Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Kerupuk Tulang Ikan Tongkol Pada Konsumen Kelompok Usaha Bersama (Kub) Sari Laut Desa Dungkek, Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Jaw

Kurniawan, ArifRahmawan (2015) Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Kerupuk Tulang Ikan Tongkol Pada Konsumen Kelompok Usaha Bersama (Kub) Sari Laut Desa Dungkek, Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Jaw. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kelompok Usaha Bersama (KUB) Sari Laut di Kabupaten Sumenep. adalah suatu perkumpulan istri-istri nelayan Desa Dungkek Kabupaten Sumenep yang bekerja bersama-sama mengolah hasil tangkapan suaminya (Nelayan) yang tidak laku dijual dipasar. Dikarenakan produk hasil laut yang memiliki sifat mudah busuk maka para istri-istri nelayan berupaya untuk mengolahnya menjadi produk yang lebih tahan lama yang bisa dijual kembali untuk memberikan tambahan penghasilan bagi keluarganya serta dapat menutupi biaya oprasional saat suaminya (nelayan) melaut. Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis dan mengetahui: (1) Profil KUB “SARI LAUT”, (2) Menganalisis variabel bauran (product, price, place, promotion) berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kerupuk tulang ikan pada KUB “SARI LAUT”, (3) Faktor bauran pemasaran yang paling mempengaruhi keputusan pembelian produk kerupuk tulang ikan pada KUB “SARI LAUT”, Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April tahun 2015 di Kabupaten Sumenep Propinsi Jawa Timur. Objek penelitian ini adalah para konsumen yang biasa membeli produk krupuk tulang ikan tongkol KUB Sari Laut. Dengan jumlah sampel yang ditentukan menggunakan rumus linier time function yaitu sebanyak 50 orang. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan menggunakan menggunakan incidental sampling. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data primer dilakukan dengan cara kuisioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data sekunder dilakukan dengan cara mencatat data yang bersumber dari kantor kelurahan, dan perpustakaan. Metode analisa data yang digunakan yaitu analisa deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Analisa deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini untuk menjawab tujuan ke-1, sedangkan analisa deskriptif kuantitaif digunakan untuk menjawab tujuan ke-2 dan ke-3. Analisa data deskriptif kuantitatif (analisa statistik) adalah analisa data yang dilakukan dengan mengumpulkan, mengolah, dan menginterpretasikan data yang berwujud angka. Analisa deskriptif kuantitatif dalam penelitian ini dilakukan terhadap: vi produk(X1), harga(X2), lokasi dan distribusi(X3), promosi(X4) yang akan menghasilkan keputusan pembelian (Y). Dengan menggunakan bantuan software SPSS, didapatkan statistik uji t sebesar 2,086 dengan signifikansi sebesar 0,043. Nilai statistik uji |thitung| tersebut lebih besar daripada ttabel (2,086 > 1,67591). Selain itu, nilai signifikansi lebih kecil daripada α = 0,05. Dengan taraf kepercayaan 95,7%. Pengujian ini menunjukkan bahwa H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa X1 (produk) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y (keputusan pembelian). Dengan menggunakan bantuan software SPSS, didapatkan statistik uji t sebesar 2,094 dengan signifikansi sebesar 0,042. Nilai statistik uji |thitung| tersebut lebih besar daripada ttabel (2,094 > 1,67591). Selain itu, nilai signifikansi lebih kecil daripada α = 0,05. Dengan taraf kepercayaan 95,8%. Pengujian ini menunjukkan bahwa H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa X2 (harga) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y (keputusan pembelian). Dengan menggunakan bantuan software SPSS, didapatkan statistik uji t sebesar 2,802 dengan signifikansi sebesar 0,007. Nilai statistik uji |thitung| tersebut lebih besar daripada ttabel (2,802 > 1,67591). Selain itu, nilai signifikansi lebih kecil daripada α = 0,05. Dengan taraf kepercayaan 99,3%. Pengujian ini menunjukkan bahwa H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa X3 (lokasi dan distribusi) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y (keputusan pembelian). Dengan menggunakan bantuan software SPSS, didapatkan statistik uji t sebesar 2,216 dengan signifikansi sebesar 0,032. Nilai statistik uji |thitung| tersebut lebih besar daripada ttabel (2,216 > 1,67591). Selain itu, nilai signifikansi lebih kecil daripada α = 0,05. Dengan taraf kepercayaan 96,8%. Pengujian ini menunjukkan bahwa H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa X4 (promosi) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y (Keputusan Pembelian). Dari penelitian ini dapat disarankan sebagai berikut: (1) Bagi perusahaan KUB Sari Laut seharusnya lebih berkoordinasi dengan pemerintah untuk memperbaiki infrastruktur jalan desa dungkek ataupun pihak KUB dapat menyewa tempat yang lebih strategis di kota sumenep semisal didekat Terminal Arya Wiraraja yang merupakan tempat yang ramai dikunjungi orang setiap hari. Sedangkan untuk variabel bauran pemasaran lainnya seperti: variabel produk. KUB Sari Laut dapat lebih berinovasi pada pembuatan desain kemasan dan label kemasan kerupuk tulang ikan tongkol, pada variabel harga, KUB Sari Laut juga dapat berinovasi dalam mengatur komposisi bahan produksi supaya bisa menekan biaya produksi yang berdampak pada harga produk yang tidak terlalu mahal, serta lebih selektif dalam memberikan cara pembayaran berjangka hanya kepada pelanggan yang sudah vii dikenal saja supaya tidak menimbulkan kerugian bagi perusahaan. Sedangkan untuk variabel promosi. KUB Sari Laut seharusnya lebih sering memperbarui isi dari promosi yang menggunakan media sosial supaya para calon konsumen lebih mengetahui bagaimana profil perusahaan beserta produk-produknya atau bahkan dapat mengunggah beberapa testimoni positif dari beberapa konsumen yang pernah membeli produk kerupuk tulang ikan tongkol KUB Sari Laut untuk meyakinkan keputusan pembelian calon konsumen KUB Sari Laut. (2) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti dengan variabel-variabel lain di luar variabel yang telah diteliti ini agar memperoleh hasil yang lebih bervariatif yang dapat berpengaruh terhadap penjualan dan kemajuan usaha.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2015/450/ 051505758
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 24 Aug 2015 14:39
Last Modified: 24 Aug 2015 14:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134313
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item