Strategi Komunikasi Promosi Pemasaran Pariwisata Ranu Klakah Menggunakan Model Kawat Bergulung di kabupaten Lumajang Jawa Timur

Kurniawati, AffrohTryFebri (2015) Strategi Komunikasi Promosi Pemasaran Pariwisata Ranu Klakah Menggunakan Model Kawat Bergulung di kabupaten Lumajang Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pariwisata di Indonesia merupakan sektor ekonomi penting di Indonesia. Kekayaan alam Indonesia merupakan salah satu komponen penting dalam pariwisata di Indonesia. Indonesia pada tahun 2013 menduduki peringkat 70 dalam peringkat daya saing pariwisata ASEAN yang dilansir World Economic Forum (WEF). Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di bagian timur Indonesia. Jawa Timur merupakan wilayah Jawa yang paling luas daripada wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat. Tempat wisata di Jawa Timur tentunya sangat beraneka ragam dari wisata alam, wisata budaya dan wisata hiburan menarik lainnya. Lumajang merupakan salah satu kabupaten di kawasan selatan Jawa Timur memiliki kekayaan alam seperti pegunungan, pantai, goa, hutan jati, air terjun dan ranu. Salah satu kekayaan alam yang menjadi objek wisata di Lumajang adalah objek wisata Ranu Klakah. Komunikasi promosi merupakan suatu penyampaian pesan atas adanya penawaran jasa yang ditawarkan untuk memperkenalkan produk yang kepada wisatawan. Komunikasi promosi wisata Ranu Klakah sendiri sampai saat ini masih menggunakan website dan blog pribadi dinas pariwisata dan komunikasi promosi ini belum berdampak besar pada penambahan wisatawan. Ranu Klakah merupakan salah satu dari Segitiga Ranu di kaki gunung Lemongan yang memiliki keindahan, keelokan, tradisi kebudayaan dan daya tarik tersendiri yang umumnya disukai oleh kebanyakan wisatawan yang menyukai keindahan alam. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan status komunikasi promosi pariwisata Ranu Klakah. Strategi Komunikasi Promosi Menggunakan Model Kawat Bergulung dan kendala apa saja yang terjadi saat komunikasi promosi tidak berjalan lancar. Obyek dari penelitian ini adalah terdiri dari operasional Pariwisata Ranu Klakah dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kabupaten Lumajang serta orang yang bekerja sebagai elemen pengelola pengembangan kawasan wisata Ranu Klakah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumupulan data yaitu dengan wawancara dengan menggunakan teknik Purposive Sampling, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah status Komunikasi promosi pariwisata Ranu Klakah belum berjalan lancar karena antara empat instansi belum ada kesepakatan kerjasama yang real untuk pengembangan wisata Ranu Klakah. Komunikasi promosi yang digunakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata antara lain: (1) Website Dinas Kebudayaan dan Pariwisata,(2) Kantor Pusat informasi pariwisata kabupaten Lumajang, (3) Mengikuti Event dan (4) Papan penunjuk arah menuju Objek Wisata. Pesan yang disampaikan dalam promosi pariwisata Ranu Klakah tersebut diantaranya fasilitas sarana dan prasarana yang ditawarkan seperti perahu mesin, perahu dayung, jet sky, rakit bambu tradisional, area pemancingan, camping ground, pasar ikan air tawar, lesehan ikan bakar, aula serba guna, penginapan, arena olahraga serba guna,out bound dan musolah. Strategi komunikasi promosi inijika dimodelkan dengan kawat bergulung dapat diketahui titik permasalahan yang terjadi sebenarnya dan dapat diketahui jika memang terjadi miscommunication. Yang dimana model kawat bergulung merupakan kemampuan membangun umpan balik dan meluruskan pesan. Perlu adanya kesepakatan komunikasi promosi tersebut tidak berjalan lancar yaitu kurangnya koordinasi antar pengelolah objek wisata Ranu Klakah sehingga sarana dan prasarana tidak berjalan lancar dan juga masalah dana salah satu faktor penghambat perkembangan wisata dan promosi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2015/395/051505703
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Aug 2015 10:07
Last Modified: 20 Oct 2021 04:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134250
[thumbnail of BAB_3.pdf]
Preview
Text
BAB_3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_5.pdf]
Preview
Text
BAB_5.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Pages_from_COVER+DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
Pages_from_COVER+DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_4.pdf]
Preview
Text
BAB_4.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_1.pdf]
Preview
Text
BAB_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_2.pdf]
Preview
Text
BAB_2.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item