Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Pt Hatni (Hasil Alam Tani Nelayan Indonesia) Di Desa Tlogosadang Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan Jawa Timur

Sari, IndraAnjang (2012) Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Pt Hatni (Hasil Alam Tani Nelayan Indonesia) Di Desa Tlogosadang Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada umumnya perusahaan dalam proses pemasarannya mempergunakan strategi yang biasa dikenal dengan bauran pemasaran (marketing mix). Strategi pemasaran tersebut menyangkut produk (product), harga (price), promosi (promotion), tempat (place). Dari keempat faktor tersebut merupakan satu kesatuan yang harus oleh manajer pemasaran dalam mengambil kebijakan mengenai strategi pemasaran, akan tetapi dari keempat faktor tersebut promosi dirasa paling dominan dalam peranan pemasaran dimanatanggung jawab pemasaran yang penting adalah merencanakan dan mengkoordinasikan strategi promosi terpadu dan memilih strategi untuk komponen-komponen promosi. (Kotler, 2005) Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mempelajari : Mengetahui profil keadaan umum PT. HATNI, Mengidentifikasi dan menganalisis faktor internal dan eksternal perusahaan, Mengetahui dan menganalisis Strategi pemasaran yang digunakan oleh PT. HATNI, Menyusun strategi pemasaran alternative untuk digunakan oleh PT.HATNI. PT. Hasil Alam Tani Nelayan Indonesia (PT.HATNI) merupakan perusahaan pembekuan ikan, yang memiliki 4 unit Air Blast Freezer (ABF) berkapasitas 9 ton per unit dan memiliki 2 unit gudang penyimpanan beku (Cold Storage) dengan kapasitas 350 ton per unit. PT. Hasil Alam Tani Nelayan Indonesia (HATNI) merupakan perusahaan yang memproduksi produk (ikan) sesuai dengan permintaan pembeli (buyer). Produk ikan yang dibekukan antara lain adalah ikan kuniran, ikan swangi, ikan kakap, ikan bloso, dan ikan laut lainnya. Produk yang dihasilkan bermacam-macam, antara lain semi blok, Individual Quick Frozen(IQF) danGill Gutted Scilled(GGS). Sebagai perusahaan yang berskala Internasional. Faktor strategis internal yang menjadi kekuatan yaitu memiliki banyak variasi produk, lokasi perusahaan yang strategis, hubungan baik dengan pemasok bahan baku, harga dan produk yang kompetitif. Sedangkan faktor strategis internal yang menjadi kelemahan yaitu rendahnya tingkat pendidikan karyawan, kurangnya promosi dalam memasarkan produk, peralatan mesin yang digunakan rata-rata masih sederhana, kualitas produk masih terbatas pasar asia dan belum memiliki perencanaan pemasaran secara tertulis. Faktor strategis eksternal yang menjadi peluang yaitu permintaan pasar, potensi sumberdaya alam, dukungan pemerintah terhadap usaha sektor perikanan, perkembangan teknologi informasi dan promosi dan perubahan pola konsumen. faktor strategis eksternal yang menjadi ancaman adalah tingginya persaingan antar usaha sejenis, perubahan musim, dapat beralihnya pembeli atau konsumen, kondisi harga BBM yang fluktuatif dan informasi teknologi terbatas. Strategi pemasaran yang dijalankan oleh PT. HATNI antara lain pemasaran. Pemasaran menggunakan sistem kontrak. Target pasar diantaranya yaitu luar negeri atau ekspor, untuk saat ini PT. HATNI sudah menembus ekspor ke luar negeri antara lain China, Taiwan dan USA. Pelayanan dalam melakukan penjualan mulai dari pemesanan, pengiriman dan pelatihan pelanggan akan meciptakan perbedaan penawaran yang lebih baik. Untuk memposisikan produk sendiri yang dilakukan oleh PT. HATNI sendiri yaitu menerima kritik dan saran dari semua pelanggan. Pada PT. HATNI distribusi ikan beku hasil olahan bersifat tidak langsung, yaitu mempunyai satu perantara. Berdasarkan hasil identifikasi analisis SWOT diatas menunjukan bahwa PT.HATNI berada pada posisi kuadran I sehingga memiliki strategi agresif yang menguntungkan bagi perusahaan. PT. HATNI memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang tersebut untuk mendapatkan keuntungan. Berdasarkan hasil analisis matriks SWOT, maka alternatif strategi yang dapat diperoleh adalah sebagai berikut :Strategi Perluasan Pasar, Strategi Diferensiasi Produk , Strategi Pemanfaatan suberdaya perusahaan yang ada , Strategi peningkatan kegiatan Promosi , Strategi Peningkatan Kerjasama, Strategi perbaikan aliran kerja perusahaan. Saran yang dapat di berikan oleh penelitian untuk perusahaan antara lain: (1) Menerapkan suatu kebijakan yang lebih agresif. (2) Perusahaan supaya tetap menjaga dan meningkatkan kualitas produk dengan memberikan pelatihan-pelatihan pada SDM dan melakukan riset dan pengembangan. (3) Perlu adanya pengembangan tekhnologi. (4) Perusahaan PT. HATNI diharapkan menerapkan strategi pemasaran yang tepat agar dapat bersaing dengan perusahaan-perusahaan yang lainnya. (5) Perusahaan diharapkan dapat menerapkan usulan yang diberikan oleh peneliti bedasarkan analisis yang dilakukan yaitu berupa strategi pemasaran yang terpilih beserta program-program kerjanya guna mendapatkan strategi pemasaran perusahaan yang tepat. (6) Alternatif strategi pemasaran pada PT. HATNI, yaitu : meningkatkan kegiatan promosi, menetapkan target pasar dalam penjualan produk, rekrutmen tenaga penjual sendiri, menggunakan sistem teknologi data base terkomputerisasi dalam pemasaran produk, menetapkan jalur utama distribusi produk, menerapkan kebijakan harga yang bersaing dengan harga pesaing, dan menyediakan pemesanan produk secara online.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2012/149/051205709
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.91 Water and lands adjoining bodies of water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 15 Jan 2013 08:26
Last Modified: 19 Oct 2021 07:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/132983
[thumbnail of INDRA_ANJANG_SARI_0610840022_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
INDRA_ANJANG_SARI_0610840022_SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item