Tito, Raisa (2015) Strategi Pengembangan Pantai Wisata Camplong Terhadap Pendapatan Asli Daerah (Pad) Kabupaten Sampang Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pariwisata adalah suatu perjalanan yang dilakukan oleh wisatawan atau pengunjung untuk mengunjungi tempat yang bisa menghilangkan rasa kejenuhan setelah melakukan aktivitas pada hari-hari kerja. Di Indonesia banyak memiliki tempat pariwisata yang bisa dikembangkan dengan baik, salah satunya adalah Pantai Wisata Camplong yang terdapat di Kabupaten Sampang, Jawa Timur. Pantai ini mempunyai pesona alam yang cukup menarik untuk para pengunjung, suasana disepanjang jalan sejuk karena terdapat pepohonan yang rindang dan tumbuh disekitar pantai. Berkembangnya sektor pada pariwisata di suatu daerah atau negara akan berdampak positif terhadap peningkatan daerah atau negara tersebut. Salah satunya melalui Pendapatan Asli Daerah (PAD). Kontribusi pariwisata terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada tiap tahunnya mengalami naik turun, karena terdapat penanaman modal dari investor yang belum tetap dan pengaruh tinggi rendahnya minat wisatawan yang datang ke dalam objek wisata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendiskripsikan faktor eksternal yang meliputi peluang dan ancaman, serta faktor internal yang meliputi kekuatan dan kelemahan, untuk menganalisis strategi pengembangan dan pengelolaan Pantai Wisata Camplong, dan untuk mengetahui dan menganalisis kontribusi Pantai Wisata Camplong terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sampang. Penelitian ini dilaksnakan di Desa Dharma, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, Jawa Timur pada Bulan Juli 2014. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan, meliputi: data primer dan data sekunder. Metode pengambilan sampel yang digunakan, yaitu: purposive sampling dan mengambil responden menggunakan Linier Time Function (LTF) yang berjumlah sebanyak 63 orang. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Alat analisis data menggunakan analisi SWOT. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan, bahwa faktor internal meliputi kekuatan (lokasi pantai yang strategis, dukungan masyarakat terhadap pengembangan Pantai Wisata Camplong, fasilitas yang memadai, dan pemandangan wisata yang masih alami) dan kelemahan (petugas keamanan, loket masuk, promosi, dan tingkat pendidikan yang msih rendah), sedangkan faktor eksternal, meliputi: peluang (perkembangan teknologi informasi, meningkatkan perekonomian, Pantai Wisata Camplong dapat dinikmati kalangan dan usia dan kepuasan pengunjung wisatawan) dan ancaman (persaingan industri semakin meningkat, perilaku wisatawan, kebersihan Pantai Wisata Camplong, dan kondisi alam yang tidak menentu). Berdasarkan hasil penelitian ini analisis SWOT strategi pengembangan yang diterapkan di strategi pengembangan Pantai Wisata Camplong adalah kuadran Weakness Opportunities (WO), yaitu: meningkatkan adanya kegiatan promosi, meningkatkan keamanan dari segi tukang parkir, penjaga pantai dan satpam, dan melakukan sosialisasi tentang pentingnya pendidikan bagi masyarakat maupun pengelola.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPR/2015/41/051500708 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 05 Feb 2015 13:54 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 05:04 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134267 |
Preview |
Text
SKRIPSI_RAISA_TITO.pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |