Analisis Kinerja Distributor Sari Apel Menggunakan Metode Analytical Network Process (ANP) dan Rating Scale (Studi Kasus di KSU Brosem, Batu)

Prasetyo, Eko Zaen (2017) Analisis Kinerja Distributor Sari Apel Menggunakan Metode Analytical Network Process (ANP) dan Rating Scale (Studi Kasus di KSU Brosem, Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

KSU Brosem merupakan salah satu UKM yang memproduksi olahan apel. Kapasitas produksi minuman sari apel di KSU Brosem sekitar 600 kardus/hari. KSU Brosem selama ini belum pernah melakukan penilaian kinerja distributor untuk mengembangkan dan mempertahankan usahanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan prioritas tiap kriteria dan subkriteria yang digunakan dengan menggunakan metode Analytical Network Process (ANP) serta mengetahui hasil penilaian kinerja distributor di KSU Brosem dengan metode rating scale. Metode Analytic Network Process (ANP) digunakan untuk merepresentasikan tingkat kepentingan berbagai pihak dengan mempertimbangkan keterkaitan antar kriteria dan sub kriteria serta dapat mengetahui bobot prioritas. Rating scale digunakan untuk menilai kinerja dengan menggunakan skala yang sesuai dengan kriteria tertentu. Skala yang ditetapkan mulai dari yang terendah sampai dengan tertinggi. Variabel yang digunakan pada penelitian ini yaitu 5 kriteria dan 13 sub kriteria. Kriteria yang digunakan mencangkup produk, harga, tempat, promosi, dan kehandalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kriteria yang memiliki bobot tertinggi dalam penilaian distributor adalah kriteria produk dengan bobot 0,243. Berdasarkan penilaian dengan menggunakan Rating Scale distributor yang memiliki ragking tertinggi adalah distributor TD2 dengan skor 3,423 dan distributor TT merupakan distributor dengan ranking terendah dengan skor 3,160. KSU Brosem disarankan memberikan reward atau penghargaan kepada distributor yang memiliki kinerja sangat tinggi misalnya dengan memberikan potongan harga khusus. Pemberian reward dapat memberikan motivasi terhadap distributor sehingga distributor akan berusaha meningkatkan kinerjanya. Penelitian selanjutnya disarankan untuk dapat menambah variabel penelitian dan menggunakan metode penelitian yang berbeda misalnya dengan menggunakan variabel (7P) dalam bauran pemasaran dan 5 dimensi kualitas pelayanan.

English Abstract

KSU Brosem is one of the SME that produces apple cider. Production capacity of apple cider at KSU Brosem is about 600 boxes/day. KSU Brosem has never done a distributor performance assessment to develop and maintain its business. This study aimed to determine the priority of each criteria and sub criteria of distributor performance appraisal using Analytical Network Process (ANP) and to know the performance appraisal results of distributor in KSU Brosem using rating scale method. Analytical Network Process (ANP) Method was used to represent the importance of various parties by considering the interconnection between criteria and sub criteria and to know the priority score. Rating scale was used to assess performance by using a scale that fits certain criteria. The scales ware set from the lowest to the highest. The variables used in this research ware 5 criteria and 13 sub criteria. The criteria used include product, price, place, promotion, and reliability. The results showed that the criteria which have the highest score in the assessment of the distributor was the product criteria with a value of 0.243. Based on the assessment by using Rating Scale distributors, the distributor who has the highest rank was TD2 with a score of 3.423 and distributor TT was the distributor with the lowest rank with a score of 3.160. KSU Brosem was suggested to give rewards to distributors who has very high performance for example by providing special discounts. Giving rewards can provide motivation to distributors so that distributors will give effort to improve its performance. It is suggested for further research to add research variables and use different research methods for example by using variables (7P) in the marketing mix and 5 dimensions of service quality.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2017/238/051704761
Uncontrolled Keywords: ANP, Pemasaran, Produksi, Penilaian Kinerja, Rating Scale.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture and related technologies
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 13 Jul 2017 09:36
Last Modified: 01 Dec 2020 01:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/133
[thumbnail of 051704761 BAGIAN DEPAN.pdf] Text
051704761 BAGIAN DEPAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 051704761 BAB I.pdf] Text
051704761 BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[thumbnail of 051704761 BAB II.pdf] Text
051704761 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[thumbnail of 051704761 BAB III.pdf] Text
051704761 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[thumbnail of 051704761 BAB IV.pdf] Text
051704761 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (561kB)
[thumbnail of 051704761 BAB V.pdf] Text
051704761 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)
[thumbnail of 051704761 DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
051704761 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)

Actions (login required)

View Item View Item