Fraksi Alga Merah Eucheuma cottonii Sebagai Antioksidan Pada Minyak Ikan Lemuru Sardinella longiceps

Basuki, AgusAriyaDwi (2014) Fraksi Alga Merah Eucheuma cottonii Sebagai Antioksidan Pada Minyak Ikan Lemuru Sardinella longiceps. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Alga Merah Eucheuma cottonii diklasifikasikan dalam divisi Rhodophyta dengan ciri khas warna merah hingga hijau pada seluruh bagian thallus. Warna ini disebabkan oleh adanya pigmen karotenoid dan klorofil yang dikandungnya. Alga merah memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, diantaranya adalah karoten yang merupakan salah satu dari sekitar 500 karotenoid yang ada di alam dan mempunyai aktivitas Vitamin A paling tinggi dan merupakan scavenger yang efisien untuk radikal bebas serta dapat secara signifikan mengurangi resiko dari penyakit kanker. Penelitian mengenai fraksi pada Alga Merah hasil kromatografi kolom belum banyak dilakukan. Oleh karena itu dilakukan penelitian mengenai fraksi yang terdapat pada Alga Merah khususnya Eucheuma cottonii, berdasarkan uraian di atas didapatkan permasalahan; apakah dengan penambahan fraksi Alga Merah pada minyak ikan lemuru dapat menghambat dari kerusakan karena reaksi oksidasi Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang, Laboratorium Pengujian Mutu Dan Keamanan Pangan Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Teknologi Hasil Pertanian Universitas Brawijaya Malang, dan Laboratorium Biokimia Fakultas MIPA Universitas Brawijaya Malang, pada tanggal 24 Juli – 10 September 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Metode eksperimen adalah mengadakan kegiatan percobaan untuk melihat suatu hasil. Hasil itu yang akan menegaskan bagaimana kedudukan hubungan kausal antara variabel yang diselidiki. Sedangkan tujuan penelitian eksperimen adalah untuk menyelidiki ada tidaknya hubungan sebab akibat serta berapa besar hubungan sebab akibat tersebut dengan cara memberikan perlakuan-perlakuan tertentu pada kelompok percobaan. Metode eksperimen adalah prosedur penelitian yang dilakukan untuk mengungkapkan hubungan sebab akibat dua variabel atau lebih, dengan mengendalikan pengaruh variabel yang lain. Metode ini dilaksanakan dengan memberikan variabel bebas secara sengaja (bersifat induse) kepada objek penelitian untuk diketahui akibatnya didalam variabel terikat. Hasil penelitian Uji Bilangan Peroksida, kadar TBA (Thiobarbituric Acid), dan Angka Iod digunakan untuk analisa Kualitas Minyak Ikan Lemuru. Berdasarkan uji De Garmo diperoleh perlakuan terbaik yaitu pada penambahan konsentrasi ekstrak Eucheuma cottonii sebesar 30 ppm dan pada lama masa simpan 10 hari dengan rincian angka Iod sebesar 36,7 gr/kg minyak, bilangan peroksida sebesar 16,54 mg/kg dan nilai TBA sebesar 1,28 mg malonaldehid/kg minyak. Penambahan fraksi Alga merah meredam oksidasi pada minyak dan memberikan aktivitas antioksidan pada kondisi tanpa cahaya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2014/132/051403423
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 27 Jun 2014 09:03
Last Modified: 27 Jun 2014 09:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/133428
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item