Efisiensi Saluran Pemasaran Bawang Merah Di Pasar Tradisional Kota Malang

Hapsari, Niken Diana (2018) Efisiensi Saluran Pemasaran Bawang Merah Di Pasar Tradisional Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Komoditi hortikultura merupakan komoditi yang memiliki kedudukan penting dalam kehidupan masyarakat dan perekonomian negara. Pengembangan produksi hortikultura sebagai sumber gizi perlu ditingkatkan untuk pertumbuhan masyarakat Indonesia yang sehat, salah satunya adalah bawang merah. Bawang merah merupakan komoditas unggulan dan bumbu pokok dalam setiap masakan sehingga permintaan masyarakat terhadap bawang merah semakin bertambah. Salah satu kota yang masih mengimpor bawah merah dari daerah lain adalah Kota Malang karena Kota Malang bukan sentra produksi bawang merah. Kebanyakan masyarakat membeli bawang merah ke pasar tradisional. Kecenderungan memilih pasar tradisional ini dikarenakan bawang merah yang dijual di pasar tradisional lebih segar dan dapat dilakukan tawar-menawar. Faktor jarak tempuh yang dekat dengan rumah masyarakat pun juga menjadi salah satu alasan kecenderungan ini. terjadi. Sehingga, saluran pemasaran bawang merah di pasar tradisional Kota Malang harus efisien agar kebutuhan bawang merah dapat terpenuhi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi kondisi saluran pemasaran bawang merah di pasar tradisional Kota Malang, menganalisis efisiensi saluran pemasaran bawang merah di Pasar Tradisional Kota Malang, dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi efisiensi saluran pemasaran bawang merah di Pasar Tradisional Kota Malang. Penelitian ini dilaksanakan di pasar tradisional Kota Malang. Metode penentuan sampel pasar adalah metode stratified random sampling dengan penentuan jumlah sampel responden mengacu pada metode proportionate stratified random sampling dengan menggunakan rumus slovin. Jumlah sampel yang didapatkan berjumlah 67 responden. Sedangkan pengambilan responden lembaga pemasaran ditentukan dengan metode snowball sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif yang digunakan yaitu margin pemasaran, share margin, share biaya, share keuntungan, rasio keuntungan, efisiensi harga dan efisiensi operasional, analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat 4 saluran pemasaran yaitu: (1) petani – tengkulak – pedagang besar – pedagang pengecer – konsumen (2) petani – tengkulak – pedagang besar 1 – pedagang besar 2 – pedagang pengecer – konsumen (3) petani – pedagang besar – pedagang pengecer (4) petani – tengkulak. Saluran pemasaran yang paling efisien adalah saluran 1 dilihat dari distribusi margin pemasaran yang merata dan rasio. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi efisiensi pemasaran berdasarkan analisis regresi linear berganda adalah lama berdagang dan banyak saluran. Banyak saluran berpengaruh karena pedagang yang mendapatkan barang dagangan dengan saluran yang lebih pendek akan lebih besar mendapatkan keuntungan. Lama berdagang berpengaruh karena pedagang cenderung lebih mempunyai ketrampilan dalam memasarkan bawang merah dan dapat menguasai jalur perdagangan dengan harga yang murah.

English Abstract

Horticultural commodity is a commodity that has an important position in the life of society and state economy. Development of horticultural production as a source of nutrition needs to be improved for the growth of healthy Indonesian society, one of them is onion. Onion is a superior commodity and staple in every cooking so that the public demand for onion is increasing. One city that still imports under red from other regions is Malang because Malang is not a production center of onion. Most people buy red onions into traditional markets. The tendency to choose traditional market is because the red onions sold in traditional markets are more fresh and can be done bargain. The distance factor that is close to the community house also becomes one of the reasons for this trend. happen. Thus, the red onion marketing channel in the traditional market of Malang City must be efficient so that the need of red onion can be fulfilled. The purpose of this research is to identify the condition of red onion marketing channel in traditional market of Malang City, to analyze the efficiency of red onion marketing channel in Malang Traditional Market, and to analyze factors influencing efficiency of red onion marketing channel in Malang Traditional Market. This research was conducted in traditional market of Malang City. Method of determining market sample is stratified random sampling method by determining the number of respondent sample refers to method of proportionate stratified random sampling by using slovin formula. The number of samples obtained amounted to 67 respondents. While the collection of respondents marketing institutions determined by snowball sampling method. Data analysis technique used is descriptive analysis and quantitative analysis. Quantitative analysis used is marketing margin, share margin, cost share, profit share, profit ratio, price efficiency and operational efficiency, multiple linear regression analysis. The results showed that there were 4 marketing channels: (1) farmers - wholesalers - wholesalers - retailers - consumers (2) farmers - wholesalers - wholesalers 1 - wholesalers 2 - retailers - consumers (3) farmers - wholesalers - merchant retailers (4) farmers - middlemen. The most efficient marketing channel is channel 1 seen from the equitable distribution of marketing margins and ratios. While the factors that influence the efficiency of marketing based on multiple linear regression analysis is a long time trading and many channels. Many channels are influential because merchants who get merchandise with shorter channels will get more profit. Old trade is influential because traders tend to have more skills in marketing red onion and can control the trade route with a cheap price.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2018/678/051810013
Uncontrolled Keywords: Pasar, Saluran Pemasaran, Hortikultura, Bawang Merah
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.87 Marketing channels
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 08 Nov 2018 01:56
Last Modified: 19 Oct 2021 14:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13350
[thumbnail of NIKEN DIANA HAPSARI.pdf]
Preview
Text
NIKEN DIANA HAPSARI.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item