Pengaruh Penambahan Probiotik Dengan Dosis Berbeda Dalam Pakan Pelet Terhadap Laju Pertumbuhan Benih Ikan Gurami (Osphronemus Gouramy)

Nupriasti, Erinda (2012) Pengaruh Penambahan Probiotik Dengan Dosis Berbeda Dalam Pakan Pelet Terhadap Laju Pertumbuhan Benih Ikan Gurami (Osphronemus Gouramy). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ikan gurami (Osphronemus gouramy) merupakan salah satu komoditas unggulan ikan air tawar yang mempunyai nilai ekonomis tinggi. Masyarakat pada saat ini lebih cenderung memilih makanan yang sehat dan berprotein tinggi, salah satunya adalag dengan mengonsumsi ikan. Dalam proses pemeliharaan gurami salah satu kendala yang dihadapi adalah lambatnya pertumbuhan benih gurami. Untuk itu maka dilakukan suatu penelitian dalam menghadapi masalah lambatnya pertumbuhan benih gurami yakni dengan suatu pendekatan biologi yaitu dengan menggunakan mikroorganisme hidup berupa bakteri probiotik untuk meningkatkan pertumbuhan benih ikan gurami. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2012 dan bertempat di Laboratorium Reproduksi, Pembenihan dan Pemuliaan Ikan (FPIK–UB) Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemberian dosis probiotik yang tepat dalam pakan pellet untuk meningkatkan pertumbuhan benih gurami (O. gouramy) secara optimal. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan penelitian Rancangan Acak Lengkap (RAL). Perlakuan berupa dosis probiotik yang berbeda yaitu 104 sel/ml (A), 106 sel/ml (B) dan 108 sel/ml (C) serta tanpa pemberian probiotik (K) sebagai kontrol. Penelitian ini dilakukan selama 28 hari dengan ulangan sebanyak 3 kali. Parameter uji penelitian ini parameter utama yaitu SGR/ laju pertumbuhan spesifik, FCR/ rasio konversi pakan dan SR/ kelulushidupan sedangkan parameter penunjang berupa data kualitas air yaitu oksigen terlarut (DO), suhu dan derajat keasaman (pH). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan dosis probiotik memberi pengaruh terhadap SGR/ laju pertumbuhan spesifik dan FCR/ rasio konversi pakan, tetapi tidak memberi pengaruh terhadap SR/ kelulushidupan. Perlakuan dosis probiotik optimum SGR/ laju pertumbuhan spesifik dan FCR/ rasio konversi pakan terletak pada dosis 106 sel/ml yang menghasilkan nilai SGR 0,022 %berat tubuh/hari dan FCR 2,360. Untuk nilai kualitas air dari hasil penelitian tidak menunjukkan perbedaan yang nyata. Nilai rata-rata parameter kualitas air untuk oksigen terlarut (DO), suhu dan pH masing-masing yaitu 5,893 ppm, 30,140C dan 8,008. Saran untuk dosis probiotik dalam mempengaruhi Laju Pertumbuhan Spesifik (SGR) dan Rasio Konversi Pakan (FCR) guna kepentingan budidaya gurami (Osphronemus gouramy) diberi dosis probiotik sebanyak 106 sel/ml, serta disarankan untuk melakukan penelitian lebih lanjut tentang pemberian dosis probiotik ini untuk spesies ikan lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2012/115/051204665
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.91 Water and lands adjoining bodies of water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Nov 2012 15:32
Last Modified: 21 Oct 2021 08:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/132948
[thumbnail of LAPORAN_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
LAPORAN_SKRIPSI.pdf

Download (13MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item