Damayanti, Arviyani (2015) Strategi Pengembangan Usaha Rumah Makan Ikan Bakar Minasari Di Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Kota Malang, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Indonesia merupakan negara yang berpotensi dalam bidang perairan yang menghasilkan berbagai jenis keanekaragaman ikan. Dengan keanekagaman ikan tersebut menciptakan peluang yang besar untuk kegiatan perikanan, salah satunya usaha rumah makan ikan bakar. Penelitian ini dilaksanakan pada April 2015 di Rumah Makan Ikan Bakar Minasari di Kelurahan Tlogomas Kcamatan Lowokwaru Kota Malang, Jawa Timur. Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Mengetahui aspek teknis, aspek finansiil operasional, aspek manajemen dan aspek pemasaran. 2). Mengetahui strategi pengembangan usaha dengan analisis SWOT. 3). Menyusun perencanaan strategis kelayakan finansiil pengembangan usaha. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriftif dengan jenis penelitian yang digunakan ialah studi kasus. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan metode insidental sampling,Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Jenis dan sumber data meliputi data primer dan data sekunder. Metode analisis data yaitu dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk mengidentifikasi aspek teknis, aspek manajemen, dan aspek pemasaran usaha rumah makan ikan bakar minasari serta analisis SWOT untuk strategi pengembangan usaha, sedangkan analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk mengidentifikasi aspek finansiil yang meliputi aspek finansiil operasional dan jangka panjang. Aspek teknis pada usaha rumah makan ikan bakar minasari meliputi jenis – jenis dan teknik pengolahan ikan bakar, ikan goreng, ikan rica – rica, ikan asama manis, dan ikan saus tiram.. Aspek finansiil pada usaha rumah makan ikan bakar minasari meliputi analisis jangka pendek selama satu tahun. Penerimaan yang diterima dalam setahun sebesar Rp 582.264.000,-, pendapatan yang diterima dalam setahun sebesar Rp 262.991.200,-. Nilai R/C Ratio lebih dari 1 yaitu sebesar 1,83 artinya usaha ini menguntungkan, keuntungan sebesar Rp 227.946.420,-, rentabilitas sebesar 71%, BEP sales mix makanan adalah Rp 58.670.588,- dan BEP sales mix minuman adalah Rp 277.830,- Aspek manajemen pada usaha rumah makan ikan bakar minasari meliputi perencanaan ke depan dengan menjaga bahan baku produksi agar terjaga kualitasnya dan melengkapi sarana dan prasarana. Sistem pengorganisasian sudah diterapkan dan sudah terdapat pembagian kerja. Penggerakan berjalan dengan dilakukan pemilik usaha kepada para karyawan. Pengawasan dilakukan pada persiapan bahan baku, proses produksi, proses penyajian, dan kebersihan pada rumah makan. Aspek pemasaran pada usaha rumah makan ikan bakar minasari meliputi produk yang dijual memiliki rasa dan aroma yang khas. Penetapan harga vi disesuaikan dengan jenis ikan yang dipilih konsumen dan berdasarkan berat pada ikan. Promosi dilakukan melalui mulut ke mulut, melalui papan yang ada dijalan, dan media sosial facebook. Saluran pemasaran usaha rumah makan ikan minasari ini tidak panjang karena langsung dari produsen ke konsumen. Strategi pengembangan usaha dengan analisis SWOT mengidentifikasi faktor internal dan eksternal. Diagram analisis SWOT pada usaha rumah makan ikan bakar minasari didapatkan pengembangan usaha dengan mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth Oriented Strategy) yang menggunakan strategi Strength Opportunities (SO), yaitu mengoptimalkan kekuatan yang dimiliki dan memanfaatkan peluang yang ada. Strategi pengembangan pada usaha rumah makan ikan bakar minasari yaitu mempertahankan dan meningkatkan mutu dan kualitas produksi, menjaga cita rasa masakan, menjaga hubungan baik dngan pelanggan, dan meningkatkan sarana dan prasarana.. Perencanaan finansiil jangka panjang pada usaha rumah makan ikan bakar minasari selama 10 tahun (2016-2025) didapatkan hasil penambahan biaya investasi yang harus dikeluarkan adalah Rp 326.360.000,- dengan Net Present Value sebesar Rp Rp 2.205.709.760,-, Net Benefit Cost Ratio sebesar 7,76, Internal Rate of Return sebesar 89%, dan Payback Period atau waktu pengembalian modal sekitar 1,24 tahun. Perencanaan bisnis yang direncanakan ialah dengan meningkatkan pembelian bahan baku dan bahan tambahan sebesar 10% dari keadaan faktual, sehingga penerimaan yang akan diperoleh juga meningkat. Setelah dilakukan analisis finansiil jangka pendek, perencanaan tersebut menguntungkan. Analisis finansiil baik operasional maupun jangka panjang yang dilakukan menunjukkan bahwa perencanaan tersebut menguntungkan dan layak untuk dijalankan. Saran yang diberikan peneliti untuk strategi pengembangan usaha rumah makan ikan bakar minasari yaitu memperbaiki manajemen dengan membuat pembukuan keuangan, menerapkan strategi Strength Opportunities (SO) dengan mengoptimalkan kekuatan dan memanfaatkan peluang yang ada, meningkatkan fasilitas dan pelayanan yang ada, merenovasi interior rumah makan lebih modern dan mengikuti perkembangan zaman.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPR/2015/351/ 051505659 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 18 Aug 2015 11:44 |
Last Modified: | 18 Aug 2015 11:44 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134202 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |