Evaluasi Tingkat Kematangan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Menggunakan ITIL (Information Technology Infrastructure Library) Versi 3 Studi Kasus pada : Rumah Sakit Umum Universitas Muhammadiyah Malang

Bahtiar, Mashuda (2018) Evaluasi Tingkat Kematangan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Menggunakan ITIL (Information Technology Infrastructure Library) Versi 3 Studi Kasus pada : Rumah Sakit Umum Universitas Muhammadiyah Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rumah Sakit Umum Universitas Muhammadiyah Malang merupakan sebuah instansi swasta yang bergerak pada bidang pelayanan kesehatan. Dalam melakukan operasioanal, Rumah Sakit Umum Universitas Muhammadiyah Malang (RS UMM) memanfaatkan teknologi sebagai daya pendukung. Salah satunya dengan menggunakan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS). Sistem ini digunakan oleh para pegawai dalam membantu memberikan informasi terkait dengan aktivitas rawat inap, rawat jalan, farmasi, logistik, serta Poliklinik. Permasalah yang muncul adalah kuranganya anajemen kontrol dalam melakukan operasional yang mengakibatkan kurangnya validasi informasi yang berujung pada kesalahan dan menurunya kinerja bisnis. seperti adanya kesalahan penginputan data, sistem yang lamban dala melakukan akses pada jam – jam tertentu, sampai kehilangan data transaksi pasien. Untuk menanggulangi hal tersebut, perlunya sebuah menanisme kontrol terkait dengan manajemen layanan informasi terkait dengan nilai dari operasional serta layanan yang dicapai oleh sebuah perusahaan atau organisasi sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, nilai kematanagan yang didapat pada domain Service Operation (SO) adalah 1,76 atau berada pada level 2, serta domain Continual Service Improvement (CSI) berada pada tingkat kematanag 1,48 atau level 1. Pihak dari rumah sakit sendiri khususnya bidang IT menginginkan nilai masing masing 3 untuk SO maupun untuk CSI. Sehingga untuk mencapai nilai yang diinginkan, maka diberikan beberapa rekomendasi yang bisa membantu pihak IT dalam mengambil keputusan.

English Abstract

General Hospital of Muhammadiyah University of Malang is a private institution engaged in the field of health services. In conducting operations, General Hospital of University of Muhammadiyah Malang (RS UMM) utilize technology as supporting power. Wrong by using Hospital Management Information System (SIMRS). This system is used by employees in helping to provide information related to inpatient, outpatient, pharmacy, logistics, and polyclinic activities. The problem that arises is the lack of control management in doing operations that like validation of information that leads to errors and the decline in business performance. such as data input errors, slow systems in accessing certain hours, until loss of patient transaction data. To overcome this, the need for a controlling menanisme associated with service management related to the operational objectives of the company or organization in accordance with the intended purpose. From the results of research that has been done, the value of kematanagan obtained in the domain Service Operation (SO) is 1.76 or is at level 2, and the Continent Service Improvement (CSI) domain is at the level maturity 1.48 or level 1. Parties from home own pain especially the IT field wanting each 3 for SO and for CSI. To achieve something desired, then given some recommendations that can help the IT in making decisions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/309/051804122
Uncontrolled Keywords: ITIL V3, Service Operation, Continual Service Improvement, Gap Analys
Subjects: 300 Social sciences > 362 Social problems of and services to groups of people > 362.1 People with physical illnesses > 362.11 Hospitals and related institutions > 362.110 285 Computer aplication
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Komputer
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 14 Feb 2019 01:40
Last Modified: 16 Oct 2021 04:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13386
[thumbnail of Mashuda Bahtiar.pdf]
Preview
Text
Mashuda Bahtiar.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item