Perbandingan Penggunaan Konsentrasi Dan Jenis Plasticizer Terhadap Karakteristik Edible Film Berbahan Mix Kappa-Iota Karagenan Dan Agar (Gracilaria verrucosa)

Abdi, MohYanuar (2015) Perbandingan Penggunaan Konsentrasi Dan Jenis Plasticizer Terhadap Karakteristik Edible Film Berbahan Mix Kappa-Iota Karagenan Dan Agar (Gracilaria verrucosa). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rumput laut merah mengandung berbagai polisakarida, mereka disebut polisakarida sulfat karena mengandung sulfat bermuatan negatif. Karagenan adalah pembetuk gel alami polisakarida yang diekstrak dari rumput laut. I-karagenan, yang membentuk gel lembut termoreversibel; dan K-karagenan, yang memberikan gel yang kuat dan rapuh dengan sifat sineresis air. Agar-agar adalah sebagai bahan pemantap, penstabil, pengemulsi, pengental, pengisi, penjernih, pembuat gel dan lain-lain. Agar-agar digunakan pada industri makanan, yaitu untuk meningkatkan viskositas. Agar-agar paling banyak digunakan sebagai hidrokoloid, terutama pada pangan, farmasi dan kosmetik Edible film adalah lapisan tipis yang dibuat dari bahan yang dapat dimakan dan digunakan untuk melapisi makanan (coating), sebagai barrier terhadap transfer massa. Sifat fisik yang menentukan kualitas dan penggunaan edible film antara lain ketebalan, pemanjangan, tensile strength, laju transmisi uap air, dan kadar air. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana perbandingan penggunaan plasticizer gliserol dan sorbitol terhadap karakteristik edible film yang baik dan berapa konsentrasi plasticizer yang tepat untuk menghasilkan karakteristik edible film yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan penggunaan dua plasticizer yaitu gliserol dan sorbitol sebagai plasticizer untuk edible film dan untuk mengetahui konsentrasi plasticizer yang tepat untuk menghasilkan karakteristik edible film yang baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yang dibagi menjadi dua tahap, yaitu penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Hasil perlakuan terpilih dari penelitian ini adalah perlakuan A1B1 yaitu edible film dengan plasticizer gliserol 2% (2 mL) dengan hasil nilai karakteristik yaitu: nilai kadar air 0,96%, nilai transmisi uap air 45,92 gram/m2.24jam, nilai ketebalan 127,25 μm, nilai perpanjangan 8,96%, dan niali tensile strength 12,78 N/mm2. Dari hasil perhitungan menggunakan ANOVA dan uji lanjut Duncan α = 0,05 sebesar 95 % menunjukkan bahwa H0 ditolak artinya konsentrasi yang berbeda dalam pembuatan edible film memiliki pengaruh terhadap karakteristik edible film. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan 2 jenis plasticizer yang berbeda (Gliserol dan Sorbitol) memberikan pengaruh peningkatan terhadap karakteristik kimia dan fisik edible. Plasticizer yang terpilih untuk karakteristik edible film mix kappa-iota karagenan dan agar perbandingan 2:1:1 yaitu 1 gram kappa : 0.5 gram iota : 0.5 gram agar adalah plasticizer gliserol dengan konsentrasi 2% (2 mL).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2015/470/051505778
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.91 Water and lands adjoining bodies of water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 07 Sep 2015 09:27
Last Modified: 20 Oct 2021 06:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134335
[thumbnail of LEMBAR_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER_ABDI.pdf]
Preview
Text
COVER_ABDI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RS,DI,DG,DT,DL.pdf]
Preview
Text
RS,DI,DG,DT,DL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_1_ABDI.pdf]
Preview
Text
BAB_1_ABDI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of PERNYATAAN_ORISINALITAS.pdf]
Preview
Text
PERNYATAAN_ORISINALITAS.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAPUS.pdf]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_2_ABDI.pdf]
Preview
Text
BAB_2_ABDI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_3_ABDI.pdf]
Preview
Text
BAB_3_ABDI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_4_ABDI.pdf]
Preview
Text
BAB_4_ABDI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_5_ABDI.pdf]
Preview
Text
BAB_5_ABDI.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item