Pemanfaatan Limbah Kepala Udang dalam Formula Pakan terhadap Retensi Protein dan Retensi Energi pada Benih Ikan Bawal Air Tawar (Colossoma macropomum)

Herdiyanti, ArrumNurjannah (2015) Pemanfaatan Limbah Kepala Udang dalam Formula Pakan terhadap Retensi Protein dan Retensi Energi pada Benih Ikan Bawal Air Tawar (Colossoma macropomum). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pakan merupakan salah satu faktor penting dalam budidaya karena sangat berpengaruh terhadap kinerja ikan yang meliputi pertumbuhan dan reproduksi. Salah satu bahan alternatif yang dapat digunakan untuk mensubtitusi tepung ikan dalam formulasi pakan adalah limbah dari pengolahan udang yang berupa kepala udang. Kandungan nutrien yang dimiliki tepung kepala udang antara lain: protein 31,41%, lemak 6,62 %, serat kasar 5,59%, energi 3,75Kkal/g. Penggunaan tepung limbah kepala udang dalam formulasi pakan buatan belum diketahui pengaruhnya terhadap retensi protein dan retensi energi pada benih ikan bawal air tawar (C. macropomum). Oleh karena, itu perlu adanya penelitian tentang pemanfaatan tepung kepala udang dalam formulasi pakan terhadap retensi protein dan retensi energi pada benih ikan Bawal Air Tawar (C. macropomum).Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret – April 2015 di Laboratorium Reproduksi Ikan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya, Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan tepung kepala udang dalam formula pakan terhadap retensi protein dan retensi energi pada benih ikan Bawal Air Tawar (C. macropomum) serta Untuk mengetahui jumlah pemanfaatan tepung kepala udang dalam formula pakan yang baik terhadap retensi protein dan retensi energi pada benih ikan Bawal Air Tawar (C. macropomum). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental, menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan pakan isoprotein 31% dan isoenergi 2,66 kkal/g dengan masing - masing 3 ulangan. Pada penelitian ini menggunakan benih ikan Bawal Air Tawar (C. macropomum) berukuran 3 cm dengan berat ± 2 gram. Perlakuan yang digunakan adalah subtitusi protein tepung kepala udang terhadap protein tepung ikan yaitu : A = subtitusi 0% protein tepung kepala udang; B = subtitusi 5% protein tepung kepala udang; C = subtitusi 10% protein tepung kepala udang dan D = subtitusi 15% protein tepung kepala udang. Parameter utama yang diamati adalah retensi protein dan retensi energi, serta parameter penunjang yaitu kualitas air pada pemeliharaan ikan Bawal Air Tawar (C.macropomum). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa subtitusi protein kepala udang terhadap protein tepung ikan dengan persentase yang berbeda tidak memberikan pengaruh terhadap retensi protein,namun berpengaruh terhadap retensi energi. Persentase subtitusi protein kepala udang terhadap protein tepung ikan yang baik bagi retensi protein dan retensi energi yaitu pada perlakuan D sebesar 15 % dengan retensi protein dan retensi energi masing – masing adalah sebesar 49,20 ± 7,79% dan 40,09 ± 4.52%. Oleh karena itu dapat disarankan untuk menggunakan subtitusi protein kepala udang terhadap tepung ikan sebesar 15% dalam formula pakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2015/367/051505675
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.91 Water and lands adjoining bodies of water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 31 Aug 2015 14:21
Last Modified: 20 Oct 2021 04:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134219
[thumbnail of Arum_Skripsi.pdf]
Preview
Text
Arum_Skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item