Analisis Efisiensi Usaha Pembesaran Ikan Nila (Oreochromis Niloticus) Dalam Karamba Jaring Apung Di Danau Ranu Grati Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan Jawa Timur.

Permatasari, Diah (2015) Analisis Efisiensi Usaha Pembesaran Ikan Nila (Oreochromis Niloticus) Dalam Karamba Jaring Apung Di Danau Ranu Grati Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Usaha perikanan pada perairan danau berkembang secara intensif, karena danau dapat digunakan sebagai kolam pembesaran untuk berbagai jenis ikan. Usaha budidaya pembesaran ikan nila dalam KJA yang terdapat di Danau Ranu Grati, namun usaha tersebut masih dalam skala kecil. Permasalahan yang dihadapi adalah tingginya biaya produksi dikarenakan tingginya harga pakan sehingga perlu mencari optimalisasi produksi untuk satu unit KJA. Dalam pengoptimalan produksi perlu adanya peningkatan efisensi faktor-faktor produksi yang digunakan dalam proses produksi. Efisiensi terdiri dari efisiensi teknis, efisiensi alokatif (harga) dan ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisi: 1.)Tingkat efisiensi teknis dalam penggunaan faktor-faktor produksi pada pembesaran ikan nila dalam pembesaran ikan nila di Danau Ranu Grati. 2.)Tingkat efisiensi alokatif dalam penggunaan faktor-faktor produksi pada pembesaran ikan nila dalam pembesaran ikan nila di Danau Ranu Grati. 3.)Tingkat efisiensi ekonomi dalam penggunaan faktor-faktor produksi pada pembesaran ikan nila dalam pembesaran ikan nila di Danau Ranu Grati. Penelitian ini dilakukan di Danau Ranu Grati Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur pada bulan Februari – Maret 2015. Metode penelitian ini menggunakan penelitian survai. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan menggunakan purposive sampling dan sampel yang diambil menggunakan rumus Menurut Pendapat Solvin yang hasilnya sebanyak 38 responden. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara dan kuisioner. Jenis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah dengan metode DEA (Data Envelopment Analysis) Efisiensi teknis pembesaran ikan nila menggunakan metode DEA dengan rata-rata nilai efisiensi teknis sebesar 0,958 dengan model CRS sedangkan model VRS sebesar 0,986. Hal ini menunjukkan bahwa dengan kedua pendekatan produksi pembesaran ikan sudah efisiensi secara teknis dan 7 orang pembudidaya masih berpotensi untuk dapat ditingkatkan efisiensi teknisnya pada skala increasing return to scale (IRS) sehingga pembudidaya masih dapat meningkatkan skala usahanya. Efsiensi alokatif pembesaran ikan nila menggunakan metode DEA dengan rata-rata nilai efisiensi alokatif sebesar 0,723 yang bermakna bahwa sudah efisien secara alokatif karena lebih dari indeks efisiensi sebesar 0,70 atau 70 persen. Efisiensi ekonomi pembesaran ikan nila dengan rata-rata nilai efisiensi ekonomi sebesar 0,689 yang bermakna bahwa belum efisien secara ekonomi karena lebih dari indeks efisiensi sebesar 0,70 atau 70 persen sehingga perlu pengurangan biaya sebesar 65 persen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2015/190/ 051504493
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 25 Aug 2015 14:06
Last Modified: 25 Aug 2015 14:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134023
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item