik. Penelitian ini dilaksanakan pada mulai bulan Maret – Mei 2014 di Laboratorium Nutrisi, Biokimia dan Pengolahan Hasil Perikanan dan Laboratorium Teknologi Hasil perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya. Laboratorium Pengujian Mutu dan Keamanan Pangan Fakultak Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya. Laboratorium Sentral dan Ilmu Hayati Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode eksperimen. Analisa data yang digunakan dalam penelitian inti adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) sederhana. Penelitian ini dilakunan dengan dua tahap, yaitu penelitian pendahuluan dan inti. Pada penelitian pendahuluan bertujuan untuk mendapatkan kosentrasi penambahan ISP terhadap kualitas kamaboko ikan mujair dengan menggunakan analisa WHC. Penelitian inti dilakukan untuk mengetahui kualitas kamaboko ikan mujair terbaik menggunakan berbagai analisa, diantaranya analisa proksimat, organoleptik, WHC, warna, dan tekstur. Perlakuan penambahan konsentrasi Isolat Protein Kedelai berbeda terhadap kamaboko ikan mujair berpengaruh terhadap kualitas produk. Penambahan isolat protein kedelai terbaik pada perlakuan E yang ditambahkan 2% isolat protein kedelai dengan kadar protein 11,37%, kadar air 71,65%, kadar lemak 5,00%, kadar abu 1,48, kadar WHC 0,16, dengan nilai tekstur (N) 6,96, nilai aroma 4,66, nilai rasa 5,25, nilai tekstur 4,92 dan nilai warna 5,10.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2015/5/051500255
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.91 Water and lands adjoining bodies of water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Jan 2015 08:23
Last Modified: 20 Oct 2021 07:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134367
[thumbnail of LAPORAN_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
LAPORAN_SKRIPSI.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item