Studi Komunitas Kepiting Biola (Uca sp) Pada Ekosistem Mangrove di Ekowisata Mangrove Wonorejo Surabaya Jawa Timur.

Nurhaidah, Christin (2014) Studi Komunitas Kepiting Biola (Uca sp) Pada Ekosistem Mangrove di Ekowisata Mangrove Wonorejo Surabaya Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kepiting Uca merupakan kepiting pemakan detritus yang ada di substrat tanah area intertidal. Kepiting Uca disebut sebagai kepiting biola karena ketika kepiting jantan melakukan aktivitas makan, menyerupai manusia yang sedang memainkan alat musik biola. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komunitas kepiting biola di Ekowisata Mangrove Wonorejo Surabaya Jawa Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei, pada bulan Maret sampai April 2014. Data yang diambil yaitu kepadatan, keanekaragaman, dominasi, pola penyebaran, tekstur tanah, pH tanah, bahan organik tanah dan hubungan tekstur tanah dengan kepiting biola. Hasil penelitian diperoleh 7 jenis kepiting biola yaitu Uca bellator, Uca tetragonon, Uca dussumieri, Uca bengali, Uca annulipes, Uca vocans dan Uca demani. Kepadatan tertinggi ada pada daerah dekat tambak dan sungai sebanyak 27 ind/m2. Kepadatan terendah ada pada daerah jauh dari sungai tetapi dekat dengan tambak sebanyak 20,33 ind/m2. Rendahnya kepadatan kepiting biola karena hanya 4 jenis kepiting biola saja yang bertahan hidup di lokasi jauh dari sungai, tertutup dengan pohon-pohon mangrove yang lebat dan sinar matahari kurang optimal masuk sampai ke permukaan tanah. Kepadatan jenis kepiting biola, tertinggi adalah Uca dussumieri (13,33 ind/m2) dan terendah Uca bengali (0,33 ind/m2). Tingginya kepadatan Uca dussumieri karena hutan mangrove Wonorejo berada di badan sungai dengan tekstur tanah liat berdebu dan lempung berpasir. Nilai keanekaragaman tergolong rendah, dari 0,46 sampai 0,65. Rendahnya nilai keanekaragaman kepiting biola karena vegetasi pohon mangrove yang padat dan jenis tekstur tanah yang dominan liat berdebu. Tidak ada jenis kepiting biola yang mendominasi, karena nilai dominasi yang didapat dari 0,3 sampai 0,43. Indeks pola penyebaran kepiting biola di Ekowisata Mangrove Wonorejo adalah seragam untuk Uca bellator, Uca tetragonon, Uca dussumieri dan Uca Bengali dan mengelompok untuk Uca annulipes, Uca vocans dan Uca demani. Hasil penyebaran kepiting biola terhadap jenis tekstur tanah sangat terlihat pada kepiting Uca dussumieri karena tersebar di semua titik pengambilan sampelo tanah dengan jumlah 30 ind/m2 pada tekstur liat berdebu maupun lempung berpasir. Saran yang dapat penulis berikan adalah perlunya pengamatan lebih lanjut terutama tentang kandungan bahan organik di sekitar liang wilayah jelajah kepiting biola.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2014/274/051405683
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.91 Water and lands adjoining bodies of water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 01 Oct 2014 09:56
Last Modified: 21 Oct 2021 06:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/133587
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item