Pengaruh Penambahan Vitamin C Terhadap Laju Pertumbuhan Ikan Rainbow Praecox (Melanotaenia Praecox)

Utami, RenaAyu (2014) Pengaruh Penambahan Vitamin C Terhadap Laju Pertumbuhan Ikan Rainbow Praecox (Melanotaenia Praecox). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ikan Rainbow praecox ( Melanotaenia praecox) merupakan salah satu komoditas ekspor ikan hias air tawar asli Papua yang mempunyai bentuk dan warna yang unik yakni biru neon mengkilap. Salah satu kendala yang dihadapi dalam proses pemeliharaan adalah pertumbuhan benih ikan Rainbow praecox tidak secepat ikan pelangi lainnya . Oleh karena itu dilakukan suatu penelitian dalam menghadapi masalah lambatnya pertumbuhan benih ikan Rainbow praecox dengan suatu pendekatan biologi yaitu dengan menggunakan penambahan vitamin C pada pakan untuk meningkatkan pertumbuhan ikan Rainbow praecox . Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari - Maret 2014 , bertempat di Laboratorium Reproduksi, Pembenihan dan Pemuliaan Ikan (FPIK-UB) Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan vitamin C dan dosis yang te rbaik dalam pakan pellet untuk meningkatkan laju pertumbuhan ikan Rainbow praecox ( M . praecox ) . Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan penelitian Rancangan Acak Lengkap (RAL). Penelitian ini menggunakan 3 perlakuan dengan 3 kali ulangan dan kontrol. Perlakuan yang digunakan pada penelitian ini adalah perlakuan A 400 mg/kg pakan, perlakuan B 500 mg/kg pakan, dan perlakuan C 600 mg/kg pakan serta tanpa pemberian vitamin C sebagai kontrol. Parameter uji utama penelitian ini adalah SGR ( Survival Growth Rate) /laju pertumbuhan spesifik dan FCR ( Food Conversion Ratio ) /rasio konversi pakan, sedangkan parameter penunjang berupa kualitas air meliputi oksigen terlarut (DO), suhu, dan derajat keasaman (pH). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan dengan penambahan vitamin C memberikan pengaruh terhadap laju pertumbuhan spesifik dan konversi pakan . Perlakuan dosis vitamin C yang terbaik untuk menigkatkan laju pertumbuhan spesifik adalah 506,49 mg/kg dengan nilai laju pertumbuhan spesifik sebesar 1,34 %BB/hari. Sedangkan dosis terbaik untuk memperkecil konversi pakan adalah 510,10 mg/kg dengan nilai konversi pakan 5,18. Untuk nilai kualitas air dari hasil penelitian tidak menunjukkan perbedaan yang nyata. Kisaran nilai kualitas air untuk suhu , pH dan DO berturut - turut adalah 24,19 – 24,28 0 C , 7,13 – 7,13 dan 5, 40 – 5,50 mg/l . Saran dalam pemeliharaan ikan Rainbow praecox untuk meningkatkan pertumbuhan , sebaiknya dilakukan penambahan vitamin C pada pakan pellet dengan dosis 506,49 mg/kg pakan, serta disarankan untuk melakukan penelitian lebih lanjut tentang pemberian dosis vitamin C ini untuk spesies ikan lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2014/179/051404222
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.91 Water and lands adjoining bodies of water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Aug 2014 11:12
Last Modified: 06 Aug 2014 11:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/133477
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item