Pengaruh Pemberian Pakan Alami yang Berbeda terhadap Kelulushidupan dan Laju Pertumbuhan Benih Ikan Wader Pari (Rasbora argyrotaenia) Ukuran 2-3 cm.

Rani, CaeciliaVentilastiaKartikaLestari (2014) Pengaruh Pemberian Pakan Alami yang Berbeda terhadap Kelulushidupan dan Laju Pertumbuhan Benih Ikan Wader Pari (Rasbora argyrotaenia) Ukuran 2-3 cm. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ikan wader pari (Rasbora argyrotaenia) merupakan salah satu sumber daya ikan yang bernilai ekonomi tinggi. Penangkapan ikan ini biasanya dilakukan terutama pada musim hujan dan selama ini dilakukan penangkapan secara langsung dari habitat alaminya. Hal inilah yang menjadi daya tarik untuk membudidayakan dan melestarikan ikan wader pari agar keberadaannya tidak punah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pemberian pakan alami yang berbeda terhadap kelulushidupan dan laju pertumbuhan ikan wader pari (R. argyrotaenia), serta untuk mengetahui pemberian pakan alami yang terbaik terhadap kelulushidupan dan laju pertumbuhan ikan wader pari (R. argyrotaenia). Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Februari hingga April 2014 bertempat di Laboratorium Reproduksi Ikan, Pemuliaan dan Pembenihan Ikan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya, Malang. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen menggunakan RAL dengan 3 perlakuan dan masing-masing perlakuan dilakukan pengulangan sebanyak 3 kali untuk pemberian pakan yang ditempatkan secara acak. Dengan menggunakan jumlah ikan wader dalam masing-masing akuarium sama yaitu sebanyak 20 ekor. Perlakuan dalam penelitian ini yaitu perlakuan A dengan pakan cacing sutra (Tubifex sp.), perlakuan B pakan berupa cacing darah (Chironomus sp.) dan perlakuan C pakan berupa cacing tanah (Lumbricus rubellus). Parameter utama yang diamati yaitu Kelulushidupan/Survival Rate (SR), Pertumbuhan/Growth Rate (GR), Laju Pertumbuhan Specifik/Spesific Growth Rate (SGR) dan Rasio Konversi Pakan/Food Conversion Ratio (FCR), serta parameter penunjang yaitu kualitas air. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa pemberian pakan alami yang berbeda memberikan pengaruh yang berbeda nyata terhadap kelulushidupan benih ikan wader pari (R. argyrotaenia) yaitu dengan pakan alami cacing tanah (L. rubellus) sebesar 91,67% ± 10,41. Dan pemberian pakan alami yang berbeda tidak memberikan pengaruh yang berbeda nyata terhadap laju pertumbuhan dan rasio konversi pakan benih ikan wader pari (R. argyrotaenia). Namun yang terbaik dilihat dari pertumbuhan ikan wader pari adalah cacing darah (Chironomus sp.) dengan nilai rata-rata 0,18gr ± 0,05. Dari hasil penelitian ini disarankan untuk mendapatkan kelulushidupan dan laju pertumbuhan yang baik pada pemeliharaan benih ikan wader pari (R. argyrotaenia) ukuran 2-3 cm sebaiknya menggunakan pakan cacing tanah (L. rubellus).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2014/271/051405680
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.91 Water and lands adjoining bodies of water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 01 Oct 2014 09:44
Last Modified: 21 Oct 2021 06:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/133584
[thumbnail of LAPORAN_SKRIPSI_CAECILIA_V._K._L._RANI_105080501111024.pdf]
Preview
Text
LAPORAN_SKRIPSI_CAECILIA_V._K._L._RANI_105080501111024.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item