Pengaruh Faktor-Faktor Psikologi Terhadap Perilaku Konsumen Ikan Segar dalam Studi Kasus pada Warung Cinta Damai Grape Kabupaten Madiun

Fauzi, IrfanMiftahul (2014) Pengaruh Faktor-Faktor Psikologi Terhadap Perilaku Konsumen Ikan Segar dalam Studi Kasus pada Warung Cinta Damai Grape Kabupaten Madiun. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembangunan suatu bangsa sangat dipengaruhi oleh kualitas sumber daya manusia (SDM). Untuk menciptakan SDM yang berkualitas, terdapat beberapa faktor yang harus diperhatikan yaitu faktor pangan (gizi), faktor pangan memainkan peran penting dan dapat mempengaruhi faktor lainnya. Faktor pangan mempunyai nilai argumentasi yang kuat terhadap pembangunan SDM. Masalah gizi utama di Indonesia dan penyebabnya yaitu Kekurangan Energi Protein (KEP), anemia gizi, kurang vitamin A, Gagguan Akibat Kekurang Iodium (GAKI). Protein merupakan salah satu zat makanan utama yang diperlukan untuk proses perkembangan, memperbaiki dan memlihara sel-sel dalam tubuh. Ikan mengandung, kurang lebih 20% protein. Untuk orang dewasa kebutuhan protein sehari 1 gram per kg berat badan. Anak-anak 2 - 3 gram per kg berat badan. Dianjurkan minimal 1/3 bagian dari kebutuhan protein tersebut, dipenuhi dari protein hewani. Dari protein hewani tersebut, dianjurkan 2/3 nya berasal dari protein ikan. Ikan sebagai salah satu sumber protein hewani penting untuk dikonsumsi, selain dari kandungannya gizinya yang baik, ikan juga merupakan komoditi yang tidak sulit ditemui dalam berbagai macam jenis dan olahan. Berdasarkan hal tersebut, Warung Cinta Damai Grape merupakan salah satu tempat makan yang cukup potensial. Jika dilihat dari psikologi kajian pustaka tersebut merupakan sebuah informasi atau bisa dikatakan sebuah stimulus yang dapat membentuk persepsi perseorangan terhadap keputusan untuk mengkonsumsi ikan, belum diketahui pengaruh faktor psikologi (di antaranya motivasi, pengamatan, pembelajara dan sikap) terhadap perilaku konsumen ikan segar di Warung Cinta Damai Grape. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor psikologi secara simultan (bersama-sama) terhadap perilaku konsumen dalam mengkonsumsi ikan segar, serta untuk mengetahui faktor-faktor psikologi secara parsial (sendiri-sendiri) yang mempengaruhi perilaku konsumen ikan segar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan metode pengambilan data terdiri dari observasi, wawancara dikombinasikan menggunakan kuesioner, dan dokumentasi. Sedangkan data yang dikumpulkan meliputi data primer dan data skunder. Kemudian analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan program computer SPSS 16.0 for Windows. Dari hasil penelitian tersebut dengan tingkat kesalahan 5% maka dapat disimpulkan bahwa faktor psikologi yang terdiri dari motivasi, pengamatan, belajaran, dan sikap dengan nilai sig. sebesar 0,000 secara simultan memiliki hubungan yang signifikan terhadap perilaku konsumen ikan segar dengan besar koefisien determinasi (R²) sebesar 0,552 yang artinya sebesar 55,2% variabel dalam faktor psikologi mampu menjelaskan perilaku konsumen ikan segar oleh pengunjung Warung Cinta Damai Grape Kabupaten Madiun. Kemudian sisanya sebesar 44,8% perilaku konsumen dijelaskan faktor lain diluar model (dalam hal ini bias faktor eksternal yang mempengaruhi perilaku konsumen antara lain : kelompok, kelas sosial, keluarga dan lingkungan). Sedangkan secara parsial hanya variabel motivasi dengan sig. sebesar 0,034 dan sikap dengan nilai sig. sebesar 0,002 yang memiliki hubungan yang signifikan terhadap perilaku konsumen ikan segar di Warung Cinta Damai Grape. Adapun saran yang pertama bagi peneliti yaitu untuk melakukan penelitian tentang variabel lain diluar variabel psikologis, mengingat variabel psikologis hanya mampu menjelaskan hubungan antara faktor psikologis dengan perilaku konsumen sebesar 53,3%, dimana hal ini lebih mengenai secara internal konsumen sehingga perlu dilakukan penelitian sejenis dengan tambahan variabel eksternal lainnya, misalnya variabel kelas/kelompok sosial, budaya dan keluarga. Yang kedua bagi Pemerintah (Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Madiun) yang mana diharapkan menambah program yang dapat menumbuhkan motivasi dan informasi dengan terus menerus kepada masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan. Sehingga program pemerintah pusat dan daerah seperti gerakan gemar maka ikan dapat tercapai dengan baik mulai dari hulu sampai ke hilir. Selain itu juga melakukan dukungan pemberdayaan penuh bagi pembudidaya ikan agar lebih meningkatkan kualitas dan produktivitas ikan di Kabupaten Madiun, sehingga nantinya akan tercipta masyarakat Kabupaten Madiun yang beragrobisnis sesuai visi, misi Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Madiun. Kemudian yang ketiga bagi Pengusaha diharapkan alangkah lebih baik jika memperhatikan keanekaragaman menu olahan ikan segar, supaya lebih lengkap dan menarik dengan penyajian yang bersih, halal, baik dan dengan kualitas makanan yang terjamin. Selain itu juga meningkatkan kualitas pelayanan baik oleh pemilik warung maupun pelayannya. Kemudian tak lupa untuk melakukan pemberitahuan dan promosi dengan gencar melalui berbagai media baik cetak maupun elektronok serta internet. Dengan begitu konsumen akan semakin tertarik/termotivasi untuk mengkonsumsi berbagai olahan ikan segar khususnya di Warung Cinta Damai Grape Kabupaten Madiun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2014/294/051405703
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 02 Oct 2014 07:28
Last Modified: 21 Oct 2021 06:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/133609
[thumbnail of SEMUA_LAPORAN_SKRIPSI.pdf] Text
SEMUA_LAPORAN_SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item