Strategi Pemasaran Pariwisata Pantai Kemala Di Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur.

Floratika, Fit (2014) Strategi Pemasaran Pariwisata Pantai Kemala Di Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Objek pariwisata Pantai Kemala terletak di sekitar jantung Kota Balikpapan, merupakan pantai yang mungil berpasir putih dan bernuansa Bali yang memberikan suasana nyaman untuk bersantai. Kemala Beach atau lebih dikenal dengan Pantai Polda merupakan salah satu objek wisata pantai favorit yang berada di dalam kota. Selain Pantai Kemala, ada 2 objek pariwisata pantai yang ada di Kota Balikpapan yaitu Pantai Manggar dan Pantai Lamaru. Pantai Manggar yang terletak di Kelurahan Manggar dan Teritip dengan jarak 22 km dari pusat Kota Balikpapan, dan Pantai Lamaru terletak ± 5 km sebelah timur Pantai Manggar atau sekitar 27 km dari pusat Kota Balikpapan. Kedua pantai tersebut sudah melakukan pengembangan berulang kali sehingga para pengunjung lebih berminat berwisata di pantai tersebut. Sedangkan pada objek wisata Pantai Kemala ini sangat memerlukan suatu strategi pemasaran yang baru untuk menjaga daya tarik para wisatawan. Sebuah strategi pemasaran yang andal bisa menjadi landasan strategi bisnis yang bisa memandu para pelaku, khususnya pengelola kawasan ini dalam menjalankan pengelolaan yang menghasilkan nilai tambah ekonomi kawasan secara berkelanjutan. Strategi pemasaran yang tepat memerlukan informasi yang berasal dari faktor internal maupun eksternal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil industri pariwisata Pantai Kemala Balikpapan, menganalisa strategi pemasaran yang dilakukan pada industri pariwisata Pantai Kemala Balikpapan dan menganalisa kondisi lingkungan internal dan eksternal yang berpengaruh terhadap strategi pemasaran objek pariwisata Pantai Kemala Balikpapan, selanjutnya menyusun dan merekomendasikan konsep strategi pemasaran bagi objek pariwisata Pantai Kemala Balikpapan. Metode penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan metode insidental sampling. Jumlah sampel (responden) sebanyak 36 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuesioner, Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif berdasarkan data profil industri wisata, strategi pemasaran yang dilakukan pada industri pariwisata, dan matriks SWOT, IFAS dan EFAS. Daerah objek pariwisata Pantai Kemala dikelola oleh PT Bintang Omega Sakti. Kantor PT. Bintang Omega Sakti terletak di Jalan Jend. Sudirman Stal Kuda, Balikpapan. Pengelola Pantai Kemala bekerjasama dengan Yayasan Bayangkara sebagai pemilik lokasi tanah, PT. Dwi Karya sebagai pemasok barang, dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata sebagai pengusahaan objek dan daya tarik pariwisata yang berintikan kegiatan yang memerlukan pengamanan terhadap keselamatan wisatawan, kelestarian dan mutu lingkungan, atau ketertiban dan ketentraman masyarakat, diselenggarakan sesuai dengan ketentuan yang diatur lebih lanjut dengan peraturan pemerintah. Pihak pengelola Pantai Kemala melakukan beberapa strategi pemasaran, yaitu: 1. Segmentasi Pasar Segmentasi pasar yang dijalankan oleh pihak pengelola Pantai Kemala saat ini yaitu dari positioning, pihak pengelola memilih tempat yang strategis, yaitu di tengah Kota Balikpapan, sehingga sangat mudah untuk dikunjungi oleh para pengunjung. Dalam targeting, pihak pengelola menyediakan flying fox untuk anak-anak dan banana boat untuk dewasa sehingga para pengunjung merasa aman dan nyaman dengan fasilitas yang disediakan selama berwisata. 2. Strategi Produk Produk yang ditawarkan pihak pengelola bersumber pada alam dengan menawarkan panorama pantai yang indah dan laut yang bersih. Produk pariwisata pantai/bahari merupakan produk utama yang ditawarkan oleh pihak pengelola. Kegiatan pariwisata pantai/bahari yang dapat dilakukan wisatawan antara lain berenang, jalan-jalan disekitar pantai, bersepeda, banana boat, flying fox dan menikmati keindahan terbit dan terbenamnya matahari. 3. Strategi Distribusi Dalam strategi distribusi, yang didistribusikan oleh pihak pengelola adalah materialmaterial yang dapat memberikan gambaran umum mengenai produk yang ada di objek pariwisata Pantai Kemala, yaitu berupa leaflet, booklet, brosur, dan material lainnya. Material-material tersebut disebarkan oleh pihak pengelola pada saat ada kunjungan wisatawan, pameran, dan event-event yang diikuti maupun yang diselenggarakan oleh pihak pengelola. 4. Strategi Promosi Pihak pengelola menggunakan beberapa bauran promosi untuk mempromosikan produk pariwisatanya, yaitu (1) periklanan (advertising), bentuk media yang digunakan oleh pihak pengelola adalah koran, radio, papan billboard, dan melalui internet dengan situs www.wisatakaltim.com, (2) promosi penjualan, dengan menyebarkan brosur, leaflet, booklet dan pada saat event-event yang diselenggarakan pihak pengelola. 5. Strategi Harga Strategi harga yang digunakan oleh pihak pengelola adalah berupa retribusi yang telah ditetapkan berdasarkan Perda Kota Balikpapan Nomor 11 Tahun 2008. Tarif tiket masuk yang dikenakan kepada pejalan kaki sebesar Rp 1.000,-, untuk sepeda motor Rp 1.500,-, dan untuk mobil Rp 2.000,-. Tarif tiket masuk tersebut tidak termasuk premi asuransi. Berdasarkan diagram analisis SWOT, strategi pengembangan dalam strategi pemasaran Pariwisata Pantai Kemala terdapat pada kuadran III yaitu strategi yang dilakukan adalah strategi Turn around. Perusahaan yang terletak pada kuadran III perusahaan menghadapi peluang yang sangat besar, tetapi di lain pihak menghadapi beberapa kendala/kelemahan internal. Fokus strategi ini yaitu meminimalkan masalah internal perusahaan sehingga dapat merebut pasar yang lebih baik (turn around). Mereka perlu mencari tahu mengapa pendekatan memburuk dan bagaimana perusahaan dapat melakukan perubahan terbaik agar dapat meningkan persaingannya. Karena Perusahaan pada kuadaran III berada berada pada industri yang pertumbuhan pasarnya cepat, maka strategi intensive biasanya merupakan pilihan utama yang harus dipertimbangkan. Strategi pengembangan Wisata Pantai Kemala yaitu dengan menggunakan strategi WO (Weakness opportunities) yang diterapkan dengan cara memanfaatkan peluang yang ada dan memperbaiki atau meminimalkan kelemahan Wisata Pantai Kemala.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2014/237/051404598
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 13 Aug 2014 14:01
Last Modified: 21 Oct 2021 06:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/133547
[thumbnail of PDF_Fix.pdf]
Preview
Text
PDF_Fix.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item