Ummatana, Robby (2014) Perencanaan Pengembangan Usaha Rumah Makan Ikan Bakar Katineung Di Desa Tangkil Kecamatan Wligi Kabupaten Blitar jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2014 – Mei 2014 di Usaha Rumah Makan Ikan Bakar Katineung Di Desa Tangkil Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar dengan tujuan yang akan dicapai dari pelaksanaan penelitian ini adalah 1) Aspek teknis, manajemen, pemasaran dan finansiil usaha rumah makan ikan bakar Katineung, 2) Identifikasi faktor internal dan faktor eksternal usaha rumah makan ikan bakar Katineung, 3) Strategi pengembangan usaha dengan analisis SWOT dan 4) Perencanaan pengembangan usaha rumah makan ikan bakar Katineung. Metode pengambilan data dengan purposiv sampling dan insidental sampling. Pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara dan kuisioner. Analisis data yang digunkaan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Deskriptif kualitatif meliputi aspek teknis, aspek manajemen, aspek pemasaran serta faktor internal dan faktor eksternal. Deskriptif kuantitatif meliputi Analisis SWOT dan analisis finansiil jangka pendek dan jangka panjang. Profil usaha rumah makan Ikan Bakar Katineung adalah rumah makan yang memiliki menu utama masakan yang bahan utamanya ikan air tawar yang segar karena ikan langsung diambil dari kolam. Berdiri pada tanggal 1 Januari tahun 2000 dan berlokasi di daerah Jl.Kedondong No.7 Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar Jawa Timur. Rumah makan Ikan Bakar Katineung pada aspek teknis yang meliputi sarana dan prasarana produksi, pelaratan, proses produksi dan pelayanan rumah sudah bisa dikatakan baik namun masih perlu adanya perbaikkan agar lebih baik lagi untuk menambah kepercayaan pelanggan. Analisis aspek manajemen yaitu Perencanaan pada usaha rumah makan Ikan Bakar Katineung adalah merenovasi tempat usaha dan membuat inovasi produk, Organisasi pada rumah makan Ikan Bakar Katineung masih sederhana. hanya terdapat pemimpin dan para karyawan. Pergerakan dilakukan oleh pemilik rumah makan Ikan Bakar Katineung yaitu dengan memberi motivasi dan arahan terhadap karyawan. Motivasi dilakukan dengan sebuah kajian Islam rutin setiap sebulan sekali. Pengawasan dilakukan langsung oleh pemilik rumah makan Ikan Bakar Katineung terhadap para karyawan. Hal ini dikarenakan rumah pemilik rumah makan tersebut dekat dengan tempat usaha. Aspek pemasaran yaitu produk mempunyai ciri khas yaitu ikan langsung diambil dari kolam sendiri sehingga ikan yang disajikan masih segar. Harga pada rumah makan Ikan Bakar Katineung antara lain untuk ikan Gurami bakar / goreng yang sekaligus menjadi menu utama dibandrol dengan harga Rp. 80.000.,- untuk porsi besar. Untuk ikan Nila bakar / goreng porsi besar dibandrol dengan harga Rp. 50.000,- dan untuk ikan lele bakar / goreng porsi besar adalah Rp. 40.000,-. Namun jika ingin porsi yang kecil, untuk ikan Gurami bakar / goreng adalah Rp. 25.000,-, ikan Nila bakar / goreng Rp. 20.000,- dan untuk ikan lele bakar / goreng hargnya Rp. 12.500,-. promosi yang dilakukan melalui papan iklan yang ada di pinggir jalan dan melalui media internet seperti Blog, FB, dan lain-lain. vii Analisis aspek finansiil pada rumah makan Ikan Bakar Katineung dengan melihat pengembangan usaha yang dianalisis secara jangka pendek yaitu dengan biaya operasional sebesar Rp. 304.502.967,- diperoleh penerimaan sebesar Rp. 460.591.000,- Sehingga diperoleh keuntungan sebesar Rp. 156.088.033,-. Sedangkan jangka panjang yang meliputi NPV Rp. 820.019.877,-, Net B/C 21, IRR 290 % dan PP 0,4 sehingga dapat dikatakan usaha layak dijalankan untuk 10 tahun kedepan. Identifikasi faktor internal pada rumah makan Ikan Bakar Katineung yang perlu diperhatikan dan diperbaiki adalah pembukuan yang tidak tertulis secara jelas, pembagian kerja kurang jelas, fasilitas perlu ditambah dan promosi kurang aktif. Sedangkan faktor eksternal yang perlu diperhatikan yaitu kenaikkan harga bahan baku, banyaknya usaha rumah makan yang bermunculan dan konsumen merasa bosan dengan masakan. Upaya pengembangan yang sebaiknya dilakukan sesuai dengan hasil skoring terhadap faktor-faktor Internal dan eksternal yang menempati kuadran 1 yang berartinya rumah makan Ikan Bakar Katineung berada pada situasi yang menguntungkan karena memiliki peluang dan kekuatan yang tinggi. Peluang dan kekuatan tersebut dapat dimanfaatkan untuk mendukung perkembangan usaha dengan kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth oriented strategy) yaitu dengan menjaga cita rasa masakan, meningkatkan mutu dan kualitas masakan, meningkatkan sarana dan prasarana dan meningkatkan hubungan dengan pelanggan. Strategi yang dapat dilakukan rumah makan Ikan Bakar Katineung adalah 1) Menjaga cita rasa masakan, 2) Meningkatkan mutu dan kualitas rumah makan yaitu dengan selalu menjaga kebersihan dan kerapian. Menjaga mutu dan kualitas bahan baku makanan juga perlu diperhatikan agar cita rasa masakan tetap terjaga serta meningkatkan presentasi masakan yang akan menambah daya tarik konsumen. 3) Meningkatkan sarana dan prasarana dengan menambah dan memperbaiki sarana dan prasarana yang dibutuhkan seperti memperbaiki peralatan-peralatan masak yang sudah mulai rusak, memperbaiki kondisi jalan di dalam rumah makan Ikan Bakar Katineung, penataan dan penambahan lahan parkir untuk mobil sehingga dapat menampung pelanggan yang banyak. 4) Meningkatkan hubungan dengan peningkatan fasilitas dan pelayanan yang ramah dan cepat tanggap dalam melayani pesanan dari pelangan dan menjaga kepercayaan pelanggan terhadap rumah makan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPR/2014/361/051405934 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 03 Oct 2014 15:00 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 07:59 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/133683 |
Preview |
Text
LAPORAN_SKRIPSI.pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |