Kajian Pengembangan Distribusi Berat Kapal Purse Seiner Di Pamekasan Untuk Mendapatkan Stabilitas Terbaik

Rusmayanti, Ajeng Fitri (2014) Kajian Pengembangan Distribusi Berat Kapal Purse Seiner Di Pamekasan Untuk Mendapatkan Stabilitas Terbaik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kapal penangkap ikan adalah perahu/kapal yang langsung dipergunakan dalam operasi penangkapan ikan /binatang air lainnya/tanaman air. Kapal pengangkut tidak termasuk kapal penangkap (KKP, 2010). Keseluruhan kapal yang melakukan kegiatan penangkapan, pengangkutan, penyimpanan dan pengolahan ikan dan binantang air lainnya termasuk tanaman, merupakan kapal penangkapan. Sedangkan diluar kegiatan tersebut bukan kapal penangkapan. Kegiatan penangkapan ikan di laut merupakan pekerjaan yang paling membahayakan di dunia. Profesi pelaut kapal penangkap ikan memiliki karakteristik pekerjaan “3d” yaitu membahayakan (dangerous), kotor (dirty) dan sulit (difficult) (FAO, 2000). Ketiga sifat pekerjaan tersebut ditambah ukuran kapal yang umumnya relatif kecil dan beroperasi pada kondisi cuaca dan gelombang laut besar yang semakin tidak menentu akibat adanya pemanasan global maka tingkat kecelakaan kapal penangkap ikan semakin lebih tinggi (Suwardjo, Djojo et al.,2010). Sumberdaya perikanan di Pamekasan memiliki kelimpahan yang cukup besar. Kondisi perairannya menyimpan potensi untuk eksplorasi berkelanjutan bagi masyarakat. Sebagian besar masyarakat pesisir Pamekasan bermata pencaharian sebagai nelayan. Mata pencaharian ini biasa dilakukan dengan menggunakan purse seine dengan kapal purse seiner. Namun, kapal yang biasa digunakan nelayan, sering mengalami kecelakaan laut setiap tahunnya hingga tahun 2014 ini. Kecelakaan laut ini terjadi karena besarnya hasil tangkapan yang dimuat dan kondisi cuaca ekstrem yang terjadi diperairan. Selama ini kapal purseiner para nelayan hanya dibuat berdasarkan pengalaman nelayan saja tanpa adanya pertimbangan dan pengetahuan mengenai hubungan desain, stabilitas dan kecepatan pada kapal tersebut. Meski saat dioperasikan kapal tersebut dapat beroperasi, namun belum tentu sesuai dengan standar stabilitas IMO untuk kapal kecil. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan pemodelan kapal. Pemodelan kapal dilakukan dengan menggunakan aplikasi desain kapal yang dibantukan komputer. Aplikasi ini membantu untuk mendesain dan menghitung stabilitas kapal dengan dibantukan komputer. Dari aplikasi ini akan dihasilkan keluaran berupa stabilitas kapal yang memenuhi standar stabilitas kapal kecil menurut IMO. Berdasarkan kajian yang telah dilakukan didapatkan bahwa, kapal purse seiner Sampoerna 02 belum memiliki stabilitas yang sesuai dengan standar IMO. Meskipun setelah dianalisa dengan aplikasi perhitungan stabilitas yang dibantukan komputer kapal memiliki satu kondisi dengan stablitas sesuai dengan standar IMO, ini masih belum cukup dijadikan acuan. Inilah penyebab kapal purse seiner di dareah Pamekasan mengalami kecelakaan laut. Terlebih resiko ini akan semakin besar dengan keadaan cuaca ekstrim.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2014/160/051403884
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 15 Jul 2014 11:28
Last Modified: 27 Dec 2021 03:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/133458
[thumbnail of 3._RINGKASAN,_KATA_PENGANTAR,_UCAPAN_TERIMA_KASIH.pdf]
Preview
Text
3._RINGKASAN,_KATA_PENGANTAR,_UCAPAN_TERIMA_KASIH.pdf

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 2._LEMBAR_ORISINALITAS.pdf]
Preview
Text
2._LEMBAR_ORISINALITAS.pdf

Download (4kB) | Preview
[thumbnail of 4._DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
4._DAFTAR_ISI.pdf

Download (30kB) | Preview
[thumbnail of 1._Cover.pdf]
Preview
Text
1._Cover.pdf

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 8._BAB_IV.pdf]
Preview
Text
8._BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7._BAB_III.pdf]
Preview
Text
7._BAB_III.pdf

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 5._BAB_I.pdf]
Preview
Text
5._BAB_I.pdf

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 6._BAB_II.pdf]
Preview
Text
6._BAB_II.pdf

Download (457kB) | Preview
[thumbnail of 9._BAB_V.pdf]
Preview
Text
9._BAB_V.pdf

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 10._daftar_pustaka.pdf]
Preview
Text
10._daftar_pustaka.pdf

Download (257kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item