Analisis Transformasi Gelombang Di Sekitar Pembangunan Pelabuhan Teluk Lamong, Surabaya, Jawa Timur.

Afrianto, Dian (2014) Analisis Transformasi Gelombang Di Sekitar Pembangunan Pelabuhan Teluk Lamong, Surabaya, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Teluk Lamong Merupakan Wilayah Strategis Sebagai Pengembangan Transportasi Laut, Pelabuhan, Industri Dan Penangkapan Ikan Yang Juga Mendukung Berbagai Aktifitas Yang Berada Pada Teluk Lamong. Untuk Mendukung Aktifitas Transportasi Laut Meka Dilakukan Pembangunan Pelabuhan Peti Kemas Yang Berada Di Teluk Lamong Dengan Reklamasi Menambahkan Material Pasir Kedalam Badan Air Teluk Lamong Yang Dikhawatirkan Akan Mempengaruhi Pola Penjalaran Gelombang Yang Terjadi Pada Sekitar Struktur Bangunan Pelabuhan Teluk Lamong. Penelitian Ini Dilakukan Di Teluk Lamong, Surabaya, Jawa Timur Pada Bulan Mei 2014. Penelitian Ini Dilakukan Dengan Tujuan Untuk Mengetahui Karakteristik Dan Pola Transformasi Gelombang (Refraksi, Difraksi Dan Refleksi Gelombang) Di Sekitar Pembangunan Pelabuhan Teluk Lamong Serta Mengetahui Tinggi Gelombang Di Sekitar Pelabuhan Teluk Lamong. Penelitian Ini Diharapkan Dapat Memberi Informasi Kondisi Perairan Teluk Lamong Dengan Menggunakan Transformasi Gelombang Dan Memberi Gambaran Pada Area Yang Terkena Paparan Arah Penjalaran Gelombang Serta Dampak Yang Mungkin Terjadi Pada Area Sekitar Perairan Teluk Lamong. Penelitian Ini Dilakukan Dengan Cara In Situ Dan Perhitungan Matematis. Pengukuran Gelombang Dilakukan Untuk Memperoleh Tinggi, Lembah, Periode, Kedalaman Dan Arah Datang Yang Dilakukan Pada Empat Titik Lokasi Di Sekitar Struktur Bangunan Pelabuhan. Perhitungan Matematis Dilakukan Pada Data Time Series Gelombang Untuk Memperoleh Nilai Koefisienkan Untuk Melakukan Peramalan Tinggi Gelombang Baru. Transformasi Gelombang Yang Terjadi Berupa Refraksi, Difraksi Dan Refleksi Berada Di Sekitar Struktur Bangunan Pelabuhan Yang Berdampak Dengan Berkurangnya Tinggi Gelombang. Penjalaran Arah Gelombang Datang Menuju Struktur Bangunan Diperoleh Hasil Di Titik Titik D1 Sebesar 0,22 Dan Di Titik D2 Sebesar 0,1. Titik D3 Terkena Dampak Dari Adanya Refleksi Dan Refraksi Dengan Nilai Koefisien Refraksi ( Kr ) Sebesar 1,05. Titik D4 Memperoleh Dampak Dari Adanya Refleksi Gelombang Yang Membentur Struktur Bangunan Pelabuhan Dengan Nilai Koefisien Refleksi 0,6. Keseluruhan Tinggi Gelombang Yang Diperoleh Baik Dari Pengukuran Lapang Dan Hasil Peramalan Tinggi Gelombang Menunjukan Pola Yang Sama Yaitu Pada Titik D1 Dan D2 Yang Berada Pada Daerah Terlindung Oleh Struktur Bangunan Pelabuhan Memiliki Nilai Yang Paling Rendah Akibat Terkena Dampak Dari Adanya Difraksi Gelombang. Titik D4 Yang Terletak Pada Ujung Bangunan Sebelah Kanan Yang Terkena Dampak Dari Refleksi Gelombang Memiliki Nilai Tinggi Gelombang Yang Tertinggi, Sedangkan Pada Titik D3 Yang Berada Pada Bagian Kanan Belakang Dari Struktur Bangunan Pelabuhan Yang Terkena Dampak Dari Refraksi Dan Difraksi Gelombang Memiliki Nilai Tinggi Gelombang Yang Relatif Tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2014/381/051406327
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 Sep 2014 15:04
Last Modified: 21 Oct 2021 08:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/133705
[thumbnail of LAPORAN_SKRIPSI____ccccccc.pdf]
Preview
Text
LAPORAN_SKRIPSI____ccccccc.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item