Identifikasi Komponen Pigmen Pada Alga Cokelat Sargassum Echinocarpum Dengan High Performance Liquid Chromatography (Hplc)

Mualimin, Lulus (2015) Identifikasi Komponen Pigmen Pada Alga Cokelat Sargassum Echinocarpum Dengan High Performance Liquid Chromatography (Hplc). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sargassum echinocarpum merupakan salah satu jenis alga coklat yang tumbuh subur di perairan tropis pada kedalaman 0.5–10 meter. Alga coklat jenis ini hidup di daerah perairan yang jernih dengan substrat dasar batu karang. Sargassum echinocarpum dicirikan dengan adanya pigmen coklat yang menutupi warna hijau serta hasil fotosintesis disimpan dalam bentuk laminaran dan aligin. Pigmen merupakan molekul khusus yang dapat memunculkan warna, mampu menyerap cahaya matahari dan memantulkannya pada panjang gelombang tertentu. Alga coklat memiliki kandungan berupa golongan pigmen karotenoid yang teroksigenasi dalam strukturnya yaitu fucosantin. sedangkan kelompok karotenoid yang umum ditemukan dalam alga coklat adalah β-karoten, senyawa ini dapat dimanfaatkan dalam bidang kesehatan dan industri makanan. Hingga saat ini studi mengenai identifikasi komponen pigmen Sargassum echinocarpum menggunakan HPLC belum banyak dilakukan. Oleh karena itu data dan informasi baru sangat diperlukan sebagai penguat dan pembanding dari penelitian terdahulu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis dan berapa kandungan komponen pigmen yang terdapat pada rumput laut coklat Sargassum echinocarpum dengan pengujian menggunakan metode High Performance Liquid Chromatography (HPLC). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai Mei 2015 di Laboratorium Keamanan Hasil Perikanan dan Laboratorium Penanganan Hasil Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya Malang, Laboratorium Instrumen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Brawijaya Malang dan Laboratorium Ma Chung Research Centre for Photosynthetic Pigments (MRCPP) Universitas Ma Chung Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian Identifikasi Komponen Pigmen Pada Alga Cokelat Sargassum echinocarpum dengan High Performance Liquid Chromatography (HPLC) adalah metode eksploratif. Parameter yang diamati adalah hasil isolasi (kromatografi kolom) dan identifikasi (kromatografi lapis tipis, spektrofotometer UV-Vis, High Performance Liquid Chromatography (HPLC) dan perhitungan kadar rendemen). Berdasarkan hasil penelitian proses isolasi sampel Sargassum echinocarpum dengan kromatografi kolom menghasilkan fraksi warna kuning (β- karoten), hijau kebiruan (klorofil a), hijau kekuningan (klorofil b) dan orange (fukosantin). Uji HPLC dengan metode fase terbalik berdasarkan waktu retensinya (tR) menunjukan bahwa fukosantin merupakan pigmen yang paling polar karena memiliki (tR) yang paling singkat yaitu 16,85 dan sebaliknya untuk pigmen β-karoten yaitu 62,06. Selain itu fukosantin dan klorofil a merupakan pigmen dominan pada sampel yang ditunjukan dengan peak tertinggi pada kromatogram. Analisa kandungan pigmen pada sampel menghasilkan pigmen β- karoten sebesar 0,0263 %, pigmen klorofil b sebesar 0,2499 %, pigmen klorofil a sebesar 0,0655 % dan pigmen fukosantin sebesar 0,0357 %.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2015/313/ 051505026
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.91 Water and lands adjoining bodies of water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 14 Aug 2015 09:51
Last Modified: 14 Aug 2015 09:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134160
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item