Profil Asam Amino Teh Alga Coklat Sargassum cristaefolium

Hapsary, NurulAyu (2014) Profil Asam Amino Teh Alga Coklat Sargassum cristaefolium. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Asam amino merupakan komponen utama penyusun protein. Asam amino sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Asam amino dibagi menjadi dua kelompok yaitu asam amino esensial dan asam amino non-esensial. Asam amino esensial, bisa diperoleh dari protein hewani maupun nabati, baik dalam bentuk makanan maupun minuman. Minuman dari Sargassum cristaefolium salah satunya yaitu teh rumput laut coklat Sargassum sp., merupakan produk herbal efisien dan bernilai ekonomis serta sangat baik untuk kesehatan. Teh Sargassum cristaefolium memiliki nilai gizi, salah satunya asam amino. Penelitian ini bertujuan mengetahui kadar dan jenis asam amino pada Sargassum cristaefolium dalam bentuk segar dan perendaman dengan basa kering (teh). Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Sentra Ilmu Hayati (LSIH) dan Laboratorium Mikrobiologi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya Malang. Pada Januari – Maret 2013. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif eksploratif. Penelitian yang bersifat eksploratif ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan fenomena, peneliti hanya ingin mengetahui keadaan sesuatu. Penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan, yaitu tahapan pengambilan sampel, pembuatan teh alga coklat, analisis asam amino pada Sargassum cristaefolium dalam perbandingan bentuk segar dan teh, serta kandungan analisa proksimat (kadar air, kadar lemak, kadar protein dan kadar abu) dan kandungan logam berat yaitu timbal (Pb) dan Kadmium (Cd). Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik bentuk teh dan segar memiliki 16 asam amino diantaranya yaitu asam amino esensial yang terdiri dari histidin, theorin, valin, metionin, lisin, isoleusin, leusin dan fenilalanin. Sedangkan asam amino non-esensial yaitu asam aspartat, serin, asam glutamat, glisin, arginin, alanin, prolin dan tirosin. Asam amino yang mendominasi pada teh adalah asam aspartat sebesar (0,54 ± 0,726) dan asam glutamat sebesar (0,63 ± 0,853). Sedangkan pada segar adalah asam glutamat (0,129±0,047). Asam aspartat dan asam glutamat adalah jenis asam amino dapat berfungsi sebagai senyawa penambah citarasa makanan atau masakan dengan kriteria rasa gurih. Sedangkan asam amino jenis sistein tidak ditemukan pada teh alga coklat Sargassum cristaefolium. Perlu adanya penelitian lebih lanjut untuk analisa asam amino pada alga coklat jenis yang lain sebagai pembanding hasil analisis asam amino pada alga coklat dan sebagai data penunjang dalam pemanfaatannya sebagai bahan pangan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2014/45/051401610
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.91 Water and lands adjoining bodies of water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 04 Mar 2014 08:37
Last Modified: 22 Oct 2021 02:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/133779
[thumbnail of Laporan_Skripsi.pdf]
Preview
Text
Laporan_Skripsi.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item