Pengembangan Ekowisata Bahari Terumbu Karang Berbasis Partisipasi Masyarakat dan Berkelanjutan di Pantai Kondang Merak, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Pratama, AdySurya (2013) Pengembangan Ekowisata Bahari Terumbu Karang Berbasis Partisipasi Masyarakat dan Berkelanjutan di Pantai Kondang Merak, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pantai Kondang Merak terletak di Kecamatan Bantur Kabupaten Malang. Pantai ini berjarak sekitar 65 Km kearah selatan dari kota Malang. Pantai ini memiliki ekosistem terumbu karang berupa reef flat, juga menjadi tempat tinggal nelayan dalm kondisi kurang sejahtera dan belum memanfaatkan sektor wisata. Tujuan dari penelitian adalah untuk memberikan strategi pengelolaan sumberdaya terumbu karang untuk pengembangan ekowisata di pantai Kondang Merak yang berbasis masyarakat. Kegiatan yang dilaksanakan meliputi mengidentifikasi potensi serta kondisi sumberdaya terumbu karang di Pantai Kondang Merak dan menyusun alternatif pengelolaan bagi pengelolaan sumberdaya terumbu karang untuk dikembangkan sebagai daerah ekowisata bahari berbasis masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan data melalui data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dengan cara observasi secara lansung, wawancara dan kuisioner. Selanjutnya dianalisis menggunakan SWOT Hasil analisis kualitas air laut menunjukkan bahwa kondisi perairan sesuai untuk digunakan sebagai daerah wisata berdasarkan baku mutu kualitas air laut untuk daerah wisata dari Kementerian Lingkungan Hidup tahun 2004. Rata-rata persentase penutupan karang sebesar 23,6% dan masuk dalam kategori buruk. Spesies terumbu karang yang jarang dijumpai dan ada di Kondang Merak adalah Leptrastrea pruinosa, Oulophyllia bennettae, Oulastrea crispate. Kegiatan wisata bahari kategori wisata snorkeling mempunyai IKW sebesar 55,56% berada pada kategori S2 (Cukup Sesuai) dan kegiatan wisata pantai kategori rekreasi mempunyai IKW sebesar 79,7% berada pada kategori S2 (Cukup Sesuai). Kondang Merak memiliki daya dukung wisata dalam satu hari sebanyak 112 pengunjung. Sedangkan hasil analisis SWOT terdapat pada kuadran satu (IFE 0,45 dan EFE 0,28) dengan strategi pemanfaatan kekuatan dan peluang dalam pengembangan ekowisata bahari di Kondang Merak. Nilai IKW untuk kegiatan wisata snorkeling dan wisata pantai berada pada kategori S2 artinya Kondang Merak sesuai bila di kembangkan sebagai kawasan ekowisata bahari berbasis terumbu karang. Alternatif strategi utama dalam pengelolaan Ekowisata Bahari di pantai Kondang Merak, secara berurutan yaitu : Promosi kegiatan wisata dan pembangunan fasilitas untuk wisatawan, pembangunan jalan, penambahan jenis kegiatan wisata. Pembuatan peraturan tentang kegiatan wisata di Kondang Merak. Sosialisasi Peraturan dan penyuluhan kepada Warga dan Pengunjung, yang diikuti peningkatan pengawasan, penegakan hukum, dan menjaga kelestarian alam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2013/41/051304401
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 13 Jun 2013 10:52
Last Modified: 13 Jun 2013 10:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/133332
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item