Studi Kadar Kuersetin Pada “Teh” Daun Alga Coklat Sargassum cristefolium.

Puspitasari, Dessy (2014) Studi Kadar Kuersetin Pada “Teh” Daun Alga Coklat Sargassum cristefolium. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sargassum merupakan alga multiseluler yang memiliki senyawa-senyawa hasil metabolisme sekunder berupa alkaloid dan flavonoid. Senyawa-senyawa tersebut kemungkinan merupakan senyawa bioaktif yang dapat digunakan dalam dunia pengobatan. Kuersetin dilaporkan menunjukkan beberapa aktivitas biologi. Aktivitas ini dikaitkan dengan sifat antioksidan kuersetin, antara lain karena kemampuan menangkap radikal bebas dan radikal hidroksil. Kuersetin sangat efektif dalam mengurangi stres oksidatif dan mencegah produk potensial akibat stres oksidatif, seperti kanker Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Mikrobiologi, Laboratorium Teknologi Hasil Perikanan dan Laboratorium Ilmu Kelautan FPIK Universitas Brawijaya Malang, serta Laboratorium Kimia Politeknik Negeri Malang dan Laboratorium Kimia Universitas Muhammadiyah Malang pada bulan Maret – Mei 2014. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan kadar kuersetin pada “teh” daun alga coklat Sargassum cristaefolium. Parameter uji pada penelitian ini yaitu skrining fitokimia, aktivitas antioksidan dan LC-MS. Sedangkan untuk mengetahui aktivitas antioksidan pada daun alga coklat Sargassum cristaefolium menggunakan metode DPPH. Hasil penelitian menunjukkan daun alga coklat Sargassum cristaefolium tidak mengandung senyawa alkaloid dan saponin, namun mengandung senyawa flavonoid dan tanin. Nilai IC50 yang didapatkan pada daun alga coklat Sargassum cristaefolium perlakuan segar, kering, “teh” dan “teh seduh” berturut-turut sebesar 186.725 ppm, 164.211 ppm, 170.199 ppm, dan 308,61 ppm. Hasil IC50 yang tinggi menunjukkan lemahnya aktivitas antioksidan pada daun alga coklat Sargassum cristaefolium. Kadar kuersetin yang terdapat pada daun alga coklat Sargassum cristaefolium perlakuan segar, kering, “teh” dan “teh seduh” berturut-turut sebesar 0,424 μg/ml, 0,535 μg/ml, 0,373μg/ml dan pada ‘teh seduh’ tidak terdeteksi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2014/409/051407079
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.91 Water and lands adjoining bodies of water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Nov 2014 09:00
Last Modified: 21 Oct 2021 08:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/133736
[thumbnail of LAPORAN_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
LAPORAN_SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item