Optimalisasi Pemberian Pakan Alami Cacing Tanah (Lumbricus Rubellus) Terhadap Kelulushidupan Dan Laju Pertumbuhan Ikan Wader Pari (Rasbora Argyrotaenia)

Nugroho, GalihArdi (2015) Optimalisasi Pemberian Pakan Alami Cacing Tanah (Lumbricus Rubellus) Terhadap Kelulushidupan Dan Laju Pertumbuhan Ikan Wader Pari (Rasbora Argyrotaenia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ikan Wader Pari (R. argyrotaenia) merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang sampai saat ini masih sangat jarang dibudidayakan. Permintaan pasar akan ikan Wader Pari (R. argyrotaenia) cukup tinggi, namun dalam pemenuhannya masih berasal dari tangkapan dari alam. Hal inilah yang dapat menjadi daya tarik untuk membudidayakan dan melestarikan ikan Wader Pari (R. argyrotaenia) agar keberadaannya tidak punah dan nantinya berdampak meningkatknya produksi melalui pemberian pakan yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jumlah pakan alami cacing tanah (L. rubellus) yang berbeda terhadap kelulushidupan dan laju pertumbuhan ikan Wader Pari (R. argyrotaenia), sehingga didapatkan informasi jumlah pakan yang optimal dalam pemeliharaan benih ikan Wader Pari (R. argyrotaenia). Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Reproduksi Ikan, Pembenihan dan Pemuliaan Ikan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya, Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri dari 3 perlakuan dan 3 ulangan yaitu, jumlah pakan 35% biomas, 40% biomas dan 45% biomas. Parameter utama yang diamati pada penelitian ini adalah kelulushidupan (SR),laju pertumbuhan harian (SGR), food convertion ratio (FCR) dan protein efficiency ratio (PER), sedangkan parameter penunjang yang diamati adalah kualitas air pada media pemeliharaan ikan Wader Pari (R. argyrotaenia) yang meliputi suhu, pH, oksigen terlarut (DO) dan amonia (NH3). Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis keragaman (ANOVA). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kelulushidupan ikan Wader Pari (R. argyrotaenia) pada perlakuan A (35%), B (40%) dan C (45%) sebasar 100%. Analisis statistik yang dilakukan menunjukkan perbedaan jumlah pakan cacing tanah (L. rubellus) tidak berpengaruh nyata antar perlakuan. Analisis statistik laju pertumbuhan harian dengan perbedaan jumlah pakan memberikan pengaruh sangat nyata. Pada Laju pertumbuhan harian perlakuan A dengan jumlah pakan 35% sebesar 2,69%BB/hari, pada perlakuan B dengan jumlah pakan 40% merupakan perlakuan terbaik sebesar 4,47%BB/hari dan pada perlakuan C dengan jumlah pakan 45% sebesar 3,17%BB/hari.. Kualitas air selama penelitian masih dalam batas optimal untuk kehidupan ikan Wader Pari, (R. argyrotaenia) yaitu suhu berkisar antara 24,99-25,13 0C, pH berkisar antara 7,80-7,93, oksigen terlarut (Dissolved oxygen) berkisar antara 6,67-7,10 mg/l dan amonia (NH3) berkisar antara 0,009-0,079mg/l. Disimpulkan bahwa, apabila ingin mendapatkan kelulushidupan dan laju pertumbuhan yang terbaik disarankan untuk menggunakan jumlah pakan cacing tanah (L. rubellus) 40% dari biomas, agar dapat meningkatkan produksi ikan Wader Pari (R. argyrotaenia).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2015/347/ 051505060
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.91 Water and lands adjoining bodies of water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 13 Aug 2015 14:46
Last Modified: 13 Aug 2015 14:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134197
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item