Uji Daya Hambat Ekstrak Kasar Buah Mengkudu (Morinda citrifolia) Terhadap Bakteri Pseudomonas fluorescens Secara In Vitro.

Oktafia, NurWaki`ah (2015) Uji Daya Hambat Ekstrak Kasar Buah Mengkudu (Morinda citrifolia) Terhadap Bakteri Pseudomonas fluorescens Secara In Vitro. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ikan Merupakan Produk Utama Dari Subsektor Perikanan Yang Merupakan Salah Satu Penghasil Protein Hewani Bagi Manusia. Masalah Yang Sering Jadi Penghalang Dalam Usaha Perikanan Adalah Masalah Penyakit-Penyakit Yang Sering Menyerang Ikan.Penyakit Ikan Adalah Segala Sesuatu Yang Dapat Menimbulkan Gangguan Pada Ikan, Baik Secara Langsung Maupun Tidak Langsung. Pseudomonas Fluorescensadalah Salah Satu Bakteri Yang Dapat Menyebabkan Penyakit Pada Ikan Air Tawar.Selama Ini Pencegahan Terhadap Serangan Bakteri Pada Umumnya Dilakukan Dengan Pemberian Antibiotik Dan Bahan Kimia.Pemberian Antibiotik Secara Terus Menerus Dapat Menyebabkan Organisme Patogen Menjadi Resisten, Sehingga Penggunaan Antibiotik Menjadi Tidak Efektif. Oleh Karena Itu, Dibutuhkan Adanya Pengobatan Alternatif Yang Dapat Digunakan Untuk Menghambat Atau Membunuh Bakteri, Salah Satunya Adalah Dengan Penggunaan Buah Mengkudu (Morinda Citrifolia) Yang Memiliki Kandungan Antibakteri Yang Mampu Menghambat Bakteri. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Pengaruh Pemberian Ekstrak Kasar Buah Mengkudu (Morinda Citrifolia) Terhadap Daya Hambat Bakteri P. Fluorescens Secara In Vitro. Penelitian Dilaksanakan Di Laboratorium Penyakit Dan Kesehatan Ikan, FPIK UB Bulan Januari Sampai Bulan Maret 2015 Dengan Metode Rancangan Acak Lengkap (RAL). Penelitian Ini Menggunakan 4 Perlakuan Dan 3 Ulangan Yaitu Dengan Menggunakan Dosis 60 Ppt (Perlakuan A), 65 Ppt (Perlakuan B), 70 Ppt (Perlakuan C), Dan 75 Ppt (Perlakuan D). Parameter Utama Dalam Penelitian Ini Adalah Melihat Atau Mengukur Diameter Zona Bening Yang Dihasilkan Di Sekitar Kertas Cakram Yang Dihasilkan Dari Berbagai Dosis Yang Digunakan. Parameter Penunjang Dalam Penelitian Ini Adalah Lama Waktu Perendaman Yang Dilakukan Yaitu Selama 15 Menit. Hasil Penelitian Pada Uji MIC Dengan Skala Log Didapatkan Hasil Pada Dosis 10 Ppt Dan 100 Ppt Yang Jernih Pertama Kali, Sehingga Dilakukan Uji MIC Yang Kedua Untuk Penentuan Dosis, Didapatkan Pada Dosis 60 Ppt Dan 70 Ppt Yang Mendekati Dengan Kontrol + Sehingga Dosis Yang Digunakan Sebesar 60 Ppt, 65 Ppt, 70 Ppt Dan 75 Ppt. Hasil Menunjukkan Bahwa Perlakuan Pemberian Ekstrak Kasar Buah Buah Mengkudu Memberikan Pengaruh Berbeda Sangat Nyata Terhadapbakteri P. Fluorescens. Berdasarkan Hasil Penelitian Menunjukkan Rata-Rata Diameter Daya Hambat Terbesar Yaitu Pada Dosis 75 Ppt Yaitu Sebesar 14,08 Mm Dan Diameter Daya Hambat Terkecil Terdapat Pada Dosis 60 Ppt Yaitu Sebesar 5,4 Mm Kesimpulan Dari Penelitian Ini Bahwa Hasil Uji Efektifitas Antibakterial Dengan Menggunakan Uji Cakram Menunjukkan Semakin Tinggi Dosis Yang Diberikan, Maka Semakin Tinggi Pula Daya Hambat Yang Didapatkan Dengan Persamaan Y = 0.21x – 4.315 Dengan Nilai Koefisien Determinasi (R2) Sebesar 0,9906. Maka Dapat Disarankan Untuk Dilakukan Penelitian Lebih Lanjut Tentang Pengaruh Pemberian Ekstrak Kasar Buah (M. Citrifolia) Secara In Vitro Dengan Menggunakan Dosis Yang Lebih Tinggi Agar Mendapatkan Dosis Yang Optimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2015/128/051503618
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.91 Water and lands adjoining bodies of water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Jun 2015 08:27
Last Modified: 19 Oct 2021 06:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/133955
[thumbnail of Laporan_Skripsi_Nur_Waki'ah_Oktafia_115080500111038.pdf]
Preview
Text
Laporan_Skripsi_Nur_Waki'ah_Oktafia_115080500111038.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item