Pengaruh Perbedaan Lama Perendaman dalam Larutan Asam Tanin Terhadap Daya Tetas Telur Ikan Patin Siam (Pangasianodon hypophthalmus)

Fitra, MuhammadQodri (2014) Pengaruh Perbedaan Lama Perendaman dalam Larutan Asam Tanin Terhadap Daya Tetas Telur Ikan Patin Siam (Pangasianodon hypophthalmus). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ikan patin siam merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang sangat digemari. Dalam pembudidayaannya, ikan ini termasuk jenis ikan air tawar yang memiliki nilai ekonomis penting. Hal ini antara lain disebabkan harga jualnya yang cukup menjanjikan, biasanya diatas harga jual rata-rata ikan konsumsi jenis lainnya. Permasalahan produksi ikan patin siam adalah sifat telur ikan patin yang adhesif. Gumpalan telur menghambat masuknya oksigen pada telur, sehingga bisa menghambat perkembangan telur dan dampaknya terhadap daya tetas telur akan kecil. Karena memiliki sifat ini, maka perlu dilakukan upaya untuk mengatasi masalah tersebut yakni dengan cara pemberian larutan penghilang daya rekat telur. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian tentang pengaruh pemberian larutan asam tanin dengan lama perendaman yang berbeda terhadap tingkat pembuahan dan penetasan telur ikan patin siam (Pangasianodon hypophthalmus). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian larutan asam tanin dengan lama perendaman yang berbeda terhadap keberhasilan penetasan telur ikan patin siam (Pangasianodon hypophthalmus). Penelitian ini dilaksanakan di Balai Penelitian dan Pemuliaan Ikan (BPPI) Sukamandi – Subang, Jawa Barat pada bulan September sampai Oktober 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Rancangan percobaan yang digunakan pada penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan 4 kali ulangan. Perlakuan yang digunakan adalah A (30 detik), B (60 detik), C (90 detik), D (120 detik) dan 1 kontrol. Parameter utama dalam penelitian ini adalah daya tetas (HR), serta parameter penunjangnya yaitu pembuahan (fertilisasi) dan kualitas air. Hasil penelitian tentang daya tetas pada perendaman telur ikan patin siam menggunakan larutan asam tanin menghasilkan hasil yang berbeda sangat nyata terhadap perkembangan embrio ikan patin siam. Berdasarkan analisis polynomial orthogonal diperoleh grafik hubungan antara lama perendaman dengan keberhasilan daya testas dalam persamaan kuadratik yaitu y = 42,38 + 1,002x - 0,0007x2 dengan R2 = 0,97. Hasil penelitian tentang tingkat pembuahan pada perendaman telur ikan patin siam menggunakan larutan asam tanin menghasilkan hasil yang tidak berbeda nyata terhadap perkembangan embrio ikan patin siam. Hasil pengukuran kualitas air selama penelitian adalah sebagai berikut : kualitas air suhu berkisar 28°-30°C, oksigen terlarut 3-3,3 ppm dan pH 6,25-7. Pengaruh derajat penetasan terhadap pemberian larutan asam tanin dengan lama perendaman yang berbeda menunjukkan hasil yang berbeda sangat nyata yaitu pada perlakuan B (60 detik) sebesar 77,71%. Sedangkan pengaruh derajat pembuahan terhadap pemberian larutan asam tanin dengan lama perendaman yang berbeda menunjukkan hasil yang tidak berbeda nyata yaitu pada perlakuan B (60 detik) sebesar 99,84%. Pengukuran kualitas air pada saat penelitian yaitu nilai suhu berkisar 28°-30°C, oksigen terlarut 3-3,3 ppm dan pH 6,25-7.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2014/121/051403262
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.91 Water and lands adjoining bodies of water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 18 Jun 2014 09:35
Last Modified: 18 Jun 2014 09:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/133416
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item