Sagita, KikiRizqi (2014) Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Berkunjung Kembali Ke WPP (Wisata Pasir Putih) Dalegan Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kabupaten Gresik memiliki berbagai wisata bahari, salah satunya adalah Wisata Pasir Putih (WPP) Dalegan yang menyajikan keindahan pantainya dan jumlah pengunjung lebih banyak dari dalam kota. Semakin meningkatnya obyek wisata maka akan menimbulkan persaingan dalam menarik konsumen sehingga perlu dilakukan upaya pengembangan wisata dengan memperhatikan pemasaran wisata yakni menggunakan alat pemasaran seperti bauran pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan berkunjung kembali ke WPP Dalegan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2013 di Wisata Pasir Putih (WPP) Dalegan Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik. Populasi pada penelitian ini yaitu pengunjung WPP, teknik pengambilan sampel adalah accidental sampling dengan penentuan ukuran sampel menggunakan rumus linear time function sehingga didapatkan 90 responden. Sumber data yaitu data sekunder dan data primer dengan alat pengumpulan data meliputi wawancara dan kuesioner kemudian dianalisa data secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif, metode pengolahan data menggunakan analisis regresi logistik dengan variabel independen (produk, harga, tempat, promosi, dan bukti fisik) dan variabel dependen (keputusan berkunjung kembali). Hasil analisis didapatkan persamaan ln (p/(1-p)) = -35,183+0,857 produk +0,705 harga +0,183 tempat +0,945 promosi +1,081 bukti fisik , uji Hosmer dan Lemeshow menghasilkan nilai signifikansi 0,888 yang lebih besar dari α 0,05 sehingga model regresi logistik yang digunakan telah cukup menjelaskan data. Koefisien determinan dengan nilai Nagelkerke R square 0.718, artinya 71,8% menunjukkan total kontribusi variabel bebas (produk, harga, tempat, promosi, dan bukti fisik) mampu menjelaskan keragaman variabel terikat (berkunjung kembali) sedangkan sisanya sebesar 28,2% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak terdapat pada model. Nilai -2 Log Likelihood mengalami penurunan dari 74,331 menjadi 27,847 sehingga variabel produk, harga, tempat, promosi, dan bukti fisik secara bersama-sama mempengaruhi keputusan berkunjung kembali ke WPP. Hasil uji wald yaitu nilai wald variabel produk (5,294), harga (6,619), promosi (7,933), dan bukti fisik (8,112) lebih besar dari nilai chi square tabel (3,841) serta nilai signifikansi keempat variabel (0,021, 0,010, 0,005, dan 0,004) lebih kecil dari α 0,05 sehingga memiliki pengaruh yang nyata dan signifikan terhadap keputusan berkunjung kembali ke WPP namun variabel tempat memiliki nilai wald lebih kecil dari nilai chi square tabel (0,929<3,841) dan signifikansi lebih besar dari α 0,05 (0,335>0,05) sehingga variabel tempat tidak memiliki pengaruh yang nyata dan tidak signifikan. Variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan berkunjung kembali adalah variabel bukti fisik dengan nilai koefisien beta paling besar yakni 1,081. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini, bagi pengelola WPP yaitu melakukan upaya peningkatan kualitas produk, tempat, promosi, dan bukti fisik serta konsistensi terhadap harga yang ditetapkan. Bagi peneliti yang akan melanjutkan penelitian ini digunakan sebagai referensi untuk mengkaji pengembangan wisata bahari berdasarkan indikator risiko dalam menentukan daya tarik wisata dalam jangka panjang dengan mempertimbangkan daya dukung sumberdaya alam maupun sumberdaya manusia. Bagi pemerintah Kabupaten Gresik, diharapkan memberikan dukungan berupa pemberian bantuan yang sesuai untuk pengembangan wisata.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPR/2014/457/051408330 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 29 Dec 2014 08:59 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 02:38 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/133787 |
Preview |
Text
LAPORAN_SKRIPSI.pdf Download (5MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |