Aktivitas Enzim Protease Kasar Bacillus Mycoides Dari Ikan Teri (Stolephorus Spp.) Asin Pada Perubahan Suhu

Shabur, Aunus (2012) Aktivitas Enzim Protease Kasar Bacillus Mycoides Dari Ikan Teri (Stolephorus Spp.) Asin Pada Perubahan Suhu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Sentral Ilmu Hayati Universitas Brawijaya Malang, Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya dan Laboratorium Mikrobiologi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya Malang pada bulan Januari 2012.Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk mendapatkan informasi tentang aktivitas enzim protease kasar Bacillus mycoides dari ikan teri (Stolephorus spp) asin pada perubahan suhu. Bahan yang digunakan dalampengujian aktivitas enzim protease ini terdiri dari bahan utama dan bahan kimia. Bahan utama yang digunakan yaitu Bakteri B. mycoidesyang didapatkan dari hasil penelitian sebelumnya , NA (Nutrien Agar), kasein (PA), peptone(PA),yeast extract(PA), NaCl dan agar (PA), (NH4)2SO4(PA), K2HPO4 (PA), KH2PO4 (PA), MgSO4.7H2O (PA), asam trichloroasetat (PA), L-tirosin(PA) didapatkan dari PanadiaLaboratory, Jalan Taman Sulfat X/16-27 Malang. HCl 0,2 N teknis, HCl 1 N teknis, HCl pekat, natrium asetat (PA), aquades, asam asetat glacial (PA), kertas saring Whatman no. 42, Tris (Hidroksi metil) amino methane (PA), kertas label, sarung tangan, aluminium foil, tissue, tali, alkohol 90%, spirtusdidapatkan dari CV Makmur Sejati, Perumahan Griya Santha. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu mengadakan percobaan untuk melihat suatu hasil atau hubungan kausal antara vairabel-variabel yang diselidiki.Penelitian ini dirancang menggunakan Rancangan Acak Lengkap.Perlakuan yang diberikan adalah pemberian perlakuan suhu yang berbeda (20, 30, 40, 500C) untuk mengetahui aktivitas optimum enzim protease pada suhu-suhu tersebut. Masing-masing perlakuan dilakukan 6 kali ulangan, sehingga terdapat 24 unit percobaan. Penempatan perlakuan dilakukan secara acak dengan denah penelitian Berdasarkan uji statistik dengan menggunakan RAL, bahwa perlakuan suhu yang berbeda memberikan pengaruh yang nyata terhadap aktivitas protease.Hasil uji lanjut menggunakan uji Beda Nyata Terkecil (BNT) menunjukkan bahwa perlakuan suhu 500C tidak berbeda nyata.Sedangkan pada suhu 200C, 300C dan 400C memberikan pengaruh berbeda nyata terhadap aktivitas protease.Hal ini memperjelas bahwa suhu inkubasi berpengaruh terhadap aktivitas protease. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa perlakuan terbaik suhu yang berbeda adalah pada suhu 400C dengan rata-rata aktivitas protease sebesar 5,140 µg/ml/menit.Peningkatan suhu menyebabkan aktivitas enzim meningkat.Suhu yang makin tinggi akan meningkatkan energi kinetik, sehingga menambah intensitas tumbukan antara substrat dan enzim. Dari hasil penelitian ini maka perlu dilakukan penelitian lanjutan tentang pemurnian enzim protease dari bakteri Bacillus mycoides yang mempunyai potensi tinggi karena kebutuhan terhadap enzim protease masih cukup tinggi di masyarakat khususnya dibidang industri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2012/56/051203683
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Teknologi Hasil Perikanan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Nov 2012 09:15
Last Modified: 21 Oct 2021 03:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/133067
[thumbnail of SKRIPSI_AUNUS_SHABUR.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_AUNUS_SHABUR.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item