isolasi dan identifikasi klorofil a dengan liquid chromatography mass spektrocopy (LC-MS) pada Alga Coklat (Sargassum filipendula)

Susiana (2014) isolasi dan identifikasi klorofil a dengan liquid chromatography mass spektrocopy (LC-MS) pada Alga Coklat (Sargassum filipendula). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pigmen merupakan molekul khusus yang dapat memunculkan warna dan mampu menyerap cahaya matahari dan memantulkannya pada panjang gelombang tertentu. Alga Coklat mengandung pigmen klorofil a, betakaroten, dan fukosantin. Pada alga coklat klorofil a berfungsi sebagai penangkap cahaya utama dalam proses fotosintesis yaitu sekitar 99%. Klorofil a memiliki cincin tetrapirol dan dipersatukan oleh ion Mg pada atom pusatnya. Klorofil a Mempunyai rumus bangun C55H72O6N4Mg. Selain berperan dalam fotosintesis klorofil juga memberikan manfaat secara langsung bagi kesehatan manusia. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa klorofil mempunyai bioaktivitas tinggi diantaranya sebagai senyawa antikanker, antioksidan, katalisator, pelepas radikal bebas, menghambat oksidasi lipid, membersihkan darah kotor, meningkatkan imunitas, serta dapat bertindak sebagai fotosensitizer dalam terapi fotodinamika untuk penghancuran sel tumor dan kanker. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui jumlah kandungan pigmen klorofil ayang terdapat pada Sargassum filipendula dan Untuk mengetahui berat molekul klorofil ayang terdapat pada Sargassum filipendula. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Mikrobiologi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Laboratorium Kimia Fakultas MIPA Universitas Brawijaya Malang dan Pusat Penelitian Kimia LIPI Serpong, Tangerang Selatan. Pada bulan Maret – Mei 2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksploratif. Metode eksploratif bertujuan untuk memperoleh pengetahuan tentang suatu gejala, sehingga setelah melalui tahap observasi, masalah serta hipotesisnya dapat dirumuskan. Dalam penelitian eksploratif pengetahuan tentang gejala yang hendak diteliti masih sangat terbatas dan merupakan langkah pertama bagi penelitian lebih mendalam (Singarimbun dan Effendi, 1989). Proses Ekstraksi dan Fraksinasi pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Pangestuti, et al., (2008) yang telah dimodifikasi oleh Muamar (2009). Isolasi pigmen dilakukan dengan kromatografi kolom menggunakan fase diam silica gel dan fase gerak heksan : etil asetat. Berdasarkan hasil isolasi pigmen Klorofil a Alga Coklat (Sargassum filipendula) menggunakan Kromatografi Kolom diperoleh kandungan klorofil a sebesar 0,293%. Identifikasi menggunakan liquid chromatography mass spectrocophy (LC-MS) dengan menggunakan motode ESI positif diperoleh berat molekul klorofil a sebesar 893 g/mol.Hasil dari spektroskopi UV-Vis didapatkan panjang gelombang (λ) dalam pelarut aseton yaitu 614,5 nm dan 661,5 nm. Hasil identifikasi menggunakan Kromatografi Lapis Tipis diperoleh Rf sebesar 0,42. Dari hasil penelitian ini perlu diadakan penelitian lebih lanjut mengenai pigmen klorofil a yang terdapat pada Alga Coklat (Sargassum filipendula) dengan menggunakan LC-MS sehingga dapat dikembangkan dan dimanfaatkan lebih lanjut didunia kesehatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2014/264/051405679
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.91 Water and lands adjoining bodies of water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 Sep 2014 15:01
Last Modified: 21 Oct 2021 06:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/133576
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item