Karakteristik Aktivitas Protease Bakteri Bacillus firmus Dari Isolat Ikan Teri (Stolephorus spp.) Asin

Jihad, ArizkaHikmatul (2013) Karakteristik Aktivitas Protease Bakteri Bacillus firmus Dari Isolat Ikan Teri (Stolephorus spp.) Asin. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Mikrobiologi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya Malang, Laboratorium Sentral Ilmu Hayati, Universitas Brawijaya Malang dan Laboratorium Biologi dan Medikal (Biomedik) Fakultas Kedokteran, Universitas Brawijaya Malang. Pada bulan Desember 2011 sampai bulan Februari 2012. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui tentang karakteristik aktivitas protease bakteri Bacillus firmus dari isolat ikan teri (Stolephorus spp.) asin. Bahan yang digunakan dalam pengujian aktivitas bakteri protease ini terdiri dari bakteri Bacillus firmus didapatkan dari kultur stok dari penelitian sebelumnya. Aquadest, NA (Nutrient Agar) dan NB (Nutrient Broth) didapatkan dari Laboratorium Mikrobiologi, Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya Malang. Casein Hammersten (2% casein dalam 0,05M larutan buffer fosfat pH 7,0), larutan TCA 5%, tyrosin standart, Na2CO3 0,5M didapatkan dari Panadia Laboratory, Jalan Taman Sulfat X/16-27 Malang. Kertas saring Whatman no. 42, pereaksi folin, Na2CO3 0,5M, buffer phosphat 0,01M, HCl 0,05M, CaCl2 2 mmol/L, aluminium foil, alkohol 70% didapatkan dari CV. Makmur Sejati, Perumahan Griya Santha Blok I no. 238 Malang. Penelitian ini menggunakan metode eksploratif atau yang bersifat menjelajah. Untuk mencapai tujuan utama yaitu mengetahui karakteristik aktivitas proteoase bakteri Bacillus firmus dari isolasi ikan teri (Stolephorus spp.) asin. Metode eksploratif yaitu penelitian dilakukan bila pengetahuan tentang gejala yang diteliti masih sangat kurang atau tidak ada sama sekali dan seringkali berupa studi kasus, yang masih kurang diketahui orang. Penelitian jenis ini bertujuan untuk memperdalam pengetahuan mengenai suatu gejala tertentu, atau mendapatkan ide-ide baru mengenai gejala itu dengan maksud untuk merumuskan masalahnya secara lebih terperinci. Karakteristik aktivitas protease bakteri Bacillus firmus dari isolat ikan teri (Stolephorus spp.) asin memiliki fase log pada jam ke-12 dengan nilai absorbansi 0.553 sel/mL. Karakteristik aktivitas enzim protease pada perlakuan suhu optimum pada suhu 40°C yaitu sebesar 0,750 U/menit/mL, pada perlakuan pH optimum pada pH 6 sebesar 2,528 U/menit/mL, pada waktu inkubasi selama 12 jam sebesar 5,657 U/menit/mL dan mempunyai nilai Vmaks sebesar 0,011 mM L-1 min-1 dan Km sebesar 891,8 mM. Nilai ini dapat menjelaskan bahwa pada kelajuan maksimum (Vmax = 0,011 mM L-1 min-1), semua sisi aktif enzim akan berikatan dengan substrat dan jumlah komplek E-S (Enzim Substrat) sama dengan jumlah total enzim yang ada. Dari penelitian ini dapat disarankan perlu adanya pengujian aktivitas protease dari Bacillus firmus dengan adanya aktivator dan inhibitor enzim.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2013/173/051307935
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.91 Water and lands adjoining bodies of water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 09 Oct 2013 08:45
Last Modified: 21 Oct 2021 04:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/133180
[thumbnail of LAPORAN_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
LAPORAN_SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item