Pengaruh Faktor Psikologi Individu Terhadap Perilaku Konsumen dalam Mengkonsumsi Ikan pada Mahasiswa Agrokomplek (Fakultas Perikanan, Pertanian dan Peternakan Universitas Brawijaya)

Soleha, SitiMaratus (2014) Pengaruh Faktor Psikologi Individu Terhadap Perilaku Konsumen dalam Mengkonsumsi Ikan pada Mahasiswa Agrokomplek (Fakultas Perikanan, Pertanian dan Peternakan Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Komposisi gizi yang baik, antara lain dapat dipenuhi oleh produk dari bidang perikanan dan peternakan yang umumnya sebagai sumber protein hewani, sedangkan kebutuhan akan protein nabati, nasi sebagai sumber karbohidrat dan beberapa zat yang dibutuhkan oleh tubuh dapat dipenuhi oleh produk pertanian. Berdasarkan hal tersebut, Fakultas Perikanan, Pertanian dan Peternakan. Ketiga fakultas ini berbeda dalam hal kajian ilmunya. Jika dilihat dari psikologi kajian ilmu tersebut merupakan sebuah informasi atau bisa dikatakan sebuah stimulus yang dapat membentuk persepsi perseorangan terhadap ikan, belum diketahui pengaruh faktor psikologi (di antaranya motivasi, persepsi, pembelajaran, kepercayaan dan sikap) terhadap perilaku konsumsi mahasiswa Fakultas Perikanan, Pertanian dan Peternakan UB. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui frekuensi konsumsi dari mahasiswa FPIK, FP dan FAPET. Serta pengaruh faktor psikologi secara simultan dan parsial terhadap frekuensi konsumsi ikan mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan metode pengambilan data terdiri dari wawancara menggunakan kuesioner, dan dokumentasi. Sedangkan data yang dikumpulkan meliputi data primer dan data skunder. kemudian untuk skala pengukuran yang digunakan adalah skala likert, teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan juga untuk penentuan jumlah sampel menggunakan proposional random sampling. Selain itu, analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan SPSS. Tidak terdapat perbedaan frekuensi konsumsi ikan oleh responden ketiga fakultas ini. Dan dapat disimpulkan tidak terdapat pengaruh dari variabel fakultas yang sebelumnya diduga mempengaruhi frekuensi konsumsi ikan oleh mahasiswa. Frekuensi konsumsi ikan oleh responden ketiga fakultas ini masih tergolong rendah, yaitu 56% dari 50 responden atau sebanyak 28 orang frekuensi konsumsinya berkisar 5-10 kali perbulan, sisanya 9 orang dengan frekuensi konsumsi ikan sedang (11-16 kali/bulan), dan 13 orang dengan frekuensi konsumsi ikan tinggi (17-22kali/bulan). Kemudian faktor psikologi yang terdiri dari motivasi, persepsi, pembelajaran, kepercayaan dan sikap dengan nilai sig. sebesar 0,000 secara simultan memiliki hubungan yang signifikan terhadap frekuensi konsumsi ikan oleh mahasiswa dengan besar koefisien determinasi (R²) sebesar 0,580 yang artinya sebesar 58% variabel dalam faktor psikologi mampu menjelaskan frekuensi konsumsi ikan oleh mahasiswa kemudian sisanya sebesar 42% frekuensi konsumsi dijelaskan faktor lain diluar model. sedangkan secara parsial hanya variabel motivasi dengan sig. sebesar 0,001 dan pembelajaran dengan nilai sig. sebesar 0,008 yang memiliki hubungan yang signifikan terhadap frekuensi konsumsi mahasiswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2014/287/051405696
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 01 Oct 2014 13:03
Last Modified: 21 Oct 2021 06:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/133601
[thumbnail of skripsi_gabungan.pdf]
Preview
Text
skripsi_gabungan.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item