Analisis Retorika Visual pada Poster Bali Tolak Reklamasi karya Nobodycorp tahun 2016 sebagai Resistensi terhadap Propaganda Proyek Reklamasi Teluk Benoa

Fiyanto, Rhesa Dian Lutoi (2018) Analisis Retorika Visual pada Poster Bali Tolak Reklamasi karya Nobodycorp tahun 2016 sebagai Resistensi terhadap Propaganda Proyek Reklamasi Teluk Benoa. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat Retorika Visual dari poster-poster yang diciptakan Alit Ambara melalui Nobodycorp dalam menyampaikan pesannya dan bagaimana kaitanya dengan propaganda didalam gerakan Bali Tolak Reklamasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan Retorika Visual Sonja Foss dalam membedah Poster-poster Bali Tolak Reklamsi karya Nobodycorp. Retorika Visual Sonja Foss lebih banyak mengemukakan sifat operasional dari retorika visual sehingga memudahkan peneliti untuk mengungkap pesan retorika visual yang terkadung melalui simbol-simbol yang digunakan. Poster yang digunakan dianalisis penelitian ini sebanyak 12 Poster yang semua bertemakan Bali Tolak Reklamasi karya Nobodycorp pada tahun 2016. Peneliti menggunakan Retorika Visual sebagai Perspektif oleh Sonja Foss dengan memanfaatkan 1 dari 3 ciri gambar visual, yaitu Nature of Image. Sonja Foss membebaskan untuk menggunakan 1 ataupun lebih dari 3 ciri gambar visual. Dalam memahami Nature of Image, suggested maupun presented element peneliti menggunakan analisis metafora visual. Berdasarkan penelitian ini peneliti melihat Poster Nobodycorp membangun retorika visual melaui penggunaan simbol-simbol emosional, seperti penggunaan simbol-simbol kepercayaan dan budaya audiens yang ditujunya. Alit melalui Nobodycorpnya banyak memanfaatkan makna-makna konotasi dalam setiap metafora pada posternya. Metafora digunakan dalam mengekpresikan bentuk perlawananya. Kemudian Nobodycorp selalu menggunakan pesan-pesan protes yang progresif, seperti “Kami ada dan berlipat ganda!”, dll. Alit Ambara sadar bahwa poster dapat memprovokasi orang yang melihat untuk kemudian berpikir dan ikut bertindak dari pemaknaan akan pesan yang ada di balik poster tersebut.

English Abstract

This study aims to see the Visual Rhetoric from the posters created by Alit Ambara through Nobodycorp in conveying his message and how it relates to propaganda in the Bali Tolak Reklamasi movement. The type of research used is descriptive analysis with a qualitative approach. Researchers used Sonja Foss Visual Rhetoric to dissect Bali Tolak Reklamasi Posters by Nobodycorp. Sonja Foss's Visual Rhetoric more often suggests the operational nature of visual rhetoric so as to facilitate researchers to uncover messages of visual rhetoric that are contained through the symbols used. The posters used were analyzed in this study as many as 12 posters, all with the theme of Bali Tolak Reklamasi by Nobodycorp in 2016. Researchers used Visual Rhetoric as a Perspective by Sonja Foss by utilizing 1 of 3 characteristics of visual images, namely Nature of Image. Sonja Foss frees to use 1 or more than 3 visual image features. In understanding to Nature of Image, suggested and presented elements researchers use visual metaphor analysis. Based on this research, researchers looked at Nobodycorp's posters to build visual rhetoric through the use of emotional symbols, such as the use of symbols of trust and the culture of their intended audience. Alit through his Nobodycorp uses many connotation meanings in every metaphor on his poster. Metaphors are used in expressing the form of the fight. Then Nobodycorp always uses progressive protest messages, such as "We exist and multiply!", Etc. Alit Ambara realized that posters could provoke people who saw to then think and act from the meaning of the message behind the poster.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/781/051810531
Uncontrolled Keywords: Retorika Visual, Poster, Propaganda, Bali Tolak Reklamasi isual Rhetoric, Posters, Propaganda, Bali Tolak Reklamasi
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social Processes > 303.3 Coordination and control > 303.37 Social norms > 303.375 Propaganda
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 04 Mar 2019 02:00
Last Modified: 22 Oct 2021 05:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13303
[thumbnail of Rhesa Dian Lutoi Fiyanto.pdf] Text
Rhesa Dian Lutoi Fiyanto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item