Analisis Kebijakan Amerika Serikat Terhadap Selandia Baru Melalui Washington Declaration On Defense Pada Tahun 2012

Putri, Renny Analisa Dwi (2018) Analisis Kebijakan Amerika Serikat Terhadap Selandia Baru Melalui Washington Declaration On Defense Pada Tahun 2012. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Hubungan aliansi Amerika Serikat dan Selandia Baru terputus sejak tahun 1984 ketika Selandia Baru menerapkan kebijakan anti nuklir dibawah kepemimpinan Perdana Menteri David Lenge yang menolak izin kapal U.S.S Buchanan milik Amerika Serikat untuk berlabuh di perairan Selandia Baru. Semenjak saat itu Amerika Serikat menangguhkan keanggotaan Selandia Baru dalam Aliansi ANZUS. Konflik pun berlalu, hubungan Amerika Serikat dan Selandia Baru yang hampir 30 tahun tidak harmonis akhirnya membaik pada tahun 2000-an namun kedua negara tidak menjalin hubungan yang formal, hingga akhirnya kedua negara memutuskan untuk melakukan dialog politik pada tahun 2010 bernama Wellington Declaration. Dan pada tahun 2012 Amerika Serikat dibawah kepemimpinan Obama memutuskan untuk menjalin kembali hubungan Amerika Serikat dan Selandia Baru dengan dikeluarkannya kebijakan Washington Declaration on Defense. Penulis menggunakan konsep foreign policy analysis Charles William Kegley untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi Amerika Serikat dalam membuat kebijakan Washington Declaration on Defense terhadap Selandia Baru. Penulis menemukan bahwa faktor yang mempengaruhi Amerika Serikat dalam membuat kebijakan Washington Declaration on Defense dengan menggunakan konsep Charles William Kegley adalah Feedback, Global Condition, Internal Characteristics, dan Actor Leadership.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/695/051809071
Uncontrolled Keywords: Amerika Serikat, Selandia Baru, ANZUS,Wellington Declaration, Washington Declaration on Defense, Charles W Kegley.
Subjects: 300 Social sciences > 327 International relations > 327.1 Foreign policy and specific topics in international relations
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 27 Feb 2019 03:41
Last Modified: 22 Oct 2021 03:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13364
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (803kB) | Preview
[thumbnail of Renny Analisa Dwi Putri.pdf]
Preview
Text
Renny Analisa Dwi Putri.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item