Validasi DanPerbandingan Prediksi Data Pasang SurutAntara ProgramTide Model Driver (TMD) Dan NaotideDi Pantai Tamban, Kabupaten Malang.

Sangadji, MIlham (2013) Validasi DanPerbandingan Prediksi Data Pasang SurutAntara ProgramTide Model Driver (TMD) Dan NaotideDi Pantai Tamban, Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengetahuan mengenai kondisi pasang surut perlu dipahami karena mempunyai peranan penting yaitu untuk peramalan gelombang pasang surut bagi keperluan dermaga pelabuhan, perencanaan bangunan pantai, pelayaran, terutama kapal – kapal besar yang membutuhkan kedalaman air yang besar. Wilayah perairan di Pantai Tamban memiliki potensi besar untuk di kembangkan. Pantai Tamban merupakan perairan selat yang telah menjadi pusat kegiatan pelabuhan, wisata, serta menjadi salah satu tempat masyarakat sekitar untuk bekerja. Pantai Tamban terletak di Desa Tambakrejo Kecamatan Sumbermanjing Wetan yang berjarak 63 km dari pusat Kota Malang. Proses dalam meneliti pasang surut dibutuhkan waktu yang cukup lama dan biaya yang cukup besar. Pada jaman modern seperti sekarang ini banyak sekali kemudahan yang ditawarkan oleh suatu sistem untuk mempermudah segala aktivitas manusia. Adanya beberapa program dalam memprediksi pasang surut antara lain Tide Model Driver (TMD), Naotide, dll., Masing – masing program tersebut menawarkan kelebihan dan kekurangan masing masing, untuk itu perlu di lakukan verifikasi dan perbandingan program mana yang paling bagus dari segi keakuratan hasil prediksi, kemudahan input, dan pengolahan data. Perlu adanya penelitian tentang pasang surut di Pantai Tamban dengan tujuan untuk melakukan verifikasi data prediksi menggunakan data hasil pengukuran lapang, mengkaji keakuratan program dalam memprediksi pasang surut serta membandingkan tingkat kemudahan dalam menggunakan program TMD dan Naotide. Pengambilan datapasang surut di Pantai Tamban menggunakan instrumentasi ADCP (Aquadopp Current Profiler), sedangkan data hasil prediksi di dapatkan dengan menggunakan program TMD dan Naotide. Ketiga data pasang surut kemudian diolah dengan menggunakan Microsoft office excel 2010 untuk membandingkan grafik fluktuasi muka air laut dan kemudian di analisa keragamannya (ANOVA) menggunakan SPSS 16. Grafik hasil perbandingan dari ketiga data pasang surut menunjukkan fluktuasi muka air laut yang hampir seragam atau tidak ada perbedaan. Sedangkan hasil analisa keragaman menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan antara ke tiga data tersebut dimana nilai signifikannya sebesar 0.964 dengan tingkat kepercayaan sebesar 95%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2013/9/051304407
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 13 Jun 2013 09:44
Last Modified: 13 Jun 2013 09:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/133381
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item