Pengaruh Konsentrasi Tepung Rumput Laut (Eucheuma cottonii) Terhadap Kualitas Mie Instan Buah Sukun (Artocarpus altilis) Ikan Patin (Pangasius pangasius)

Septiono, YugoDwi (2014) Pengaruh Konsentrasi Tepung Rumput Laut (Eucheuma cottonii) Terhadap Kualitas Mie Instan Buah Sukun (Artocarpus altilis) Ikan Patin (Pangasius pangasius). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Mie merupakan suatu jenis makanan hasil olahan tepung yang sudah dikenal oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Tidaklah terlalu berlebihan jika dikatakan bahwa jenis makanan ini digemari oleh berbagai lapisan masyarakat yang telah mengenalnya. Profil mie berbahan dasar tepung terigu telah melekat kuat dalam masyarakat, sehingga terobosan-terobosan mie baru selalu dibandingkan dengan mie terigu. Pada dasarnya tepung yang digunakan dalam pembuatan mie harus memenuhi persyaratan fisiko kimia tertentu seperti kandungan air, abu, dan protein. Sehingga perlu adanya terobosan baru yang dapat meningkatkan kualitas fisiko kimia tertentu yaitu dengan substitusi bahan tambahan lain seperti penambahan tepung rumput laut Eucheuma cottonii yang mempunyai nilai gizi yang tinggi dan juga sebagai stabilisator, bahan pengental pembentuk gel atau pengemulsi. Selain itu penambahan tepung ikan patin juga dapat meningkatkan kandungan protein dalam mie. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan variabel bebas (konsentrasi penambahan tepung E.cottonii), variabel terikat (kadar air, kadar abu, kadar protein, kadar lemak, karbohidrat, elongasi, hardness, cooking loss dan yodium). Metode analisa menggunakan metode analisa of varian (ANOVA) dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) sederhana dengan 4 perlakuan yaitu penambahan tepung E. cottonii 0 % (P0); 0,5 % (P1); 1,0 % (P2); 1,5 % (P3). Data yang didapat dari hasil penelitian selanjutnya dianalisa menggunakan analisa sidik ragam, dan uji lanjut dengan uji BNT. Untuk penentuan perlakuan terbaik dianalisa menggunakan metode indeks efektifitas de garmo. Penambahan tepung E. cottonii sebanyak 1, 5 % menghasilkan mie instan tepung sukun (Artocarpus altilis) ikan patin (Pangasius pangasius) terbaik yaitu kadar air 2,34 %; kadar protein 8,40 %; kadar lemak 7,08 %; kadar abu 1,33 %; kadar karbohidrat 82,5 % dan elongasi 21,38 %; hardness 2,72 N; cooking loss 3,78 %, yodium 3,03 μg/g, sedangkan organoleptik yaitu untuk rasa 4,63 ; warna 4,50 ; tekstur 4,43 ; aroma 4,70.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2014/360/051405933
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.91 Water and lands adjoining bodies of water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 03 Oct 2014 14:48
Last Modified: 21 Oct 2021 07:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/133682
[thumbnail of laporan_skripsi_full.pdf]
Preview
Text
laporan_skripsi_full.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item