Strategi Pengembangan Potensi Wisata Pantai Banyu Tibo Di Desa Widoro Kabupaten Pacitan Jawa Timur

Dewantoro, JokoAlvian (2015) Strategi Pengembangan Potensi Wisata Pantai Banyu Tibo Di Desa Widoro Kabupaten Pacitan Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pariwisata merupakan perjalanan dari suatu tempat ketempat lain, bersifat sementara, dilakukan oleh individu maupun kelompok, sebagai usaha mencari keseimbangan atau keserasian dan kebahagiaan. Dengan kata lain pariwisata juga merupakan bagian dari sektor industri di Indonesia yang mempunyai prospek cerah dan perlu untuk dikembangkan. Salah satunya Wisata Pantai Banyu Tibo yang terletak di Desa Widoro Kabupaten Pacitan. Wisata Pantai Banyu Tibo terletak sekitar 48 km dari pusat kota Pacitan. Wisata Pantai Banyu Tibo ini sudah dapat menarik pengunjung, tapi dalam upaya pengembangannya dirasakan masih kurang, selain itu peluang atau sumberdaya alam yang ada di Wisata Pantai Banyu Tibo harus dimanfaatkan dan dijaga sebaik mungkin. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui profil Pantai Banyu Tibo Kabupaten Pacitan, mengetahui strategi pengembangan dan pengelolaan kawasan Wisata Pantai Banyu Tibo berdasar analisis SWOT. . Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan, meliputi: data primer dan data sekunder. Teknik pengambilan sampel yang digunakan, yaitu: Linier Time Function (LTF) dan jumlah responden yang diambil berjumlah 36 orangkuantitatif. Alat analisis data menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Wisata Pantai Banyu Tibo merupakan wisata yang mengandalkan keindahan pantai yang masih alami sebagai daya tariknya, Wisata Pantai Banyu Tibo ini dikelola langsung oleh Karang Taruna Desa Widoro dengan jumlah pengelola lapang sebanyak 14 orang. Fasilitras- fasilitas yang ada di Wisata Pantai Banyu Tibo antara lain: lahan parker, toilet, warung makan, loket masuk, tempat sampah. Berdasarkan hasil skoring yang dilakukan terhadap faktor-faktor internal dan eksternal diperoleh nilai koordinat yang terletak di kuadran II atau dalam strategi WO ( Weakness Opportunities) , yaitu pada strategi Turn around . Fokus dalam strategi ini adalah meminimalkan kelemahan dan memanfaatkan peluang yang dimiliki Wisata Pantai Banyu Tibo yaitu sebagai berikut: Menambah fasilitas yang ada di Wisata Pantai Banyu Tibo agar wisatawan yang berkunjung semakin banyak dan bisa menambah penghasilan masyarakat sekitar, Melakukan kerjasama dengan pihak terkait agar dalam proses pengembangan dan pengelolaanya semakin baik, meningkatkan promosi agar wistawan yang berkunjung semakin banyak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2015/28/051500695
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 04 Feb 2015 14:37
Last Modified: 20 Oct 2021 02:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134122
[thumbnail of SKRIPSI_DALAM_BENTUK_JURNAL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_DALAM_BENTUK_JURNAL.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item