Kajian Analisa Efektivitas Tata Niaga Komoditas Ikan Segar Di Pelabuhan Perikanan Nusantara (Ppn) Brondong, Lamongan

Aji, NovitaPutriFirman (2015) Kajian Analisa Efektivitas Tata Niaga Komoditas Ikan Segar Di Pelabuhan Perikanan Nusantara (Ppn) Brondong, Lamongan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tataniaga merupakan kegiatan dalam penciptaan dan penambahan kegunaan dari barang atau jasa yang ditunjukkan dengan serangkaian kegiatan dalam pemindahan barang atau jasa dari produsen beserta mata rantai salurannya hingga ke konsumen. Pada tataniaga utamanya adalah produk perikanan agar berjalan dengan baik, perlu adanya nilai efektivitas dalam hal ini lebih menekankan pada hasil yang dicapai. Dikatakan efektif maka dalam tata niaga yang mudah rusak maka pelu adanya parameter diantaranya mutu, biaya operasional dan waktu. Salah satu tempat tata niaga ikan di jawa timur adalah di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Brondong, Lamongan yang berstatus Pelabuhan Perikanan Nusantara dan memiliki sistem distribusi pemasaran yang strategis dan akses jalan utama yang mudah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tata niaga ikan di PPN Brondong, Lamongan dari komoditas ikan yang didaratkan, Mengetahui hubungan dalam tataniaga ikan di PPN Brondong, Lamongan antara mutu dengan biaya operasional dan mutu dengan waktu dan Mengetahui efektivitas dari masing-masing pola tataniaga yang ada di PPN Brondong, Lamongan. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 17 November 2014 sampai 20 Desember 2014. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, dimana langsung berkaitan dengan responden. Teknik pengambilan data primer untuk Uji organoleptik dengan scoresheet, Pola tata niaga dengan wawancara dengan kuisioer. Pada data sekunder dengan kajian literatur dan laporan tahunan PPN Brondong, Lamongan. Hasil dari penelitian ini adalah Pola tata niaga di PPN Brondong pada ikan swanggi dan kuniran memiliki persamaan dan digolongkan menjadi 3 pola tata niaga. Pola tata niaga ikan kakap merah dibagi menjadi 2 pola tata niaga. Pada parameter mutu dengan biaya operasional memiliki R square sebesar 79,9 % apabila dibulatkan 80% maka terdapat pengaruh nyata. parameter mutu dengan parameter waktu memiliki R square sebesar 20 % maka tidak ada pengaruh yang nyata. Pola tata niaga di PPN Brondong sudah tergolong kurang efektif,dikarenakan untuk mencapai konsumen akhir pada ikan segar harus melewati beberapa saluran tataniaga yang diperpendek menjadi efektif. Pada parameter efektivitas untuk mutu 6.88 tergolong agak segar, untuk waktu dikarenakan hubungan regresi waktu terhadap mutu tidak berpengaruh nyata sehingga biaya operasional tinggi dan untuk biaya operasional yang dianggarkan besar sehingga tidak efektif, dikarenakan efektif apabila biaya operasional yang dikeluarkan semakin sedikit.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2015/195/ 051504498
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 06 Aug 2015 14:50
Last Modified: 06 Aug 2015 14:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134028
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item