Cahyo, TeguhTri (2012) Analisis Strategi Pemasaran Produk Ikan Beku Pada Pt. Inti Luhur Fuja Abadi (Ilufa) Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dalam persaingan di era globalisasi seperti saat ini, sektor pemasaran perlu mendapatkan perhatian serius dari pihak perusahaan terutama pada proses penetapan strategi pemasaran. Pihak perusahaan harus benar-benar matang dalam menetapkan strategi pemasaran yang dipilih sehingga mampu menembus pasar apabila dalam kondisi yang sangat ketat seperti saat ini, kemampuan perusahaan untuk merebut pangsa pasar akan mempengaruhi kelangsungan hidup perusahaan itu sendiri. Tujuannya agar dapat membentuk dan menyempurnakan bisnis serta produk perusahaan untuk memenuhi sasaran keuntungan dan pertumbuhan. Oleh sebab itu, perusahaan harus mengetahui dan mempelajari untuk kemudian menganalisa faktor-faktor internal yang berupa kekuatan dan kelemahan yang dimiliki maupun faktor ekternal berupa peluang maupun ancaman yang mempengaruhi pemasaran produknya. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 28 februari sampai 25 maret 2012. Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan Jawa Timur, Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi dan menganalisis Faktor-faktor lingkungan internal (kekuatan dan kelemahan) dan eksternal (peluang dan ancaman) perusahaan dalam proses pemasaran.Strategi pemasaran yang dijalankan oleh perusahan tersebut.Alternatif strategi pemasaran pada perusahaan tersebut Metode pengambilan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif meliputi menganalisis tentang profil PT. ILUFA, pemasaran yang dijalankan oleh perusahaan, dan mengidentifikasi faktor-faktor eksternal dan internal perusahaan sedangkan deskriptif kuantitatif mebmberikan bobot dan skor pada faktor eksternal dan internal perusahaan dalam bentuk matrik SWOT. Identifikasi faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal perusahaan dimana ada dua identifikasi yaitu identifikasi faktor internal yang meliputi sumber daya manusia, pemasaran, distribusi pemasaran, proses produksi, infrastruktur/prasarana, dan bahan baku sedangkan pada identifikasi faktor eksternal meliputi pesaing, teknologi, konsumen, ekonomi, dan mutu produk Strategi pemasaran yang digunakan oleh perusahaan yaitu meliputi segmentasi pasar memberikan penawaran produk yang berbagai macam dengan kriteria dan ukuran yang berbeda sehingga dapat dijadikan sebagai alat promosi kepada konsumen sehingga dapat menciptakan pasar potensial paling besar.karena dari berbagai ukuran dan variasi produk maka pemasaran akan mempunyai sifat, mutu dan ukuran yang berbeda dengan pemikiran konsumen memiliki selera yang suatu waktu bisa berubah.target pasar memilik target yaitu luar negeri atau ekspor untuk saat ini PT. ILUFA sudah menembus ekspor ke luar negeri antara lain UEA. Japan, Cina dan Singapura. deferensiasi dan positioning dengan cara menawarkan beberapa produk yang mengandalkan kualitas dan mutu yang terjamin sehingga konsumen akan memilih produk yang lebih baik kualitas dan mutunya,sehingga dapat menempatkan posisi produk ini PT. ILUFA sebagai salah satu citra yang mempunyai manfaat terhadap konsumen sendiri. Alternatif strategi pemasaran perusahaan meliputi analisis faktor internal dimana ada dua faktor yaitu kekuatan yang meliputi teknologi produksi, inovasi produk, proses pemasaran, bahan baku, dan lokasi perusahaan sedangkan kelemahan meliputi SDM pada jam kerja, konsumen perantara, fasilitas karyawan, kurangnya media promosi, pemasran yang masih tergantung konsumen (order). analisis faktor eksternal dimana ada dua faktor yaitu peluang yang meliputi perkembangan teknologi dan informasi, kondisi ekonomi, dukungan pemerintah, infrastruktur perdagangan, kebutuhan manusia akan produk perikanan sedangkan ancaman meliputi banyaknya pesaing, perubahan musim, sifat konsumen yang cenderung cepat jenuh, tuntutan mutu produk, kondisi harga BBM yang fluktuatif. Dengan menggunakan faktor strategis (eksternal dan internal) sebagaimana yang telah dijelaskan pada table EFAS dan IFAS kemudian dimasukan kedalam matrik SWOT. Berdasarkan pendekatan tersebut, kita dapat membuat berbagai kemungkinan alternatif strategi.(SO) yaitu Pemanfaatan teknologi media internet dalam melakukan promosi, Meningkatkan kualitas produk melalui beberapa perusahan pengolahan perikanan, Menigkatkan penawaran terhadap produk hasil olahan perikanan, Melakukan kerja sama dengan pemerintah dalam mengembangkan dunia perikanan.(ST) yaitu Mengadakan event-event produk yang melibatkan konsumen, Meningkatkan kinerja perusahaan melalui kualitas, kuantitas dan pelayanan, Promosi bersama (pameran) dengan perusahaan yang sejenis. (WO) yaitu Memberikan layanan lebih terhadap konsumen, Memberikan bonus terhadap pekerja dalam melakukan promosi, Melakukan prensentase penjualan ke pasar-pasar secara kontinyu. (WT) yaitu Melakukan co branding dengan perusahaan sejenis, Menetapkan strategi harga atau penetapan harga khusus, Kegiatan promosi melalui adversting secara kontinyu. Implementasi alternatif strategi perusahaan yaitu Penerapan strategi produk baru “new” adalah dimana perusahaan akan menghasilkan produk baru atau merek baru melalui upaya riset dan pengembangan sendiri yang tidak atau belum diproduksi oleh PT. Inti Luhur Fuja Abadi dan mempunyai dasar yang potensial atau melakukan strategi yang suda ada “presen” dimana perusahaan akan melakukan pengembangan terhadap produk yang sudah ada dengan cara perbaikan produk dan modifikasi produk. Saran yang diberikan oleh peneliti yaitu perusahaan hendaknya melakukan strategi promosi yang lebih luas, kreatif dan berariasi untuk meingkatkan jumlah konsumen dan meningkatkan kerjasama antara karyawan dan dan pengusaha dalam melakukan pemasaran, dalam penentuan strategi promosi hendaknya perusahaan menentukan sasaran atau segmen pasar yang dituju lebih luas agar kegiatan promosi lebih efektif dan efisien, bagi perusahaan agar lebih hati-hati didalam melakukan pemasaran karena adanya kelemahan dan ancaman yang terjadi pada sektor pemasaran tersebut.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPR/2012/41/051203668 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 07 Nov 2012 14:42 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 03:21 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/133052 |
Preview |
Text
LAPORAN_SKRIPSI.pdf Download (9MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |