Perencanaan Pengembangan Usaha Pembesaran Ikan Koi (Cyprinus carpio) di Desa Pranggang Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri Provinsi Jawa Timur

Alfiansyah, Bambang (2014) Perencanaan Pengembangan Usaha Pembesaran Ikan Koi (Cyprinus carpio) di Desa Pranggang Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri Provinsi Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Koi merupakan salah satu jenis ikan hias yang saat ini sedang trend dan terkenal di kalangan masyarakat, khususnya pecinta ikan hias. Bukan hanya itu, saat ini banyak sekali hobiis atau pebisnis yang terjun langsung memelihara koi dan mengomersilkannya. Penelitian ini dilaksanakan pada Maret 2014 di Desa Pranggang Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Mengetahui faktual usaha terkini dari aspek teknis, aspek finansiil, aspek pemasaran dan aspek manajemen.2). Mengetahui dari strategi pengembangan usaha dengan analisis SWOT.3). Mengetahui perencanaan strategi finansiil dan pengembangan jangka panjang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriftif. Sedangkan jenis penelitian mengunakan metode Studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan kuesioner. Jenis dan sumber data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder. Metode analisis data yaitu dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Untuk analisis kualitatif yaitu meliputi : 1). Aspek teknis pada pembesaran ikan koi mulai dari persiapan sampai pemanenan. 2). Aspek pemasaran (permintaan dan penawaran, saluran pemasaran, margin pemasaran dan penetapan harga pada ikan koi). 3). Aspek manajemen. 4). Analisis SWOT perencanaan pengembangan usaha pembesaran ikan koi kedepannya. Sedangkan untuk analisis deskriptif kuantitatif dengan menganalisa aspek Finansiil yang meliputi dua analisis jangka pendek dan analisis jangka panjang. Aspek teknis pada usaha pembesaran ikan koi meliputi meliputi persiapan kolam (tempat/lokasi, peralatan, pembajakan sawah, pemupukkan, pengisian air), pengapuran, penebaran benih dan penyeleksian ikan, pemberian pakan, pemeliaharan ikan dari penyakit dan hama, pemanenan, dan proses cutting dan finising ikan kontes. Analisis finansiil pada usaha pembesaran ikan koi meliputi analisis jangka pendek dan jangka panjang. Analisis jangka pendek selama setahun memperoleh penerimaan sebesar Rp 82.200.000,-, nilai R/C ratio sebesar 3,11 yang artinya lebih dari 1 usaha ini menguntungkan, keuntungan sebesar Rp 58.486.833,-, rentabilitas/presentase keuntungan sebesar 211%, BEP sales mix great A sebanyak 112 ekor dengan harga Rp 40.000 dan penerimaan sebesar Rp 4.513.332,-, BEP sales mix great B sebanyak 429 ekor dengan harga 7.000 dan penerimaan sebesar Rp 3.008.888,-, BEP sales mix great C sebanyak 705 unit dengan harga Rp 4.000 dan penerimaan sebesar Rp 2.820.832,-, BEP sales mix great D sebanyak 1.880 ekor dengan harga Rp 1.000 dan penerimaan sebesar Rp 1.880.555,-. Aspek pemasaran pada usaha pembesaran ikan koi meliputi permintaan untuk ikan hias untuk ikan koi semankin meningkat dilihat dari penawaran yang dilakukan oleh Pak tonot selalu kurang untuk memenuhi permintaan yang tinggi, penetapan harga pada ikan koi sesuai dengan great atau kualitas yang sudah di tetapkan untuk great A harga Rp 40.000, great B harga Rp 7.000, great C harga Rp 4.000, great D harga Rp 1.000, saluran pemasaran usaha pembesaran ikan koi milik Pak Tonot melalui perantara yang sudah menjadi langganan dan margin yang diperoleh oleh Pak Tonot setiap great berbeda-beda untuk great A selisih sebesar Rp 2.000, great B dan great C sama selisih sebesar Rp 1.000 dan untuk great C selisih sebesar Rp 500. Aspek manajemen pada usaha pembesaran ikan koi meliputi perencaan sebelum melakukan kegiatan usaha pembesaran ikan koi masih bersifat sederhana, sistem pengorganisasian belum diterapkan masih dilakukan sendiri, pelaksanaan yang belum berjalan secara maksimal sedangkan pengawasan yang dilakukan hanya pengawasan pada saat dilakukan teknis pembesaran ikan koi dan perawatan ikan koi, tidak pada pengawasan keuangan dengan manajemen keuangan yang kurang baik. Analisis SWOT meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Diagram analisis SWOT pada usaha pembesaran ikan koi arah pengembangan usaha dengan mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (growth oriented strategy) yang menggunakan strategi strength opportunities (SO) dengan mengoptimalkan kekuatan dan memanfaatkan peluang yang ada. Strategi pengembangan pada usaha pembesaran ikan koi yaitu memanfaatkan peluang pasar yang masih terbuka ; mempertahankan kualitas ikan koi ; memanfaatkan sarana dan prasarana yang mendukung usaha budidaya dalam pengembangan usaha ; mengikuti penyuluhan yang diadakan oleh instansi DKP. Perencanaan pada finansiil pada usaha pembesaran ikan koi di Desa Pranggang dengan analisis finansiil jangka panjang selama sepuluh tahun (2015-2024) pada usaha pembesaran ikan koi milik Pak Tonot melakukan penambahan investasi sebesar Rp 73.955.600,-, dengan net present value sebesar Rp 294.934.577,-, net benefit cost ratio sebesar 7,88, internal rate of return sebesar 151%, payback period/waktu pengembalian modal sekitar 0,73 tahun. Saran yang diberikan peneliti untuk perencanaan pengembangan usaha pembesaran ikan koi yaitu menerapkan strategi strength opportunities (SO) dengan cara mengptimalkan kekuatan dan memanfaatkan peluang yang ada. Strategi untuk mengembangkan usaha pembesaran ikan koi sebagai berikut : Mencari pakan alternatif sebagai penggati pakan yang harga terlalu mahal untuk meminimalkan biaya yang dikeluarkan, Menggunakan modal pinjaman untuk menambah kapasitas produksi dengan menggunakan pinjaman diharapkan dapat meningkatkan kapasitas produksi, sehingga dapat mengisi peluang pasar yang terbuka, Menambah tenaga kerja untuk lebih optimal dalam usaha pembesaran ikan koi dan melakukan manajemen yang baik untuk kelangsungan perkembangan usaha pembesaran ikan koi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2014/253/051405075
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 Sep 2014 14:42
Last Modified: 21 Oct 2021 06:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/133564
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item