Analisis Tingkat Pemanfaatan Fasilitas Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tamperan, Pacitan, Jawa Timur

Said, LuciRahmawati (2015) Analisis Tingkat Pemanfaatan Fasilitas Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tamperan, Pacitan, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelabuhan perikanan mempunyai peranan penting dan strategis dalam menunjang peningkatan produksi perikanan, memperlancar arus lalu lintas kapal perikanan, mendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat perikanan serta mempercepat pelayanan terhadap seluruh kegiatan yang bergerak di bidang usaha perikanan. Fasilitas yang ada di pelabuhan perikanan dengan kapasitas dan tata letaknya memiliki hubungan yang erat dengan keefisienan fungsionalisasi pelabuhan perikanan. Tidak adanya fasilitas yang dibutuhkan atau fasilitas yang sudah ada tidak memenuhi kapasitas dapat menghambat kelancaran kegiatan di pelabuhan. Pelabuhan perikanan sebagai tempat berlabuh dan bertambat kapal untuk membongkar hasil tangkapannya menjadi penunjang dalam kelancaran kegiatan produksi di sektor perikanan tangkap karena menjadi penghubung antara bagian laut dan daratan. Pelabuhan perikanan dengan berbagai kelengkapan fasilitas yang dimilikinya berfungsi sebagai pusat kegiatan di bidang produksi, pengolahan dan pemasaran perikanan. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Pacitan Provinsi Jawa Timur selama 10 (sepuluh) hari yaitu dari tanggal 15-24 April 2015. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ukuran tiap-tiap fasilitas di PPP Tamperan, untuk menganalisis tingkat pemanfaatan fasilitas-fasilitas yang terdapat di PPP Tamperan dan untuk menganalisis tingkat efisiensi fasilitasfasilitas di PPP Tamperan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Data dikumpulkan dengan beberapa cara diantaranya wawancara dan observasi langsung. Data sekunder didapatkan dari DKP Kabupaten Pacitan, Balitbangtik Kabupaten Pacitan dan UPTPP Tamperan. Hasil penelitian menunjukan bahwa ketersediaan setiap fasilitas di PPP Tamperan sudah memadai, hal ini dibuktikan dengan kesesuaian fasilitas yang ada dengan PERMEN nomor 8 tahun 2012 dimana persentase ketersediaan fasilitas pokok di PPP Tamperan mencapai 91,67%, fasilitas fungsional mencapai 76,19% sedangkan fasilitas penunjang mencapai 70%. Adapun ukuran beberapa fasilitas di PPP Tamperan sudah melampaui kriteria yang dicantumkan dalam PERMEN nomor 8 tahun 2012 dimana PPP Tamperan memiliki kolam pelabuhan seluas 6,4 hektar dan ukuran kedalamannya yaitu 3 meter, dermaga sepanjang 210 meter, luas lahan pelabuhan 7,7 hektar dan memiliki daya tampung TPI sebesar 34,82 ton per pelelangan. Tingkat pemanfaatan fasilitas di PPP Tamperan belum berjalan secara optimal untuk fasilitas gedung TPI dan dermaga. Hal ini dikarenakan belum adanya kegiatan lelang di Tamperan sehingga tingkat pemanfaatan gedung TPI v hanya sekitar 34% yang digunakan untuk penanganan, penimbangan dan pencatatan hasil tangkapan. Tingkat pemanfaatan dermaga hanya mencapai 15,23% dikarenakan penelitian dilaksanakan pada saat peralihan musim paceklik yang menyebabkan jumlah kunjungan kapal dan hasil tangkapan cenderung sedikit. Sedangkan tingkat pemanfaatan luas dan kedalaman kolam pelabuhan sudah optimal yaitu mencapai 23,28% dan 98,33%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2015/318/051505031
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Aug 2015 12:32
Last Modified: 20 Oct 2021 02:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134165
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item