Analisis Kualitas Pindang Bandeng (Chanos Chanos Forskal ) Yang Beredar Di Kodya Malang

Adhyatmaka, Andyan (2014) Analisis Kualitas Pindang Bandeng (Chanos Chanos Forskal ) Yang Beredar Di Kodya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemindangan ikan merupakan upaya pengawetan sekaligus pengolahan ikan yang menggunakan teknik penggaraman dan pemanasan. Pengolahan tersebut dilakukan dengan merebus atau memanaskan ikan dalam suasana bergaram selama waktu tertentu di dalam suatu wadah. Garam yang digunakan berperan sebagai pengawet sekaligus memperbaiki cita rasa ikan, sedangkan pemanasan mematikan sebagian besar bakteri pada ikan, terutama bakteri pembusuk dan patogen. Salah satu ikan yang dapat diolah menjadi pindang adalah bandeng ( chanos chanos forskal ). Pindang bandeng yang beredar di Kodya Malang berbeda – beda kualitasnya. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk mengetahui kualitasnya.Objek penelitian adalah Pasar yang ada di Kodya Malang. Pasar yang dipilih adalah Blimbing, Besar, Dinoyo,dan Klojen. Metode yang digunakan adalah deskriptif. Parameter yang diamati adalah proksimat, pH, TVB,dan organoleptik. Analisis data proksimat, pH,dan TVB menggunakan uji lanjutan Tukey.Dan analisis organoleptik menggunakan Uji Kruskall Walls.Penentuan lokasi pasar dengan kualitas pindang bandeng terbaik dan terjelek menggunakan Uji De Garmo. Kualitas pindang bandeng yang terbaik pada pasar Dinoyo dengan nilai 32 dan kualitas pindang bandeng yang terjelek pada pasar Klojen dengan nilai 24. Hal ini dikarenakan pada pasar Dinoyo menggunakan penambahan bumbu sedangkan pada pasar Klojen tidak. Selain itu, pada pasar Klojen penjual tidak mengolah sendiri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2014/435/051407714
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.91 Water and lands adjoining bodies of water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 19 Nov 2014 09:07
Last Modified: 22 Oct 2021 02:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/133764
[thumbnail of LAPORAN_SKRIPSI_ANDYAN.pdf]
Preview
Text
LAPORAN_SKRIPSI_ANDYAN.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item