Pengelolaan Berkelanjutan Sumberdaya Ikan Demersal Di Perairan Utara Kabupaten Lamongan Propinsi Jawa Timur

Hermanto, Dedy (2014) Pengelolaan Berkelanjutan Sumberdaya Ikan Demersal Di Perairan Utara Kabupaten Lamongan Propinsi Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sumberdaya ikan adalah sumberdaya yang bisa diperbarui, namun sumberdaya ikan mempunyai batas-batas tertentu. Apabila sumberdaya ikan dimanfaatkan tanpa batas atau tidak rasional serta melebihi batas optimal/MSY ( maximum sustainable yield ), maka dapat mengakibatkan kerusakan dan terancamnya kelestarian. Oleh karena itu, untuk menciptakan pemanfaatan yang berkelanjutan, maka diperlukan suatu pengelolaan terpadu untuk mengelola sumberdaya ikan. P erairan Utara Lamongan yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa berdampak pada keanekaragaman jenis ikan yang tertangkap. Ikan yang tertangkap di perairan Utara Lamongan sangat bervariasi mulai dari ikan-ikan pelagis besar, pelagis kecil, dan ikan demersal. Data statistik perikanan PPN Brondong tahun 200 4 – 201 3 menyebutkan bahwa p ada kelompok jenis ikan, pada periode sepuluh tahun terakhir ini (Tahun 2004-2013) volume produksi ikan demersal mencapai rata-rata 82,58 % dari total volume produksi di PPN Brondong yang terdiri dari hasil tangkapan alat tangkap dogol 80,79 % dan rawai 1,79 %. Tujuan dari penelitian adalah mengalisis keberlanjutan status pemanfaatan ikan demersal unggulan berdasarkan pendekatan ekologi dengan metode produksi sur p lus , dinamika stok, pendekatan ekonomi dengan bioekonomi , dan pendekatan sosial dengan p enentuan alat tangkap yang sesuai dio p erasikan di Lamongan menggunakan metode AH P (Analytical Hierarchy P rocess) untuk penyusunan strategi pengembangan perikanan demersal berkelanjutan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu metode kuantitatif yang digunakan p ada saat analisis p erikanan berkelanjutan secara ekologi dan ekonomi ( p roduksi sur p lus dan bioekonomi) dan metode kualitatif yang digunakan saat analisis alat tangka p yang sesuai dio p erasikan di p erairan utara Lamongan dengan metode AH P (Analytic Hierarchy P rocess ) . Analisa data yang dilakukan terdiri dari analisis penentuan jenis ikan unggulan dengan skoring , konversi alat tangkap dasar , analisis ekologi dengan model produksi surplus ( Schaefer, Fox, dan Walter - Hilborn ) , analisis keseimbangan bioekonomi, dan analisis alat tangka p yang sesuai dio p erasikan di p erairan utara Lamongan dengan metode AH P (Analytic Hierarchy P rocess). Berdasarkan hasil penelitian, alat tangkap ikan demersal di Kabupaten Lamongan terdiri dari dogol , amily:

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2014/193/051404236
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Aug 2014 14:58
Last Modified: 06 Aug 2014 14:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/133495
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item